Home » Berita » Renault Clio Siap Ganti Baju, Meluncur Tahun Depan

Renault Clio Siap Ganti Baju, Meluncur Tahun Depan

Renault Clio kedapatan tengah menjalani pengujian (Foto: Autoplus)

Perancis – Renault kedapatan tengah menguji generasi penerus dari Clio beberapa waktu lalu di jalan bebas hambatan di Perancis. Dari foto yang beredar luas di Internet tampak seluruh tubuh Renault Clio terbungkus oleh stiker kamuflase.

Meski tertutup stiker kamuflase, diperkirakan mobil asal pabrikan Perancis ini akan mengadopsi desain yang lebih tajam bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Dilaporkan Indianautosblog, sebagian dari desain tubuh Renault Clio terbaru terinsirasi dari mobil konsep Renault Symbioz.

Bisa jadi desain grille Renault Clio terbaru berbentuk V, sedangkan lampu depan dan belakang berbentuk huruf C. Masuk kebagian kabin, kemungkinan besar Renault Clio terbaru akan menampilkan suasana interior yang lebih baik dari sebelumnya.

Diperkirakan pemasangan fitur berteknologi canggih akan ditingkatkan, begitu juga dengan kualitas material. Renault akan membuat interior mobil terbarunya itu lebih menarik sebagai penyempurnaan dari tampilan eksterior.

Dilaporkan pula bahwa Renault Clio terbaru akan menggunakan platform CMF-B. Sehingga menjadikannya sebagai model pertama dari aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi yang akan didasarkan pada platform tersebut.

Rencannya platform yang sama juga bakal digunakan untuk membangun Nissan Juke generasi berikutnya. Belum ada bocoran soal sumber tenaga dari Renault Clio tersebar.

Namun diharapkan Renault memasangkan mesin 0.9 litre TCe turbocharged tiga silinder yang sudah direvisi. Dan mesin berkapasitas 1.3 litre TCe turbocharged yang dikembangkan bersama Daimler. Mengikuti tren otomotif sekarang ini, kemungkinan Renault juga akan menwarkan Clio dengan sistem hybrid.

Renault Clio kedapatan tengah menjalani pengujian (Foto: Autoplus)

Diprediksi Renault Clio akan tampil perdana di dunia pada event Paris Motor Show, bulan Oktober 2018. Penjualannya akan dimulai pada kuartal pertama 2019.

Penjualan Renault Clio di Indonesia Menyedihkan

Menandai kedatangannya kembali ke Indonesia Renault melalui PT Auto Euro Indonesia menghadirkan beragam produk terbaru yang dijual untuk konsumen. Setidaknya ada empat model yang sampai saat ini masih dipasarkan, mulai dari Kwid, Duster, Koleos, dan Clio.

Renault Clio RS 200 EDC (Foto: Renault Indonesia)

Sayangnya dari semua model yang dibawa oleh Renault kurang mendapat sambutan yang positif dari masyarakat Indonesia. Sebut saja satu di antaranya Renault Clio.

Berdasarkan data penjualan wholesales (pabrik ke dealer) yang dirilis oleh GAIKINDO (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) periode Januari-April 2018 tercatat tidak ada satupun Renault Clio yang didistribusikan ke dealer. Itu artinya tidak ada konsumen yang memesan Renault Clio selama empat bulan pertama di 2018.

Renault Clio yang dipasarkan di Indonesia desainnya terinspirasi dari mobil konsep DeZir yang diperlihatkan di Paris Motor Show pada Oktober 2010 lalu. Sumber tenaganya berasal dari mesin berkapasitas 1.618 cc 4-silinder, Turbocharged yang diklaim mampu menghasilkan tenaga sekuat 200 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 240 Nm pada 1.750 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi manual atau otomtis enam percepatan.(dol)

Daihatsu new Ayla
Previous post
Daihatsu Ayla Tidak Kuat Nanjak hingga Kelonggaran Membayar Pajak Kendaraan
Next post
Mabuk Berat, Remaja Perempuan Masukkan Kepala ke Lubang Knalpot Humvee