Berita

Renault Kiger Mulai Menampakkan Diri, Meluncur 28 Januari 2021

Renault Kiger 2021

Renault Kiger Meluncur 28 Januari 2021 (Foto: Indianautosblog)

Jakarta – Renault Kiger dipastikan melakukan debut dunia 28 Januari 2021. Jelang peluncurannya, Renault mengeluarkan teaser pertama yang memperihatkan gambar siluet dari Kiger versi produksi.

Dalam gambar teaser tersebut tampak bagian depan Renault Kiger model 2021 terlihat begitu menawan berkat lampu depan LED yang sipit terletak di samping gril. Lampu utamanya berada di kanan-kiri bumper.

Gambar teaser juga memberikan petunjuk singkat terkait gril dan lekukan-lekukan bodi yang terlihat cukup menarik dan berotot. Demikian seperti diberitakan Indianautosblog, Rabu (20/1/2021).

Baca Juga:

Sebelum dikabarkan akan meluncur, Renault telah lebih dahulu memperlihatkan Kiger dalam versi konsep pada November tahun lalu. Produsen mobil asal Perancis tersebut mengatakan bahwa Kiger versi konsep dengan versi produksi tidak akan jauh berbeda, persentasenya sekira 80%, terutama pada bagian desain luarnya.

Renault Kiger model 2021 dibangun menggunakan platform CMF-A +, sama seperti Nissan Magnite. Mobil ini akan diproduksi secara lokal di pabrik Renault-Nissan Alliance di Oragadam, Tamil Nadu, India.

Renault Kiger 2021

Renault Kiger versi konsep (Foto: Autocar India)

Kabarnya, Renault akan menawarkan kompak SUV itu dengan harga sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan Magnite.

Harga Magnite sendiri di India untuk varian terendah saja tidak sampai menyentuh angka Rp200 juta.

Bocoran Spesifikasi Renault Kiger

Sejauh ini pihak Renaut belum memberikan informasi detail soal spesifikasi dari Kiger. Namun beberapa media lokal India telah memberikan sedikit bocoran spesifikasi yang nantinya akan ada di Kiger.

Dugaan sementara Renault Kiger model 2021 menggunakan mesin yang sama seperti Nissan Magnite. Itu berarti Kiger akan memiliki dua pilihan mesin di bawah kapnya, seperti 1.0 liter tiga silinder bertenaga 72 hp dan 1.0 liter tiga silinder turbo dengan tenaga 99 hp.

Pilihan transmisi mencakup AMT (Automated Manual Transmision) 5 percepatan.

Berdasarkan spy shot yang telah beredar, kemungkinan Renault akan berbagi komponen interior dengan Triber.

Renault Kiger 2021

Tampang Renault Kiger model 2021 (Foto: Indianautosblog)

Bahkan, dual glovebox, lingkar kemudi, cluster instrumen digital, dan beberapa komponen lainnya dicomot dari Triber.

Diharapkan, Renault juga menyematkan fitur-fitur terkini di kabin seperti Automatic Climate Control, Keyless Entry and Go, head unit layar sentuh, kontrol audio di setir, dan sebagainya.

Masuk Indonesia

Renault Kiger memang baru akan meluncur sekira tiga minggu lagi dari sekarang. Namun, Maxindo Renault Indonesia (MRI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Renault sudah memastikan bahwa Kiger masuk Indonesia tahun ini.

“Kiger nantinya adalah sebuah pelengkap dalam rangkaian lini produk Renault di Indonesia,” ungkap Davy J Tuilan, Chief Operating Officer Renault Indonesia dalam keterangan resminya bulan lalu.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Comments are closed.