Home » Berita » Renault Klaim Sudah Menjual 20 Ribu Triber, Tapi Bukan di Indonesia

Renault Klaim Sudah Menjual 20 Ribu Triber, Tapi Bukan di Indonesia

Renault Triber (Foto: Santo/Carmudi)

Mumbai – Catatan manis diraih oleh Renault Triber di India karena penjualan mobil keluarga bermesin kecil itu diklaim sudah melewati 20 ribu unit pada Desember 2019. Angka yang sangat fantastis, sebab Renaut Triber baru diluncurkan Agustus 2019.

Kemungkinan besar angka tersebut akan terus meningkat seiring bertambahnya minat konsumen di India untuk meminangnya. Antusiasme konsumen di India terhadap Renaut Triber sudah terlihat sejak penampilan perdana Triber dalam bentuk konsep pada Juni 2019. Kemudian ketertarikan konsumen akan Triber semakin memuncak ketika resmi dipasarkan pada Agustus 2019. Buktinya, hanya dua bulan setelah peluncurannya, penjualan Renault Triber langsung mencatatkan angka 10 ribu unit.

Di India Renault Triber tersedia dalam empat varian, yaitu RXE, RXL, RXT dan RXZ. Mobil ini dibangun menggunakan platform CMF-A +, turunan dari platform CMF-A yang digunakan oleh Renaut Kwid. Adapun Renault Triber memiliki dimensi dengan panjang 3.990 mm, lebar 1.739 mm, dan tinggi 1.637 mm. Sedangkan jarak sumbu rodanya 2.636 mm dan ground clearance mencapai 182 mm. Renault Triber memiliki kursi baris ketiga yang dapat dilepas sehingga kapasitas bagasi bisa lebih besar lagi. Apabila semua kursi terpasang di kabin, maka Triber menawarkan ruang penyimpanan di belakang sebesar 84 liter, jika bangku baris ketiga dilepas menawarkan ruang penyimpanan 625 liter.

Sumber tenaga Renaut Triber berasal dari mesin bensin tiga silinder berkapasitas 1.0 liter. Mesin berteknologi VVT ini mampu menghasilkan tenaga 72 Hp dan torsi maksimal 96 Nm. Sekarang Renault tengah bekerja mengembangkan mesin bensin 1.0 liter turbocharged dan transmisi Automated Manual Transmission (AMT) lima percepatan untuk Triber. Diperkirakan kehadiran Renault Triber lima percepatan tidak akan lama lagi, sebab belum lama ini Renault kedapatan tengah mengujinya di jalan raya.

Jumlah Penjualan Renault Triber di Indonesia Masih Tanda Tanya

Renault Triber boleh laku keras di India, tapi sayangnya di Indonesia belum ada penampakan yang jelas terkait jumlah pemesanan yang sudah diterima oleh PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Renault. Informasi jumlah pemesanan Renault Triber terakhir kali dipublikasikan pada Juli 2019 sebanyak 1.000 unit lebih. Sementara itu, bila mengacu pada data wholesales GAIKINDO pada November 2019, belum ada tertulis jumlah mobil yang sudah dikirim dari pabrik ke diler.

Renault Triber GIIAS 2019
Antusiasme publik akan Renault Triber. (Foto: Carmudi/Rizen)

Perkenalan Renault Triber ke Indonesia hanya terpaut satu bulan saja setelah India. Pada saat perkenalan, Renault menjanjikan akan segera meluncurkan sekaligus menggumumkan harga jual Triber untuk konsumen di Indonesia pada Oktober 2019. Namun tArget tersebut meleset menjadi November 2019.

Renault Triber didatangkan dalam bentuk utuh atau Completely Build Up (CBU) dari India. Setidaknya ada enam varian Triber yang ditawarkan. Berikut ini daftar harga lengkapnya:

Daftar Harga Renault Triber

  • Renault Triber RXE MT Rp133 juta
  • Renault Triber RXL MT Rp149 juta
  • Renault Triber RXT MT Rp157 juta
  • Renault Triber RXT AT Rp164 juta
  • Renault Triber RXZ MT Rp164 juta
  • Renault Triber RXZ AT Rp169,9 juta

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Persaingan Ketat, BMW Singkirkan Mercedes Benz

Previous post
Persaingan Ketat, BMW Singkirkan Mercedes Benz
Next post
Mengejutkan Dunia, Sony Perkenalkan Mobil Listrik Konsep