Home » Berita » Renault Tunjuk Thierry Breton Gantikan Carlos Ghosn

Renault Tunjuk Thierry Breton Gantikan Carlos Ghosn

Carlos Ghosn
Thierry Breton ditunjuk Renault untuk menggantikan posisi Carlos Ghosn di perusahaan (Google)

Paris – Jagad otomotif dunia dihebohkan dengan kabar penangkapan Carlos Ghosn, Bos aliansi tiga merek otomotif ternama, Nissan-Renault-Mitsubishi. Carlos Ghosn ditangkap atas tuduhan pelanggaran keuangan di Jepang.

Menyikapi kasus tersebut, Renault langsung mengambil tindakan cepat dengan menunjuk Thierry Breton menjadi wakil CEO. Sebelumnya ia menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) Renault. Disebutkan bahwa Thierry Breton punya ‘kekuatan’ yang sama dengan Ghosn.

Carlos Ghosn ditangkap atas tuduhan laporan palsu terkait penghasilannya selama bekerja di aliansi. Pria berusia 64 tahun ini dianggap melakukan peggelapan dengan nilai kerugian mencapai 5 miliar Yen atau sekitar US$ 44,5 juta selama lima tahun.

Bahkan dari pihak Nissan sendiri berhasil menemukan fakta bahwa Carlos Ghosn juga melakukan penyalahgunaan aset perusahaan. Hal ini diungkapkan langsung oleh CEO Nissan, Hiroto Saikawa.

“Perusahaan telah membayar “jumlah besar” untuk menyediakan Ghosn rumah mewah di Rio de Janeiro, Beirut, Paris dan Amsterdam tanpa alasan bisnis yang sah,” sebutnya seperti dilansir dari channelnewsasia.com.

Bersama Carlos Ghosn, juga terseret Wakil Direktur Nissan, Greg Kelly yang dilaporkan ikut memerintahkan eksekutif lain untuk menyembunyikan gaji.

Reaksi Mitsubishi Atas Penangkapan Carlos Ghosn

Carlos Ghosn

Salah satu merek otomotif yang ikut ‘gerah’ atas tertangkapnya Carlos Ghosn adalah Mitsubishi Motor Corp (MMC) Jepang. Sebagai salah satu anggota aliansi, Mitsubishi mengambil tindakan dengan memberhentikan Ghosn sebagai Chairman of the Board and Representative Director MMC.

“MMC meminta maaf atas kekhawatiran yang disebabkan oleh peristiwa baru-baru ini,” tulis Mitsubishi dalam keterangan pers, Selasa (20/11/2018).

Mitsubishi menganggap apa yang dilakukan Ghosn terkait pelanggaran tata kelola perusahaan dan masalah kepatuhan, sehingga harus diajukan ke Dewan Direktur untuk segera menghapus Ghosn dari posisi vital tersebut di perusahaan.

Akibat kejadian tersebut menyebabkan saham Mitsubishi Motors Corp mengalami penurunan sekitar 6 persen. Sementara saham Renault juga ikut turun 8,4 persen pada perdagangan di hari Senin kemarin.

Previous post
Jaga Emosi dan Kesantunan Berkendara ala Altis Indonesia Community
Next post
Carlos Ghosn Ditangkap, Apa Saja yang Dilakukan Saat Berkunjung ke Indonesia?