Berita Mobil Sumber informasi

Rencana Toyota Akan Segarkan Tampilan Avanza “Sejuta Umat”

Penulis: Dony Lesmana

Jakarta – Seperti diketahui, segmen mobil keluarga tujuh penumpang di Indonesia tak sepi peminat, salah satu alasan dalam hal ini adalah harga yang terjangkau. Merek dari Toyota yaitu Avanza, masih menjadi pemain utama di segmen ini meskipun ada beberapa pilihan lain seperti Mobilio, Ertiga dan kawan-kawannya.

Bahkan hingga jelang akhir tahun (data hingga Oktober 2017) Toyota Avanza masih berdiri kokoh dengan kontribusi lebih dari 48 persen atau sebanyak 99.418 unit. Dimana perolehan rata-rata pe bulan 9.942 unit. Pendatang baru dari Mitsubishi, yaitu Xpander masih belum terkejar dengan keberadaan Avanza.

Tak hanya jadi yang terlaris di segmen Low MPV, Toyota Avanza juga menduduki posisi teratas merek paling populer secara keseluruhan. Ya, mungkin butuh 2 hingga 3 tahun keberadaan Avanza akan tergeser. Namun dengan catatan pihak toyota minim melakukan pengembangan atau berganti model.

Pengembangan Avanza

Belakangan ini banyak rumor yang mengatakan kalau Toyota akan memunculkan Avanza dengan penyegaran yang signifikan yang lebih segar dan tidak membosankan di 2018. Pasalnya sudah beberapa tahun Toyota tak melakukan penyegaran dengan mobil sejuta umat ini.

Ya, bila tak melakukan ini Toyota akan perlahan ditinggalkan oleh konsumennya. Seperti kita lihat sendiri, pasar Low MPV hingga saat ini sangat gurih di Indonesia apalagi Mitsubishi dan Wuling mencoba bermain di segmen ini.

Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero saat ini menjadi pilihan baru masyarakat Indonesia di segmen low MPV. Belum lagi rencana Suzuki yang akan melakukan penyegaran terhadap Ertiganya tahun depan.

Terkait peluncuran Avanza terbaru, Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) masih menutup rapat informasi ini. Namun pria yang akrab di sapa Pak Sur ini hanya mengatakan kalau sirklus generasi terbaru kurang lebih sekitar setiap tiga tahun.

“Rata-rata setiap model seperti itu, termasuk Avanza, hitung sendiri terakhir Avanza kapan ganti baju, ujarnya di acara Toyota Year End Journalist Gathering 2017 di kawasan Jakarta Selatan, Selasa (12/12).

Seperti diketahui Avanza mengalami penyegaran itu sekitar akhir 2015 dengan status “New”. Perunahan yang dilakukan ekterior, interior hingga mesin. Bila memang benar setiap tiga tahun, maka kemungkinan besar Avanza generasi terbaru akan meluncur tahun depan. Ini akan semakin ramai di pasar mobil “murah” MPV di Tanah Air.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts