Home » Berita » Resmi Diperkenalkan, Harga Prius PHEV di Bawah Rp1 M

Resmi Diperkenalkan, Harga Prius PHEV di Bawah Rp1 M

Toyota Prius PHEV akan segera dipasarkan di Indonesia. (Foto: Carmudi/Santo)

Jakarta – Setelah cukup lama dinanti, akhirnya PT Toyota-Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Indonesia secara resmi memperkenalkan Prius Plug-In Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Kehadirannya menambah panjang daftar kendaraan listrik berbasis baterai atau elektrifikasi yang dipasarkan Toyota di Indonesia.

“Toyota akan terus memperluas pasar kendaraan elektrifikasi, baik melalui kehadiran produk baru maupun melalui program untuk semakin memopulerkan pasar mobil elektrifikasi di Indonesia. Selain memberi pilihan terbaik kepada konsumen, langkah ini adalah bagian dari komitmen Toyota dalam mendukung program pemerintah Indonesia,” kata Vice President Director PT TAM, Henry Tanoto dalam keterangan resminya.

Mengenai harga jual dari Prius PHEV, Toyota sempat berjanji bahwa banderolnya tidak akan lebih dari Rp1 miliar. Nampaknya janji tersebut ditepati.

“Harga OTR Jakarta Rp884 juta,” ungkap Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy kepada Carmudi melalui pesan singkat, Selasa (17/3/2020).

Tetapi yang perlu digaris bawahi disini adalah kehadiran Toyota Prius PHEV tidak untuk dijual langsung kepada konsumen. Sementara ini Toyota memfokuskan penyebarannya kepada perusahaan penyedia jasa taksi online.

Colokan listrik Toyota Prius PHEV (Foto: Santo/Carmudi)

“Sementara kami fokus kolaborasi dengan Gofleet, sebagai perusahaan penyedia dan pengelola kendaraan untuk mitra driver transportasi online. Ini akan semakin memopulerkan kendaraan elektrifikasi sehingga semakin banyak masyarakat yang bisa merasakan pengalaman berkendara dengan kendaraan elektrifikasi,” kata Anton.

Toyota Prius PHEV dibekali mesin oleh 2ZR-FXE berkapasitas 1.800 cc. Tenaga yang dihasilkan 96 hp dan torsi puncak 142 Nm. Dilengkai juga dengan motor listrik 1 NM/ISM. Ketika dikendarai dengan mode BEV, mobil ini sanggup berjalan sejauh 68,2 km.

Prius PHEV menggunakan baterai jenis Lithium-Ion Battery yang mempunyai voltage 3.7 v per cell. Baterai ini mempunyai 95 cell sehingga secara keseluruhan mampu menghasilkan listrik 315.5 voltage. kapasitas baterai 8.8 kW. Untuk pengisian penuh dibutuhkan waktu 2 jam 20 menit jika menggunakan listrik dengan tegangan 220 Volt 16A.

Mempopulerkan Kendaraan Elektrifikasi

Perkenalan Prius PHEV sebagai upaya Toyota dalam mendukung program pemerintah untuk akselerasi kendaraan elektrifikasi. Toyota merupaka pionir dalam pengembangan mobil elektrifikasi sejak 2009. Sebagai tahap awal, Toyota melakukan edukasi pasar dengan menghadirkan Prius Hybrid Electric Vehicle (HEV) dan bekerja sama dengan pemerintah.

Kemudian pada 2012, Toyota mulai memasarkan Camry HEV di Indonesia. Mobil ini mendapat respon positif dari pelanggan sehingga sampai saat ini tercatat sebagai mobil elektrifikasi dengan populasi terbesar di Indonesia yaitu lebih dari 1.600 unit. Kemudian Toyota memperluas pasar dengan mendatangkan Alphard HEV, C-HR HEV, dan terakhir Corolla Altis HEV.

Jajal Jadi Penumpang di Toyota Prius PHEV (Foto: Santo/Carmudi)

“Dengan kehadiran Prius PHEV ini, kami berharap dinamika pasar kendaraan elektrifikasi semakin tinggi sehingga tujuan untuk akselerasi kendaraan elektrifikasi bisa tercapai. Ke depannya, sesuai dengan kebutuhan masyarakat, kami tentu akan terus melengkapi segmen mobil di Indonesia dengan berbagai line-up, termasuk Battery Electric Vehicle (BEV),” tutur Anton.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Previous post
Mobile Service BMW Astra Didukung Bengkel Berjalan Canggih
Next post
NMAA Ajak Modifikator Pekanbaru Ikuti Trend Modifikasi Terbaru