Home » Berita » Resmi Diperkenalkan Ini Keunggulan Mobil Listrik Baru dari DFSK

Resmi Diperkenalkan Ini Keunggulan Mobil Listrik Baru dari DFSK

DFSK Gelora E (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – PT Sokonindo Automobile sebagai produsen merek mobil Dongfeng Sokon (DFSK) kembali meramaikan GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC). Memanfaatkan momen ini, DFSK memperkenalkan Gelora E, sebuah Multi Purpose Vehicle (MPV) bertenaga listrik.

Perkenalan mobil tanpa emisi ini merupakan wujud dukungan DFSK terhadap pemerintah dalam menjalankan program kendaraan ramah lingkungan.

“Tekad Pemerintah untuk mempromosikan elektrifikasi kendaraan telah disampaikan secara tegas. Kami yakin ada prospek yang kuat akan perkembangan kendaraan listrik di Indonesia,” ujar CEO PT Sokonindo Automobile (DFSK), Alexander Barus, di area GIICOMVEC 2020, Kmais (5/3/2020).

DFSK Gelora E tersedia dalam dua tipe yaitu minibus (MB) dan blind van (BV). Untuk sementara waktu mobil dengan desain kotak itu belum resmi dijual ke konsumen. Jika sudah siap dijual maka perkiraan harganya mulai dari Rp489 juta sampai 499 juta untuk tipe MB dan Rp469 juta – 479 juta untuk tipe BV.

DFSK Gelora E (Foto: Santo/Carmudi)

Sambil menunggu resmi dipasarkan di Indonesia, tak ada salahnya untuk Anda mengetahui empat keunggulan dari DFSK Gelora E.

Berikut ini uraian singkatnya seperti dipaparkan oleh Rifin Tan Deputy Head of Sales Department DFSK:

1. Hemat Energi dan Ramah Lingkungan

DFSK Gelora E menggunakan tenaga listrik, jadi tidak mengeluarkan emisi gas buang serta lebih ramah lingkungan. Kendaraan ini mampu meempuh jarak 300 kilometer (km) dalam kondisi baterai terisi penuh. Konsumsi daya per-kilometernya hanya 0,145 kwh yang setara dengan 239 ruiah per km.

Menariknya, torsi kendaraan ini lebih besar dibanding mobil lain yang sejenis dengan mesin konvensional.

“Kendaraan komersial memerlukan torsi yang besar untuk tarikan awal saat membawa beban berat di tanjakan. Dengan bantuan pengerak listrik torsi maksimum Gelora E dapat mencapai 200 Nm,” ungkap Rifin.

2. Ruang yang Luas

DFSK Gelora E memiliki panjang 4.500 mm (milimeter), lebar 1.680 mm dan tinggi 2.000 mm. Dalam hal panjang dan ruang, Gelora E telah jauh melampaui kendaraan komersial yang ada di pasaran, sehingga sangat cocok untuk membawa barang, dan meningkatkan kapasitas transportasi.

Ruang interior juga sangat luas dengan menghadirkan kenyamanan berkendara yang tinggi. Bahkan model mini bus dengan 11 kusri memiliki head room dan leg room yang luas untuk memastikan kenyamanan saat berkendara. G

E versi BV memiliki panjang kabin maksimal 2.630 mm dengan kapasitas kargo 4,8 m3.

Interior DFSK Gelora E (Foto: Santo/Carmudi)

3. Multifungsi

Mobil ini memiliki beberapa pilihan konfigurasi temat duduk mulai dari 2, 7, dan 11 kursi. Khusus tipe BV hanya 2 tempat duduk di depan.

Gelora E dilengkapi dengan pintu geser ganda dengan sandaran tangan. Sebagai kendaraan listrik, Gelora E dapat digunakan di transportasi umum logistik dan kendaraan khusus.

4. Lebih Aman

Mobil yang didatangkan dalam bentuk utuh dari China ini dibekali sistemm double anti collution di bagian depan mobil dengan desain kabin depan ‘U’ shap dan runag kabin depan tahan terhadap benturan. Baterai Gelora E telah menggunaan standar IP 67 yang aman seperti perlindungan untuk tegangan tiggi debu dan air.

Dalam hal keselamatan Gelora E hadir dengan system ABS dan EBD sehingga aman. Fitur unggulan lain yaitu sensor mundur dan kamera belakang sebagai fitur standar.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Previous post
Mercedes-Benz Ingin Terus Lokalisasi Produk Truk di Indonesia
Honda Bekjul
Next post
Ubah Motor Biasa Jadi Motor Listrik, Kemenhub Belum Punya Aturan