Home » Mobil » Resmi Ditutup, Merek Holden Bakal Jadi Kenangan

Resmi Ditutup, Merek Holden Bakal Jadi Kenangan

Modifikasi Holden Monaro GTS 350 Coupe
Modifikasi Holden Monaro GTS 350 Coupe

Australia – Kabar mengejutkan kembali datang dari dunia otomotif akan resmi ditutup. Merek tersebut adalah Holden. Pihak General Motors (GM) resmi akan menutup bisnis Holden mulai 2021 mendatang. Seluruh kegiatan bisnis Holden tahun depan akan berhenti sepenuhnya.

GM mengatakan jika langkah tersebut merupakan salah satu strategi bisnis. Holden memutuskan untuk mundur dari bisnis yang sudah lama berjalan di Australia dan Selandia Baru. Pihak GM nantinya akan lebih berfokuskan diri ke pengembangan mobil listrik dan mobil otonom. Hal ini jelas menjadi salah satu kabar yang mengejutkan, me

ngingat Holden sendiri pernah mewarnai dunia otomotif Indonesia.

Holden Kingswood HQ
Holden Kingswood HQ

Sebelum mengatakan akan menutup Holden, GM sebelumnya mengatakan jika Chevrolet resmi hengkang dari Thailand. Hal ini terjadi beberapa hari lalu. Akibat penghentian bisnis Holden ini, dikabarkan ada 600 orang karyawan terpaksa dirumahkan. Mark Reuss, President General Motors mengatakan jika mereka sebelumnya telah berupaya menyelamatkan Holden. Namun sayang biaya yang dibutuhkan sangatlah tinggi.

Untuk mengamankan keuangan perusahaan, dengan terpaksa Holden harus ditutup. Langkah ini jelas mengakhiri Holden dengan Australia yang telah berjalan selama 160 tahun. Holden sendiri pertama kali berdiri pada tahun 1856 di Australia Selatan. Kala itu Holden hanyalah perusahaan pembuat sadel untuk kuda. Namun di tahun 1908, Holden mulai membangun perusahaan untuk memproduksi kendaraan penumpang.

Model Holden yang Cukup Dikenang

Beberapa model dari Holden cukup dikenang di Indonesia. Seperti Holden Special atau dikenal sebagai Holden FC, FB, Monaro, Kingswood, Statesman, dan Torana yang pernah menjadi armada taksi di Indonesia. Beberapa mobil merek asal Australia tersebut di era 1980-an hingga 1990-an menjadi mobil yang cukup populer.

Holden Special
Holden Special

Mobil-mobil tersebut cukup populer lantaran memiliki kapasitas mesin yang besar. Sehingga banyak digunakan untuk balap drag di beberapa event balap. Kini, nama Holden akan menjadi bagian dari sejarah otomotif dunia. Selamat tinggal Holden!

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Previous post
Pernah Berjaya, Peugeot Ingin Bangkit Kembali di Bawah Astra
Next post
Komunitas Ertiga Test Drive Suzuki XL7, Apa Komentarnya?