Home » Berita » Resmi Meluncur, 7 Fakta Menarik Tentang Toyota Fortuner Terbaru

Resmi Meluncur, 7 Fakta Menarik Tentang Toyota Fortuner Terbaru

Toyota Fortuner terbaru tipe standar (Foto: Toyota)

Bangkok – Bersamaan dengan peluncuran Toyota Hilux Revo, Toyota Motor Thailand Company juga menghadirkan wajah baru dari Toyota Fortuner. Seremonial peluncuran keduanya dilakukan secara virtual, Kamis (4/6/2020).

Thailand terpilih sebagai negara pertama yang meluncurkan Toyota Fortuner baru. Sport Utility Vehicle (SUV) menegah ini terakhir kali mendapat pembaruan besar sekira 5 tahun lalu atau tepatnya di 2015.

Kini Fortuner kembali hadir dengan sejumlah pembaruan yang bisa dikatakan cukup banyak sehingga membuat tampilan eksterior maupun interiornya lebih segar.

“Untuk Fortuner baru ini, kami telah merancang dan mengembangkannya dengan mengusung tema ‘Prestise & Cool’ agar dapat mencerminkan karakter pengemudi yang luar biasa, sambil menekankan pada rasa kemewahan dan modernitas. Fortuner baru adalah pilihan yang sempurna untuk generasi baru yang ingin menikmati perjalanan santai dan ingin memanfaatkan mobil untuk aktivitas harian. Kali ini, Fortuner baru hadir dengan 2 tipe dan 2 fitur desain berbeda, yaitu tipe standar dan khusus,” ungkap Jurachart Jongusuk, Regional Chief Engineer of Toyota Daihatsu Engineering and Manufacturing Company Limited, dalam keterangan resminya.

Toyota Fortuner Legender (Foto: Toyota)

Lantas perubahan dan pembaruan apa saja yang diberikan kepada Toyota Fortuner terbaru sehingga membuatnya lebih terlihat atau tampil lebih menarik dari model sebelumnya. Berikut ini uraian singkatnya:

1. Rancangan Desain Eksterior Tipe Standar

Toyota Fortuner baru memiliki desain eksterior yang telah diperbarui terutama pada bagian gril depan. Sekarang bentuk gril lebih besar dan dipermanis oleh penyematan strip silver di bumper menjadikannya terlihat semakin mewah, dan macho.

Mobil ini juga mendapat Light Guiding Headlights dengan lampu senja dan belakang LED. Tentunya ini membuat Fortuner baru terlihat begitu menawan terutama pada malam hari. Selain itu, Fortuner baru hadir dengan velg 18 inci yang didesain ulang.

Toyota Fortuner tipe standar adalah pilihan yang cocok untuk pelanggan yang biasa bepergian dengan anggota keluarga dan mencari mobil yang berukuran lebih besar. Tipe ini dilengkapi dengan mesin Super Power 2.4 GD yang disempurnakan dan diklaim irit bahan bakar.

Toyota Fortuner terbaru tipe standar (Foto: Toyota)

2. Tipe Khusus

Fortuner baru hadir dengan tipe khusus yang belum ada di model sebelumnya, mereka menyebutnya dengan nama Fortuner Legender. Tipe khusus ini dibuat berbeda dengan tipe standar. Desain eksterior Fortuner Legender dibuat lebih tajam dan lebih aerodinamis. Selain itu tampilannya juga lebih mencolok dibanding tipe standar.

Dimensi gril depan Fortuner Legender berbeda. Toyota juga menyematkan desain baru untuk Light Guiding Headlights, Daytime Running Light, lampu sein, High Beam dan Bi-Projector Low Beam LED.

Perangkat lain yang juga mendapatkan desain baru termasuk bumper belakang yang dibuat khusus sehingga selaras dengan bumper depan, velg 20 inci baru dan atap dua warna yang indah. Fortuner tipe khusus menyediakan dua pilihan mesin yaitu 2,4 liter dan 2,8 liter.

3. Kenyamanan

Toyota Fortuner Terbaru hadir dengan head unit layar sentuh yang kompatibel dengan Apple CarPlay. Perangkat hiburan tersebut juga menawarkan koneksi tanpa batas dengan berbagai konten hiburan, bersama dengan T-Connect sebagai fitur standar.

T-connect merupakan aplikasi garapan Toyota yang menawarkan berbagai fungsi. Salah satunya bisa memberikan layanan informasi seperti rute perjalanan dan informasi tentang destinasi yang akan dituju. Dengan fitur ini dapat menciptakan perjalanan yang menyenangkan dan ketenangan pikiran.

Kamera 360 Derajat dengan 3D meningkatkan visibilitas pengemudi ketika sedang memarkir kendaraan. Didukung pula dengan sensor sehingga semakin mempermudah dalam memarkirkan kendaraan.

Activated Kick Door memungkinkan pengemudi atau penumpang memasukkan barang bawaan ke bagasi di belakang mobil tanpa harus menyentuh atau menarik handel untuk membuka pintu. Wireless Charger untuk mempermudah pengisian ulang baterai tanpa mencolok kabel ke pusat listrik.

Interior Toyota Fortuner terbaru (Foto: Toyota)

4. Performa Mesin

Membedakan Fortuner model lama dan baru, Toyota menyematkan mesin diesel 2.8 liter baru yang sudah dikembangkan untuk dapat menghasilkan tenaga sekuat 201 hp dan torsi 500 Nm pada rentang 1.600 – 2.800 rpm. Mesin baru ini memungkinkan kendaraan menawarkan sensasi yang memuaskan dan kinerja luar biasa bagi pengemudi. Toyota memastikan mesin 2,8 liter hemat bahan bakar.

Ada tambahan Balance Shaft di ruang mesin yang berfungsi untuk mengurangi suara bising dan getaran dari mesin ke kabin. Sehingga suasana kabin semakin tenang.

5. Fitur Khusus Pengemar Offroad

Tidak cuma cocok digunakan untuk jalan di perkotaan saja, Fortuner baru juga dirancang sedemikian rupa suoaya mampu melewati rute off road dengan lancar.

Posisi roda ditunjukkan pada layar MID. Clearance Sonar juga dipasang di bagian belakang dan keempat sudut mobil untuk mendeteksi benda disekitarnya.

Fitur VFC (Variable Flow Control) power steering secara otomatis menyesuaikan kekakuan setir apabila mobil melaju dengan kecepatan tinggi untuk memastikan penanganan yang lebih mudah dan rasa percaya diri yang tinggi saat berkendara.

Sport mode, fitur ini membuat mengemudi menjadi lebih menyenangkan. Dengan menyesuaikan akselerator dan lingkar kemudi, membuat pengemudi penuh percaya diri ketika ingin menyalip kendaraan di depan dengan kecepatan tinggi.

Activated Kick Door di Toyota Fortuner terbaru (Foto: Toyota)

6. Fitur Keselamatan

Fortuner terbaru mendapat paket fitur keselamatan Toyota Safety Sense. Ini merupakan kali pertama fitur tersebut disematkan ke mobil yang dibangun dari basis kendaraan pikap atau PPV (pick-up platform vehicle).

Adapun perangkat Toyota Safety Sense yang tersemat di Fortuner baru yaitu Pre-Collision System, Dynamic Cruise Control, dan Lane Departure Alert.

7. Harga dan Varian

Khusus Fortuner baru tipe standar, Toyota menawarkan enam pilihan warna body, dua di antaranya adalah warna baru seperti Dark Blue Mica (Baru), Red Emosional (Baru), White Pearl CS, Silver Metallic, Dark Grey Metallic , dan Attitude Black Mica.

Fortuner tipe standar hadir dengan tiga varian yaitu 2.4V AT (transmisi otomatis) dijual dengan harga mulai dari 1,319,000 THB atau sekira Rp591 jutaan, 2.4V AT seharga 1,424,000 THB atau Rp638 jutaan, dan 2.4V AT 4WD dibanderol 1,494,000 THB atau 669 jutaan.

Sedangkan untuk tipe khusus yaitu Fortuner Legender hadir dengan tiga pilihan warna eksterior, seperti Emotional Red Black Top (baru), White Pearl CS Black Top, dan Attitude Black Mica.

Setidaknya ada empat varian pada Fortuner Legender, di antaranya 2.4 Legender AT dengan banderol 1,564,000 THB atau sekira Rp700 juta, 2.4 Legender AT 4WD 1,634,000 THB (RP732 jutaan), 2.8 Legender AT 1,769,000 THB (Rp792 jutaan), dan 2.8 Legender AT 4WD diniagakan dengan harga 1,839,000 THB atau setara Rp824 juta.

Toyota Fortuner Legender (Foto: Toyota)

“Kami telah meningkatkan Toyota Fortuner baru untuk menawarkan sensasi kemewahan dan keunggulan yang lebih besar untuk memastikan bahwa mobil ini dengan sempurna mencerminkan identitas sebenarnya dari pemilik dengan berbagai fungsi sesuai kebutuhan semua kelompok pelanggan. Target pelanggan Toyota Fortuner adalah mereka yang benar-benar visioner dan mencari mobil yang tidak hanya menunjukkan kepemimpinan yang kuat, tetapi juga datang dengan elemen superlatif dalam semua aspek dan kesiapan untuk menjelajah ke mana saja, dan yang paling penting menawarkan nilai kepemilikan yang besar,” tutur Surasak Suthongwan, Executive Vice President of Toyota Motor Thailand Company Limited.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Pertamina kini gandeng pedagang bensin eceran
Previous post
Peraturan Baru Pengisian BBM di SPBU yang Harus Diketahui
Next post
Perpanjangan SIM Selama Masa PSBB, Tidak Perlu Buru-buru