Home » Berita » Resmi Produksi di Indonesia, VW Tiguan Allspace Belum Pakai Komponen Lokal

Resmi Produksi di Indonesia, VW Tiguan Allspace Belum Pakai Komponen Lokal

Jakarta – Tiguan Allspace yang diproduksi secara lokal resmi meluncur. Hal ini diumumkan PT Garuda Mataram Motor (GMM), Agen Pemegang Merek (APM) mobil Audi dan Volkswagen (VW) di Indonesia.Dibawa dalam bentuk terurai atau Medium Knocked Down (MKD), dari Meksiko VW Tiguan Allspace di rakit di salah satu fasilitas milik Indomobil di Cikampek, Jawa Barat.

Meski sudah diproduksi di dalam negeri, VW Tiguan Allspace belum menggunakan komponen lokal.Padahal pemerintah mengimbau dan mendorong supaya produsen otomotif menggunakan komponen lokal pada setiap kendaraan.

Terutama yang sudah diproduksi di dalam negeri.Jonas Chendana selaku Chief Operating Officer PT GMM mengakui bahwa belum ada  komponen lokal di Tiguan Allspace. Akan tetapi pembicaraan ke arah sana sudah masuk tahap diskusi antara GMM dengan prinsipal di Jerman yaitu VW AG.

“Jadi semua ini (komponen) dibawa dari Meksiko. Dan terus terang kalau dibilang MKD itu sudah terurai, jadi sebelum CKD, tapi semua terurai. Kalau bilang lokalnya sementara kami lagi negosiasi dengan mereka (VW AG) kira-kira (komponen) mana yang bisa di lokalisasi. Untuk saat ini secara keseluruhan kami ingin mencapai yang maksimal untuk konten lokalnya,” ungkap Jonas, di sela penyerahan lima unit VW Tiguan Allspace, di Jakarta, Rabu (2/10/2019).

                            Tampilan belakang VW tiguan Allspace. Foto/Carmudi.
Walaupun diproduksi lokal, tapi secara kualitas tetap dipertahankan serupa seperti mobil VW lain yang didatangkan dalam bentuk utuh atau Completely Build Up (CBU) dari negara lain. “Seribu persen kualitasnya sama kaya model VW keluaran pabrik dari India maupun Jerman. Itu sudah standar tak bisa ditolak,” tegas Jonas.

Penyerahan VW Tiguan Allspace Kepada Pembeli

GMM secara simbolis menyerahkan VW Tiguan Allspace yang diproduksi di Indonesia kepada lima orang pembeli pertama. Andrew Nasuri, Presiden Direktur GMM mengatakan bahwa dirinya sangat bangga bisa menyerahkan lima unit VW Tiguan Allspace hasil karya tenaga kerja Indonesia.

“VW Tiguan Allspace ini merupakan hasil karya tenaga kerja Indonesia dengan kualitas tinggi sesuai standar Volkswagen Jerman. Kami mengucapkan terima kasih kepada konsumen Volkswagen di Indonesia yang sudah mempercayai produk hasil dalam negeri dengan kualitas internasional,” tutur Andrew.

Penyerahan VW tiguan Allspace kepada konsumen. Foto/Carmudi.
Penyerahan lima unit pertama VW Tiguan Allspace disaksikan oleh Minister President of Lower Saxony, Negara bagian Jerman, Stephan Weil.  Yang juga merupakan Supervisory Board Volkswagen AG, dan, Hendrik Barkeling, Deputy Head of Mission Kedutaan Besar Jerman untuk Indonesia. Serta, Thomas Zahn, Executive Director Sales International, Volkswagen AG.
VW Tiguan Allspace resmi meluncur di Indonesia bersamaan dengan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) pada Juli 2019. Dibanderol Rp598 juta, Sport Utility Vehicle (SUV) ini mampu menampung hingga tujuh orang penumpang di kabin.

Penulis: Santo
Editor: Lesmana

Previous post
Susul Satria F150, Honda Segarkan Sonic 150R dengan Stripe Baru
Next post
Dua Mobil Konsep Masa Depan Mitsubishi Tampil di Tokyo Motor Show 2019