Modifikasi

Restorasi Toyota Land Cruiser FJ40 Sampai Miliaran Rupiah, Apa Hebatnya?

Restorasi FJ40 dari FJ Company

Restorasi FJ40 dari FJ Company (Foto: FJ Company)

Amerika Serikat – Bagi pecinta SUV, tentu kenal dengan nama besar Toyota Land Cruiser. Tapi biasanya beberapa penggemar ‘senior’ lebih menyukai model FJ40, atau di Indonesia lebih akrab disapa Hardtop.

Tak hanya di Indonesia, Toyota Land Cruiser FJ40 pun menjadi salah satu yang paling digemari di dunia. Di Amerika Serikat, ternyata banyak juga orang yang ingin membeli mobil ini. Tapi sayangnya, kebanyakan kondisi FJ40 sudah termakan usia sehingga diperlukan restorasi.

Berkaitan dengan itu, pamor perusahaan atau bengkel restorasi pun mulai naik daun. Salah satunya adalah FJ Company. Perusahaan ini sebenarnya berdiri sejak tahun 2010 silam oleh dua bersaudara Juan Diego Calle dan Nelson Calle.

Heritage model, photo: FJ Company

Restorasi FJ40 Heritage model (Foto: FJ Company)

Keduanya punya memori yang sangat indah dengan FJ40 milik sang kakek. Ketika kecil, mereka sering diajak bepergian menggunakan mobil tersebut. Hingga suatu hari ketika kakeknya meninggal, mereka pun berencana untuk restorasi FJ40 tahun 1982 peninggalan sang kakek. Dari situ kemudian berdirilah FJ Company.

FJ Company mencoba menyediakan Toyota Land Cruiser FJ Series dalam kondisi layaknya baru keluar dari pabrik. Konsumen hanya perlu memilih model yang disediakan dan menunggu hingga pesanan tersebut selesai dibuat.

Chassis, suspensi dan mesin menggunakan parts baru

Sasis, suspensi, dan mesin FJ40 menggunakan parts baru

Mobil yang ditawarkan terdiri dari beberapa jenis. Ada FJ25 yang merupakan generasi pertama, FJ40, FJ43, FJ45 long chassis, BJ46 (Diesel), FJ45 station wagon, dan FJ45 pick up. Atapnya pun tersedia dalam pilihan hardtop dan softop menggunakan kanvas. Jadi, konsumen tinggal memilih sesuai selera

Menggunakan Fitur Modern

Proses restorasi yang dilakukan oleh FJ Company bisa dibilang sangat sempurna. Karena semua komponen diganti menggunakan part baru, bahkan dibubuhi dengan fitur baru nan modern. Contohnya pemilik bisa menambahkan fitur ABS, transmisi otomatis, digital cluster, head unit bluetooth, sound system, traction control, hingga differential locker.

Fitur baru

FJ Company tidak hanya memperbarui parts, tetapi juga membubuhkan fitur baru

Ada 3 kategori yang ditawarkan, mulai dari Heritage, Expedition, dan Signature. Untuk tipe Heritage ditawarkan dengan kisaran harga Rp2,7 miliaran. Sedangkan tipe Signature menjadi yang termahal, dengan harga kisaran Rp3,3 miliaran.

Ya, harganya bisa dibilang masuk golongan mahal. Hal ini dikarenakan selain memakai komponen dan fitur canggih, seluruh mobil dikerjakan dengan tangan.

Semua pengerjaan dibuat sepresisi mungkin dengan detail yang sangat akurat. Bahkan konsumen juga bisa memilih menggunakan komponen baru sesuai part number yang dikeluarkan oleh Toyota. Hal inilah yang membuat FJ Company langsung menjadi perusahaan terkenal khusus membangun Toyota Land Cruiser FJ Series.

Instrumen cluster memakai model digital

Instrumen cluster memakai model digital

Pilihan Mesin

Pilihan mesin juga bisa ditentukan sesuai selera konsumen. Mulai dari mesin asli 2F, atau memakai mesin 1GR-FE yang dipakai oleh Toyota FJ Cruiser dengan kapasitas 3.956 cc, V6. Mesin itupun juga masih bisa dimodifikasi lagi sesuai keinginan konsumen. Luar biasa banget, nih ya!

Kaki-kaki pun juga bisa di-request sesuai keinginan konsumen. Ada yang memakai kaki-kaki standar, ada juga yang memakai kaki-kaki dengan suspensi ala balap. Semua disesuaikan dengan keinginan konsumen.

Interior dibuat berdasarkan keinginan konsumen

Interior FJ40 dibuat berdasarkan keinginan konsumen

Bukan hanya itu, sektor interior pun bisa dibuat sesuai dengan selera konsumen. Mau interior ala orisinal dengan bahan kulit aslinya? Bisa. Mau model sport seat Recaro dengan dilapis kulit berkualitas bagus? Bisa juga.

Semuanya ini tergantung dengan pesanan konsumen. Alias bespoke, pesanan sesuai selera layaknya sportscar mewah yang ada di dunia, nih.

Indonesia Juga Tak Kalah Restorasi FJ Series

Di Indonesia, ada juga bengkel yang mampu melakukan restorasi layaknya FJ Company. Ingat, kemampuan restorasi dan modifikasi orang Indonesia layak banget diacungi jempol.

Salah satu bengkel yang bisa melakukan hal tersebut adalah Arland Garage spesialis restorasi Toyota Land Cruiser 40 Series.

Bengkel yang terletak di kawasan Bekasi ini memang sudah terkenal menjadi spesialis restorasi Toyota Land Cruiser 40 Series. Proses restorasi satu unit mobil yang dilakukan di bengkel ini bisa memakan waktu hingga 6 bulan. Jika kondisi mobil cukup parah, restorasi bisa memakan waktu hingga 1 tahun.

Interior dibuat seperti original

Interior Toyota Land Cruiser 40 Series dibuat seperti orisinal

Biaya restorasinya pun bervariasi. Mulai dari Rp90 jutaan sampai Rp150 jutaan di luar biaya spare part, jasa overhaul, urut kabel, dan pasang interior. Artinya, biaya tersebut hanya untuk pengerjaan bodi, sasis, dan mesin. Soal hasil, tak perlu diragukan lagi, karena sama seperti hasil FJ Company.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Modifikasi Toyota Avanza, Ketahui Caranya Supaya Enggak Norak

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts