Home » Berita » Retrospeksi Road Safety Wujud Korlantas Polri Peduli Korban Kecelakaan

Retrospeksi Road Safety Wujud Korlantas Polri Peduli Korban Kecelakaan

Bekasi – Banyak cara untuk mewujudkan yang namanya zero accident, termasuk taat aturan lalu lintas dan keselamatan berkendara sebagai bagian dari hukum yang berlaku. Dalam penerapan keselamatan berkendara dan road safety ini, perlu adanya gerakan moral agar tak jadi korban sia sia di jalan raya.

Menurut Dir kamsel Korlantas Polri Brigjen Pol Chrysnanda DL, berlalu lintas merupakan gerak pindah dari suatu tempat ke tempat lainnya. Standar dalam pergerakan tersebut ada standar ideal waktu tempuh dengan jarak tempuh.

“Tentu ada standar kecepatannya. Standar kecepatan minimal maupun maksimal ini yang perlu dipahami dan kita atur sendiri,” ujarnya saat acara Retrospeksi Road Safety di Bekasi, Minggu (8/12).

Menurutnya, diperlukan model yang diatur dalam road safety managemet yang mencakup: manajemen kebutuhan, manajemen kapasitas, manajemen prioritas, manajemen kecepatan dan manajemen kontijensi. Proses mengatur lalu lintas di atur dalam safer road safer, vehicle safer road users dan post crash care.

“Pelanggaran pelanggaran lalu lintas akan berdampak pada terjadinya kemacetan, kecelakaan atau masalah lalu lintas lainya,” tambahnya.

Melihat masih banyaknya korban kecelakaan perlu diingatkan para stakeholders road safety dan korban kecelakaan lalulintas. Mereka untuk peduli dalam meningkatkan kualitas keselamatan, termasuk produsen kendaraan yang terus mengembangkan fitur keselamatan.

“Paling tidak dari kendaraan yang digunakan juga bisa mengikatkan pengendara, saat mereka melaju dengan kecepatan melebihi batas. Atau pemberian informasi kondisi sekitar apakah aman untuk menyalip atau tidak. Nanum itu semua tak terlepas dari pengendaranya sendiri,” tambahnya.

Korlantas Peduli Korban Kecelakaan

Disisi lain Korlantas Polri juga sangat peduli dengan para korban kecelakaan. Ini dikemas dalam Retrospeksi Road Safety. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Korlantas Polri menghimpun dan merangkul para korban kecelakaan lalu lintas.

Kegiatan acara ini untuk memberikan semangat bagi para korban kecelakaan lalu lintas. Serta membangkitkan kesadaran pengguna jalan untuk selalu tertib peraturan menghindari terjadi kecelakaan lalu lintas.

Acara yang digelar di Stadion Patriot Chandra Bagha Bekasi bertepatan dengan Car free day, Minggu (8/12) juga menampilkan testimoni dari beberapa korban kecelakaan. Baik dalam bentuk audio visual (Video Thriller), atau testimoni yang disampaikan diatas panggung.

Testimoni ini menggambarkan sebuah peristiwa kecelakaan, mulai dari pra kecelakaan lalu lintas hingga pasca kecelakaan lalu lintas. Para korban kecelakaan yang hadir juga diberikan santunan serta bantuan berupa alat bantu seperti kaki atau tangan palsu.

Penulis: Dony

Editor: Lesmana

Ribuan mobil menghadiri Jambore Nasional Mercedes-Benz 2019. Jambore ini merupakan ke-14 dan digelar di Jogjakarta.
Previous post
Jambore Nasional Mercedes-Benz 2019, Ribuan Mobil Banjiri Candi Prambanan
E-Tilang
Next post
Polisi Tambah Kamera Pengintai di Jalan Raya, Jangan Harap Bisa Lolos Tilang