Reviews

Review Audi A5 Sportback 2021: Tawaran Kepraktisan Berbalut Desain Menawan

Audi A5 Sportback 2021 telah resmi meluncur di Indonesia. Kehadirannya bukan hanya kembali mengangkat nama Audi di kancah otomotif Tanah Air, melainkan juga sebagai pilihan mobil baru asal Eropa dengan tawaran desain menawan dan kepraktisan yang unggul. Untuk mengenalnya lebih dekat, mari simak review yang telah Carmudi siapkan.

Review Audi A5 Sportback 2021

Saat bicara mobil Eropa mungkin sebagian orang akan langsung teringat Mercedes-Benz atau BMW. Hal tersebut bisa dimaklumi lantaran keduanya terbilang agresif menggarap pasar domestik. Selain rutin mendatangkan produk baru, keseriusannya juga dibuktikan dengan mendirikan fasilitas perakitan.

Tapi, bukan tidak mungkin ada kalangan yang sudah merasa jenuh dengan duet Jerman tersebut. Jika kondisinya demikian maka pilihan selanjutnya di jajaran merek Eropa -khususnya Jerman- adalah Audi.

Review Audi A5 Sportback 2021 Indonesia

Audi A5 Sportback menjadi salah satu produk baru dari merek yang berada di bawah naungan PT Garuda Mataram Motor (GMM) tersebut. Model ini resmi dipasarkan bersamaan dengan A5 Coupe generasi terkini yang juga sudah bisa dipesan.

Kebetulan kami mendapat kesempatan untuk melihatnya langsung guna mendapatkan first impression yang lengkap. Lebih tepatnya, model yang kami jumpai adalah Audi A5 Sportback 2.0L TFSI. Ya, tanpa ada imbuhan “Quattro” pada namanya menandakan mobil ini menggunakan sistem penggerak roda depan.

Review Audi A5 Sportback 2021 Indonesia

Tapi tenang saja, untuk konsumen yang menginginkan performa ekstra dari sistem penggerak All Wheel Drive (AWD) milik Audi yang melegenda itu, GMM tetap bisa menghadirkan unitnya untuk Anda.

Varian Quattro yang juga menggunakan mesin lebih bertenaga memang terlihat lebih menggoda. Tapi bukan berarti varian yang berada di bawahnya ini kurang menarik, hanya saja dapat dikatakan menyasar konsumen dengan prioritas berbeda.

Mesin Audi A5 Sportback 2021

Ditawarkan dengan harga Rp1 miliar lebih, otomatis pembeli mobil ini datang dari kalangan berkantong tebal. Tapi bukan berarti faktor efisiensi bahan bakar tak jadi soal. Varian berpenggerak roda depan boleh jadi kalah untuk urusan tenaga dan torsi, tapi menawarkan efisiensi konsumsi bahan bakar lebih baik.

Mesin

Hanya ada satu jenis mesin yang tersedia untuk Audi A5 Sportback dan Coupe di Indonesia, yakni unit 1.984 cc, 4-silinder, turbo dengan bahan bakar bensin.

Pada avarian FWD mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga 187,4 Hp dan torsi tertinggi 320 Nm. Sementara untuk varian Quattro tenaga puncaknya mencapai 241,6 Hp dengan torsi paling tinggi 370 Nm.

Performa varian Quattro yang superior tersebut diterjemahkan ke dalam catatan akselerasi 0-100 yang bisa diselesaikan dalam waktu 5,9 detik (Sportback) dan 5,5 detik (Coupe). Sementara akselerasi 0-100 varian FWD adalah 7,5 detik (Sportback).

Mesin Audi A5

Transmisi

Dari data di atas nampak jelas varian Quattro memiliki performa yang unggul. Tapi untungnya semua varian sudah mengadopsi teknologi dual clutch alias kopling ganda. Artinya, konsumen yang memilih varian FWD juga bisa merasakan performa perpindahan gigi yang sporty.

Keberadaan jenis kopling seperti ini biasa menempel pada mobil-mobil performa tinggi. Keuntungan yang ditawarkannya ialah perpindahan gigi yang responsif. Lebih tepatnya, Audi A5 Sportback menggunakan transmisi otomatis 7-kecepatan S Tronic.

Dari sisi pengoperasian, desain tuas transmisi itu sendiri belum berubah dari versi sebelumnya. Begitu juga dengan posisi tombol “P” yang masih berada di dekat jempol kiri Anda ketika menggenggamnya.

Konsumsi BBM Audi A5 Sportback

Pada sisi inilah varian FWD unggul telak karena menawarkan efisiensi konsumsi bahan bakar jauh lebih irit. Hal ini berlaku untuk penggunaan di rute dalam kota, luar kota, hingga kombinasinya. Berdasarkan klaim pabrikan, data selengkapnya bisa Anda simak melalui tabel di bawah ini.

Spesifikasi Mesin Audi A5 Sportback 2021
Jenis Mesin4-silinder, in-line, turbo
Kapasitas1.984 cc
Teknologi MesinTFSI, Quattro
Tenaga Maksimum187,4 Hp & 241,6 Hp (Quattro)
Torsi Maksimum320 Nm & 370 Nm (Quattro)
Transmisi7-kecepatan S Tronic, dual clutch
Konsumsi BBMFWD

  • Dalam kota 12,9 km/l
  • Luar kota 19,6 km/l
  • Kombinasi 16,9 km/l

Quattro

  • Dalam kota 10,8 km/l
  • Luar kota 16,6 km/l
  • Kombinasi 13,8 km/l

Eksterior Audi A5 Sportback 2021

Review Audi A5 Sportback kali ini tentunya tak akan luput dari pembahasan mengenai eksterior. Faktanya, sektor ini dapat dikatakan sebagai daya pikat utama.

Roofline mobil liftback

Dimensi

Di atas kertas, varian Sportback — baik versi Quattro atau FWD — punya dimensi sedikit lebih besar dibanding Audi A5 Coupe.

Berdasarkan data teknis yang Carmudi terima, varian Sportback punya dimensi P 4.757 mm x L 2.029 mm x T 1.386 mm dengan wheelbase 2.824 mm. Sedangkan versi Coupe dimensinya P 4.697 mm x L 2.029 mm x T 1.371 mm dengan wheelbase 2.764 mm.

Jika diterjemahkan ke dalam performa berkendara, A5 Coupe akan menawarkan kemampuan bermanuver yang lebih baik. Hal ini dibuktikan dengan turning circle radius yang dimilikinya, yaitu 11.500 mm. Lebih kecil dibanding milik A5 Sportback yang sebesar 11.700 mm.

Desain Bodi

Seperti sudah disebut, eksterior adalah sisi yang sangat menarik dari mobil, khususnya untuk varian Sportback.

Ciri khas varian Sportback bisa dijumpai pada roofline yang “mengalir” secara landai mulai dari pilar B sampai belakang. Bukan semata-mata agar terlihat manis, desain roofline demikian berguna mengakomodir kaca belakang dan pintu bagasi yang menyatu dan bisa terbuka bersamaan.

Sampai di titik ini mungkin Anda sudah bisa membayangkan keuntungan dari hal tersebut terkait kepraktisan akomodasinya. Selain itu, varian Sportback juga memiliki empat buah pintu yang membuatnya lebih ramah bagi penumpang yang akan duduk di belakang.

Istilah umumnya, desain bodi seperti ini sering disebut liftback.

Sementara, varian Coupe adalah pilihan bagi mereka yang lebih menginginkan sedan dengan tampilan sporty. Hal ini ditegaskan lewat desain bodinya yang hanya memiliki dua buah pintu. Walau begitu roofline-nya tak jauh berbeda dengan sedan kebanyakan, pun begitu untuk pintu bagasinya.

Jendela mobil frameless

Sentuhan lain yang tak kalah memikat dari mobil ini terletak pada desain kaca jendela samping yang mengusung konsep frameless. Terlihat sangat menawan dan mewah.

Fitur Eksterior

Unit yang ditawarkan untuk pasar Indonesia mendapat label “S Line” yang artinya bakal punya kosmetik lebih sporty. Bagi yang masih meraba-raba, posisi S Line pada jajaran mobil Audi bisa disejajarkan M Sport di BMW atau AMG Line untuk mobil-mobil Mercedes-Benz.

Salah satu penerapannya dapat ditemui pada bumper mobil ini.

Untuk modelnya yang satu ini, Audi menanamkan teknologi terkini mereka. Di antaranya penggunaan Matrix LED untuk lampu depan. Dengan teknologi ini, lampu depan dapat secara otomatis mengatur kekuatan pencahayaannya.

Perubahan cahaya Matrix LED Audi

Perubahan pencahayaan headlamp Matrix LED Audi A5 Sportback (Foto: Carmudi)

Katakanlah ketika ada kendaraan lain datang dari arah berlawanan. Maka lampu depan akan mengurangi kekuatan pencahayaannya ke arah kendaraan tersebut agar tak menyilaukan pengendara lain. Dan kembali ke posisi normal setelah kendaraan tersebut melintas.

Interior Audi A5 Sportback 2021

Secara keseluruhan interior Audi A5 Sportback menawarkan kemewahan dan kenyamanan khas sedan Eropa. Ditambah lagi kepraktisan pada sisi akomodasi.

Konfigurasi Kabin

Kabin menyediakan lima bangku penumpang. Khusus tipe Sportback akses ke bangku belakang sangat praktis karena adanya pintu di baris kedua. Bangku belakangnya pun menyediakan ruang yang ideal bagi orang dewasa.

Jok belakang Audi A5 Sportback

Porsi pelipatan bangku belakang dibagi menjadi 40:20:40 sehingga sangat fleksibel ketika Anda ingin memaksimalkan ruang bagasi, tapi juga masih perlu menyisakan bangku untuk penumpang.

Seperti sudah disampaikan sebelumnya, varian Sportback memiliki keistimewaan tersendiri jika bicara akomodasi. Sebabnya kaca belakang bisa ikut terangkat sehingga bukaan pintu bagasi menjadi sangat luas.

Hal itu otomatis akan membuat pemilik lebih mudah untuk memasukkan atau mengeluarkan barang. Walaupun bibir bawah bagasinya tak bisa dikatakan rendah.

Sistem buka tutup bagasi pintu bagasi itu sendiri sudah menggunakan sistem elektrik.

Bagasi Audi A5 Sportback

Sekarang mari tengok ruang kemudinya. Mobil ini bisa disetarakan dengan BMW Seri 5 atau Mercedes-Benz E-Class yang berarti masih ada kemungkinan sang pemilik mengendarainya sendiri, selain menggunakan jasa supir.

Untuk itu posisi berkendara cukup terasa driver oriented dengan segala fasilitasnya yang tersedia. Sangat mudah mendapatkan posisi berkendara yang ideal karena tentunya pengaturan lingkar kemudi sudah mendukung tilt dan teleskopik.

Interior Audi A5 Sportback

Selain itu, pengaturan jok sisi pengemudi pun sudah pasti elektrik. Melengkapinya, tersedia dua memory seat untuk menyimpan pengaturan yang berbeda-beda.

Fitur Entertainment

Layar Multi Media Interface (MMI) berukuran 10,1 inci mengisi dasbor sebagai pusat fitur entertainment mobil ini. Karena sudah berupa layar sentuh, Audi menanggalkan keberadaan kenop pengaturan yang dulunya berada di konsol tengah.

Headunit Audi A5

Lokasi yang dulunya ditempati kenop tersebut kini dimanfaatkan sebagai kotak koin. Cukup menambah kepraktisan, walau dimensinya tak seberapa.

Mereka yang mengendarai mobil ini pun tentunya akan menjumpai instrument cluster digital yang Audi sebut sebagai Virtual Cockpit. Ditampilkan pada layar full HD beresolusi 1.920 x 720 piksel atau setara 12,3 inci.

Fitur Kenyamanan

Audi A5 Sportback memiliki AC digital dengan dukungan fitur yang sangat lengkap. Bahkan sudah mendukung triple zone yang artinya suhu untuk bangku pengemudi, penumpang depan, dan penumpang belakang bisa diatur masing-masing.

Pengaturan AC Audi A5

Penumpang belakang bisa mengatur suhu yang diinginkan sendiri lewat tombol yang tersedia di konsol tengah. Lokasi di mana penumpang juga akan menjumpai power socket 12V.

Desain Interior

Desain interior memang bukan sorotan utama dalam review Audi A5 Sportback kali ini. Pasalnya apa yang tersaji di dalam kabin tak jauh berbeda dengan A5 versi sebelumnya. Mulai dari tata letak kisi-kisi AC horizontal yang panjang hingga bentuk lingkar setirnya.

Tapi kenapa harus diubah jika desainnya memang sudah memuaskan? Di mata kami, desain interiornya menunjukkan keseimbangan antara kesan sporty dan mewah dengan adanya aksen dekoratif berwarna silver.

Harga Audi A5 Sportback 2021

Harga Audi A5 Sportback 2021 Indonesia

Merangkum review Audi A5 Sportback ini mari bahas soal harganya. GMM hanya menyebut banderol mobil ini mulai dari Rp1,248 miliar off the road. Padahal diketahui totalnya ada tiga varian yang bisa dipilih konsumen, meliputi:

  • Audi A5 Sportback 2.0L TFSI
  • Audi A5 Sportback 2.0L TFSI Quattro
  • Audi A5 Coupe 2.0L TFSI Quattro

Harga yang dipublikasikan dapat dikatakan sebagai harga awal karena kenyataannya GMM memberi kesempatan bagi konsumen untuk melakukan personalisasi mobil ini. Ambil contoh untuk lampu depan, pada pilihan paling tinggi bisa mendapatkan kombinasi Matrix LED dan laser.

Kemudian jika konsumen tak suka dengan pelek yang Anda lihat sekarang, maka Audi juga memberikan opsi lain dengan diameter berbeda-beda. Mulai dari 17 inci, 18 inci, hingga 19 inci disertai desain palang yang juga variatif.

Hal ini juga berlaku untuk jok yang digunakan. Bahkan sampai fitur-fitur yang bergantung pada peranti lunak, misalnya penambahan fitur navigasi.

Jadi, harga pastinya akan sangat tergantung dengan personalisasi yang dipilih konsumen nantinya.

Review Audi A5 Sportback 2021 Indonesia Quattro

Kompetitor Audi A5 Sportback 2021

Kalau hanya melihat harganya saja, banderol mobil ini cukup dekat BMW Seri 5. Menurut informasi yang terdapat di situs web BMW Indonesia (15 Juni 2021), model 520i M Sport punya banderol Rp1,259 miliar on the road dan 530i Opulence ditawarkan Rp1,452 on the road.

Sedangkan dari merek Mercedes-Benz bisa melihat jajaran produk E-Class. Pilihan modelnya meliputi E300 SportStyle Avantgarde Line seharga Rp1,3 miliar off the road dan E350 Line yang ditawarkan Rp1,520 miliar off the road.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts