Reviews

Review Avanza Vs Veloz Terbaru, Ini Perbedaan Impresi Berkendaranya

Impresi berkendara Avanza vs Veloz terbaru terasa cukup berbeda. Bukan hal aneh sebenarnya sebab positioning kedua mobil juga tak lagi sama.

Avanza vs Veloz Terbaru

Ilustrasi Avanza vs Veloz terbaru (Foto: TAM)

Di satu sisi Toyota All New Avanza hadir berusaha memenuhi ekspektasi first buyer terhadap kebutuhan mendasar dan terpenting dari sebuah Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-seater sebagai kendaraan harian.

Toyota All New Veloz pastinya juga mampu melakukan hal tersebut. Akan tetapi terdapat beberapa sentuhan tambahan yang membuatnya lebih advance walau harus dikompensasi harga lebih tinggi.

Perbedaan antara kedua mobil terasa cukup jelas saat tim Carmudi mengikuti kegiatan test drive Avanza dan Veloz terbaru yang digelar PT Toyota Astra Motor (TAM) selama tiga hari, (7-9/12/2021) di Pulau Bali.

Berbagai macam rute dilewati; jalanan-jalanan sempit, rute tol berbalut aspal mulus, dan tentunya medan menanjak yang menjadi ajang pembuktian tersendiri bagi mobil yang kini berpenggerak roda depan tersebut.

Impresi Berkendara Avanza Vs Veloz Terbaru

Veloz vs Avanza

All New Veloz (kiri) dan All New Avanza (kanan) (Foto: TAM)

Salah satu hal yang menjadi perbincangan selama kegiatan test drive berlangsung ialah perbedaan respons mobil terhadap kontur permukaan jalan yang dilewati.

Di satu sisi rupanya kaki-kaki Avanza menyuguhkan ayunan lebih empuk ketika menghadapi jalanan tidak rata, misalnya sambungan aspal ataupun lubang-lubang di jalan raya.

Sebelum jauh-jauh melihat setting suspensi, hal ini juga bisa dipengaruhi ban yang digunakan.

Lebih detail Avanza menggunakan ban berukuran 195/60 R16 sedangkan Veloz 205/50 R17. Tampak ban Avanza memiliki dinding lebih tebal walau diameternya lebih kecil.

Profil ban yang meaty tersebut pada akhirnya berperan sebagai bantalan ekstra saat mobil melewati medan jalan tak rata.

Di lain sisi ban Veloz punya diameter dan tapak yang besar. Teorinya, kombinasi seperti itu unggul dalam hal cengkraman ke permukaan aspal dan bisa membuat penampilan kendaraan kian sedap dipandang mata.

Singkat kata kedua mobil memang dibuat dengan karakter yang berbeda. Hal ini pun terasa dari apa yang konsumen akan temukan ketika duduk di posisi bangku pengemudi.

Fitur-Fitur yang Tersedia

Kabin Veloz

Interior All Nw Veloz (Foto: TAM)

Avanza dan Veloz terbaru membawa perubahan signifikan. Apresiasi patut ditujukan salah satunya pada kehadiran pengaturan tilt and telescopic yang kini sudah bisa ditemui pada kedua mobil.

Dengan adanya pengaturan ini konsumen bisa lebih mudah mendapatkan posisi lingkar setir yang paling pas.

Terlepas dari hal tersebut, Veloz sebagai model yang lebih mewah memiliki sejumlah fitur yang lebih advance dibandingkan dengan Avanza. Contohnya Electronic Parking Brake (EPB) lengkap dengan Auto Brake Hold (ABH).

EPB hadir menggantikan rem tangan konvensional yang pengoperasiannya masih mengandalkan tuas. Pada sistem baru ini konsumen hanya perlu menekan tombol untuk mengaktifkan atau melepas rem parkir.

Kabin All New Avanza

Kabin All New Avanza (Foto: TAM)

Di samping itu Veloz juga memiliki Power Mode yang bisa dipilih sesuai gaya berkendara. Penelusuran Carmudi, mode ini dapat dioperasikan melalui tombol bertuliskan “Drive” yang berada tepat di ibu jari tangan kanan saat memegang lingkar setir.

Terdapat dua pilihan mode berkendara yang dapat digunakan, meliputi PWR (Power) dan Eco Mode. Masing-masing pilihan mode berkendara membuat tarikan mobil sedikit berbeda.

Kemudian Veloz juga memiliki All Around View Camera yang memberikan tampilan visual kendaraan dari atas atau dikenal dengan istilah bird view angle. Keberadaannya sangat berguna saat parkir atau bermanuver di jalanan sempit seperti yang banyak dijumpai di Bali.

Nah, kegiatan test drive kemarin juga menjadi kesempatan mencoba langsung fungsi fitur keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS). Untuk diingat sebenarnya fitur ini bukan hanya tersedia pada Veloz karena Avanza varian tertinggi juga memilikinya.

TSS itu sendiri mencakup beberapa fungsi, salah satunya Lane Departure Assist yang berguna menjaga mobil tidak keluar lajur tanpa disengaja.

Fitur ini akan memberikan peringatan suara saat mendeteksi adanya indikasi hal tersebut bahkan hingga melakukan koreksi setir. Pengguna bisa mengaktifkan atau mematikan fungsi ini melalui sebuah tombol yang berada di sebelah kanan lingkar kemudi.

Kamera TSS

Kamera Toyota Safety Sense (TSS) (Foto: TAM)

Perbedaan selanjutnya antara Avanza vs Veloz ialah terkait fitur hiburan. Veloz memiliki layar infotainment yang berada di headlining ditambah lagi dengan wireless charger yang terletak di konsol tengah.

Tak kalah penting, jok Veloz dibalut bahan seperti kulit dengan kombinasi warna terang pada dasbor dan tambahan hiasan ambient light warna biru. Sedangkan interior Avanza didominasi warna gelap dan penggunaan bahan kain untuk bungkus joknya.

Performa di Jalan Tanjakan

Test drive kali ini turut mengunjungi sejumlah destinasi yang harus ditempuh melewati jalan tanjakan. Penggunaan layout baru Front Engine – Front Wheel Drive (FF) terbukti tak ada masalah untuk menghadapinya.

Mobil terasa memiliki performa mumpuni melewati jalan tanjakan bahkan dengan slope cukup curam.

All New Veloz

All New Veloz (Foto: TAM)

Tim Carmudi bersama sejumlah jurnalis dari media lain membuktikannya dengan Avanza bermesin 1.500 cc CVT pada hari pertama perjalanan. Mobil diisi empat orang dewasa sekaligus barang bawaannya masing-masing.

Transmisi CVT mobil ini pun cukup cerdas mengatur tenaga yang dibutuhkan. Sehingga pengemudi tak harus repot-repot mengatur posisi “gigi” yang sebenarnya juga bisa dilakukan dengan cara menggeser tuas transmisi dari posisi “D” ke arah plus (+) atau minus (-).

Melihat jantung pacunya, Veloz masih menggunakan mesin 4-silinder DOHC Dual VVT-i dengan kode 2NR-VE yang memiliki kapasitas 1.496 cc. Tenaga tertinggi dari mesin ini berada di angka 104,5 Hp @ 6.000 rpm dengan torsi puncak 137,2 Nm @ 4.200 rpm.

Mesin All New Veloz

Mesin All New Veloz (Foto: TAM)

Mesin tersebut sama persis dengan yang digunakan Avanza tipe 1.5. Tapi di samping itu Avanza juga tersedia dalam pilihan mesin 1.329 cc 4-silinder DOHC Dual VVT-i dengan kode 1NR-VE. Tenaga dan torsi yang dimiliki mesin ini tentunya lebih rendah, yakni 96,6 hp @ 6.000 rpm dan 121,6 Nm @ 4.200 rpm.

Kesimpulan

Bisa dibilang Avanza dan Veloz mendapat pengembangan ke arah yang lebih baik. Atau paling tidak makin relevan dengan kondisi berkendara yang sering dihadapi mayoritas konsumennya.

Ya, poin ini mengarah pada penggunaan layout baru FF dibarengi dengan transmisi otomatis CVT.

Senada dengan yang pernah disampaikan Daihatsu, Toyota juga menyebut kondisi jalanan Indonesia yang sudah lebih baik menjadi salah satu faktor pendorong perubahan ini.

Oleh karena itu pengembangan generasi terbaru mobil sejuta umat tersebut bisa lebih mengejar kenyamanan dan efisiensi bahan bakar.

Avanza vs Veloz Terbaru

Avanza dan Veloz terbaru (Foto: TAM)

Meski demikian ruang pengembangan tetap masih ada. Misalnya memperbaiki desain double blower yang kini bentuknya cenderung mirip milik Calya. Sebabnya sisi emosional konsumen bisa jadi agak terganggu di sini.

Atau paling tidak Toyota memberikan “rumah” plat nomor yang lebih proper agar tidak melulu timbul suara berisik dari belakang ketika mobil melewati jalanan rusak.

Harga All New Avanza dan All New Veloz

All New Avanza All New Veloz
1.3 E MT Rp206,2 Juta Veloz 1.5 MT Rp251,2 Juta
1.5 G MT Rp228,5 JutaVeloz 1.5 Q CVT Rp272,1 Juta
1.5 G CVT Rp241,4 JutaVeloz 1.5 Q CVT Rp291,5 Juta
1.5 G CVT TSS Rp264,4 Juta

Harga dirangkum dari situs web TAM, Jumat (10/12/2021) dan dapat berubah sewaktu-waktu.

Simak juga video ulasan Toyota Avanza dan Veloz persembahan Carmudi berikut ini.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts