Reviews

Review Honda City 2020, Sedan Mungil yang Lega di Dalam

Honda New City

Honda City di tahun 2020 belum mengalami penyegaran model. Foto/Carmudi Indonesia.

Jakarta – Memasuki 2020, kiprah sedan semakin tergerus oleh eksistensi SUV dan MPV. Namun demikian, mobil sedan masih mendapat tempat terutama di kalangan ekonomi menengah di perkotaan yang mencari kenyamanan. Honda City adalah salah satunya yang pada 2020 ini berusaha memikat kalangan urban dengan kabin yang lega khas mobil Honda.

Tidak banyak yang berubah dari wajah Honda City sejak diluncurkan pada 2017 lalu. Sebab, model terbaru City yang meluncur pada akhir 2019 di Thailand tersebut hingga kini belum masuk ke Indonesia. Konsep desain City ditonjolkan melalui tiga dasar yaitu teknologi canggih, sporty, serta tampilan yang mencirikan sedan. Ketiga dasar desain tersebut kemudian dirangkum ke dalam “Advanced Energetic Design”.

Honda City memiliki dimensi panjang 4.442 mm, lebar 1.694 mm, dan tinggi 1.477 mm. Eksteriornya menonjolkan kesan elegan dan modern, dengan full LED pada headlamp berpadu lampu Daytime Running Light (DRL). Kesan elegan juga terlihat dari garis-garis di samping bodi yang lembut memanjang mulai dari depan hingga ke belakang.

Pencahayaan LED dibantu foglight menjangkau area jauh membuat pengemudi berkendara dengan nyaman. Untuk bagian gril, sebilah panel besar beraksen krom menjadi ciri khas dari Honda City dengan konsep sharp front grille design. Aura sporty muncul dari desain bumper yang dipertegas dengan garis tajam. Selanjutnya di belakang terpasang High Mount Stoplamp dan Shark in Antenna di atapnya.

New Honda City sekarang juga hadir dengan kaca spion yang dilengkapi LED turning signal. Spion ini otomatis mendongkrak aura kemewahan City layaknya sedan-sedan kelas atas. Sistem elektrik membuat pengendara lebih mudah dalam mengatur arah spion dari dalam kabin.

Desain Honda City 2020 Makin Gagah

New Honda City

New Honda City

Secara garis besar, Honda City yang baru meluncur di Thailand sebenarnya banyak berubah tapi garis bodi masih mirip dengan versi 2017. Ubahan desain mencakup bagian bagian depan, belakang, lalu posisi spion yang bergeser. City lebih panjang 113 milimeter (4.553 mm), 53 mm lebih lebar (1.748 mm) dari pendahulunya, tetapi jarak sumbu roda 11 mm lebih pendek (2.589 mm).

Bagian depan menampilkan bentuk Solid Wing sebagai wajah khas Honda terkini dengan lampu depannya yang mirip seperti Honda Civic. Selanjutnya desain lampu belakang kini bergaya sipit dengan teknologi LED Strip yang membuatnya kian berkelas.

Inovasi Mesin Honda City 2020, Bakal Pakai Turbo

Honda City yang dijual di Indonesia berasal dari pabrik Honda di Thailand. Bukan tidak mungkin generasi kelima City yang meluncur di Negeri Gajah Putih akhir tahun lalu bakal masuk ke Indonesia. Pada generasi terbaru, mesin Honda City sudah dibekali turbo namun versi Indonesia yang sekarang masih belum ada.

Mesin Honda City terbaru (Foto: Honda)

Pada versi yang sekarang, Honda City menggunakan mesin 1.5L SOHC i-VTEC. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 118 Hp pada 6.600 rpm dan torsi maksimum 14.8 kg.m pada 4.600 rpm. Sementara pilihan transmisinya tersedia CVT 7 percepatan serta manual 5 percepatan. Tenaga mesin Honda City bisa dibilang sebagai yang terbesar di kelasnya jika dibandingkan degnan sedan kompak sejenis.

Pada generasi terbaru, tidak terjadi penambahan tenaga, namun adanya turbo memangkas kapasitas mesin secara signifikan. Honda City di Thailand dibekali mesin tiga silinder berkapasitas 1.000 cc VTEC TURBO yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 120 hp pada 5.500 rpm dan torsi puncak 173 Nm pada rentang 2.000 rpm hingga 4.500 rpm.

Dengan mesin yang jauh lebih kecil, tentunya konsumsi BBM bisa jauh lebih hemat. Sekalipun kapasitasnya kecil, tenaga yang dihasilkan tetap sama sehingga tidak mengurangi kenikmatan berkendara sebuah sedan.

Interior Honda City, Terluas di Kelasnya

Honda City

Interior pada bagian depan Honda City. Foto/Carmudi Indonesia/Don.

Nama Honda selama ini dikenal sebagai pabrikan yang jago dalam merancang kabin lega. Sekalipun dimensi luarnya biasa saja, namun interior Honda City dirasa terluas di kelasnya. Tidak hanya lega, tapi juga nyaman dan berkesan mewah.

Jok dilapisi oleh bantalan tebal dan dibuat dengan material berkualitas tinggi. Di bagian depan, kita disuguhkan panel dasbor yang dibalut dengan warna baru Gun Metal Garnish mewah. Panel spidometer terdapat Multi Information Display untuk menampilkan berbagai informasi penting saat berkendara.

Tak kalah penting, di bagian setir tersedia tombol cruise control. Pengemudi tinggal pencet tombol dan biarkan kaki beristirahat sejenak untuk tidak menginjak pedal gas saat cruising di jalan tol. Di bagian belakangnya terdapat tuas paddle shift bagi yang ingin merasakan sensasi ala pebalap Formula 1.

Kalau kita ingin merasakan sensasi manual pada varian CVT, tinggal geser tuas perseneling ke posisi S (Sport). Tempatkan jari pada paddle shift di sisi kanan-kiri kemudi untuk mengatur naik-turun transmisi.

Fitur hiburan sedan ini didukung Smart Floating A/V System 8 inci untuk memainkan multimedia dalam berbagai format. Head unit dengan teknologi layar sentuh ini bisa dihubungkan dengan perangkat smartphone iOS dan Android. Pengemudi juga tidak banyak terdistraksi karena audio serta fungsi lainnya bisa diatur dengan mudah melalui Audio Steering Switch pada setirnya.

Kemudian untuk penumpang di belakang kian nyaman karena adanya Rear AC Ventilation dan Rear Armrest with Cup Holder. Kursi belakang Honda City bahkan bisa dilipat dengan konfigurasi 60:40, membuat kabin New Honda City semakin fleksibel untuk berbagai kebutuhan.

Interior Honda City 2020 Bercita Rasa Honda Jazz

Bicara soal Honda City 2020, interiornya mengalami banyak perubahan dari sisi desain. Khusus untuk konsol tengah masih sama dibanding Honda City yang ada sekarang. Posisi cup holder, tuas persneling dan rem tangan pada konsol tengah tampak tidak berubah dari generasi sebelumnya.

Tata letak dasbor City mengalami perbaikan, desainnya terpegaruh desain dasbor milik Honda Jazz. Desain ventilasi AC bergaya vertikal dan setir generasi kelima menganut desain three spoke baru. Perbedaan lain yang hadir pada model terbaru City yaitu ruang kaki yang lebih lebar terutama di baris kedua.

Suspensi Nyaman ala Honda City

Tidak hanya piawai merancang kabin lega, pabrikan yang didirikan oleh Soichiro Honda ini juga terkenal dengan bantingan suspensi yang nyaman namun stabil. Untuk Honda City, sedan ini dilengkapi pula dengan suspensi kokoh dari jenis MacPherson Strut di bagian depan dan H-Shape Torsion Beam di bagian belakang.

Adapun alas kaki sedan kompak ini memakai ban ukuran 185/55 R16 yang membalut pelek Alloy Wheel 16 inci. Kombinasi tadi sangat cukup untuk menahan getaran atau guncangan dan memberi rasa nyaman pengemudi maupun penumpangnya.

Fitur Keselamatan Honda City Bukan yang Terbaik

Honda City memang unggul dalam beberapa poin seperti kenyamanan suspensi dan kabin lega. Namun, sedan kompak andalan Honda ini masih kalah dari sisi fitur keselamatan. Pasalnya, Honda City cuma dibekali dua airbag yang termasuk minim untuk ukuran sedan.

Kemudian untuk fitur keselamatan aktif lainnya didukung fitur keselamatan standar kekinian seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist, Emergency Stop Signal (ESS), Vehicle Stability Assist (VSA), Motion-Adaptive Electric Power Steering (EPS), dan Hill Start Assist (HSA).

Nah, sudah ketahuan kan beda Honda City terbaru dengan model yang sudah ada sekarang. Sayangnya, pihak Honda Prospect Motor (HPM) masih bungkam soal peluncuran Honda City generasi kelima di Indonesia. Tahun 2020 masih panjang, kita hanya bisa berharap Honda City yang meluncur di Thailand juga masuk ke Indonesia.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

KIA Seltos dan Honda HR-V, Mana yang Lebih Nyaman Dikendarai?

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts