Reviews

Review Honda City Hatchback 2021: Layak Jadi Pengganti Jazz?

Pada review kali ini Carmudi akan membahas mengenai Honda City Hatchback 2021.

Honda City Hatchback 2021 memang diplot sebagai pengganti Honda Jazz. Sebab, Honda Jazz sudah resmi dihentikan penjualannya.

Kini tongkat estafet tersebut diambil oleh City Hatchback. Lantas, apakah mobil hatchback satu ini bisa menjadi pengganti sempurna Honda Jazz?

Mobil Baru Maret 2021 review city hatchback 2021

Honda City Hatchback RS, mobil baru yang meluncur diawal Maret 2021 (Foto: Carmudi)

Mobil yang dibuat di Thailand ini memang menjadi perbincangan hangat. Ada yang pro dan ada juga yang kontra.

Terutama mereka yang benar-benar menjadi pecinta sejati dari merek Honda.

Bagi mereka yang pro, City Hatchback dinilai mampu menggantikan Honda Jazz dengan baik. Tetapi bagi mereka yang kontra, Honda City Hatchback dinilai tidak memiliki jati diri; disebut hatchback tetapi dimensinya cukup panjang.

Review Honda City Hatchback 2021

Honda City Hatchback menawarkan daya tarik utama pada kelegaan kabin. Selain itu, City hatchback juga menawarkan konsumen dengan segudang fitur yang lebih banyak dari Jazz.

Di luar dari kedua poin tersebut, ternyata ada satu yang cukup penting, yakni City Hatchback dibekali dengan dapur pacu yang baru.

review city hatchback 2021

Honda City Hatchback menggunakan kode mesin baru. (Foto: Carmudi)

Bahkan, menurut Honda performa mesinnya lebih baik dibanding Jazz. Yuk, kita kupas bersama secara detail tentang mobil yang satu ini.

Performa Mesin Honda City Hatchback 2021

Honda City Hatchback 2021 untuk pasar Indonesia menggunakan mesin berkode L15ZF. Kapasitasnya 1.498 cc, DOHC, i-VTEC.

Tenaga dari mesin tersebut mencapai 119 hp @6.600 rpm dengan torsi maksimal 145 Nm @4.300 rpm. Bagi sebagian orang, hal ini cukup disayangkan sebab City Hatchback versi Thailand ternyata sudah memakai mesin dengan turbo, walaupun kapasitasnya hanya 1.000 cc, 3 silinder, VTEC dengan turbo.

Spesifikasi Mesin Honda City Hatchback 2021

Jenis mesin4 silinder segaris
Kapasitas mesin 1.498 cc
Teknologi DOHC, i-VTEC
Tenaga maksimum 119 hp @6.600 rpm
Torsi maksimum 145 Nm @4.300 rpm
Transmisi Otomatis CVT dan 6 percepatan manual

Tenaga tersebut disalurkan ke roda bagian depan menggunakan transmisi otomatis CVT dan manual 6 percepatan. Uniknya, transmisi manual 6 percepatan ini cuma bisa ditemui untuk pasar Indonesia saja.

review city hatchback 2021

Bahkan di negara pembuatnya Thailand, tidak dijual dalam transmisi manual ini. Hmmm, entah harus bingung atau bangga, ya Carmudian.

Eksterior Honda City Hatchback 2021

Bagaimana dengan eksteriornya? Apa saja kosmetik yang diberikan oleh PT Honda Prospect Motor untuk menarik minat konsumen di Tanah Air?

Dimensi Lebih Panjang

Mobil satu ini punya dimensi yang cukup panjang dan lebar. Hal ini bisa menjadi nada negatif dan juga positif sekaligus.

Di sisi lain, jelas kelegaan kabin menjadi bertambah. Namun di sisi lain, mobil ini tentu tak bisa disebut sebagai mobil yang ukurannya kompak untuk sebuah city car.

Panjang Honda City Hatchback 2021 mencapai 4.349 mm, lebar 1.748 mm dan tinggi 1.488 mm. Jarak sumbu rodanya mencapai 2.600 mm.

City Hatchback RS Indonesia

Tampilan belakang samping Honda City Hatchback RS. (Foto: HPM)

Sebagai perbandingan, Honda Jazz punya panjang 4.035 mm, lebar 1.649 mm dan tinggi mencapai 1.524 mm. Jarak sumbu roda Jazz mencapai 2.530 mm.

Ini artinya dimensi City hatchback jauh lebih lebar dan panjang dari Jazz. Namun, bagi konsumen yang suka dengan mobil kecil, rasanya City dianggap sedikit terlalu panjang secara dimensi.

Desain Bodi Lumayan Oke

Pihak HPM mengklaim jika City berbuntut pendek ini punya karakter yang kuat. Karakter tersebut tertuang dari desain yang sporty, elegan, dan performa mesin yang baik.

Namun jika kita membahas desain, tentu selera yang menjadi urusannya. Masalahnya, selera setiap orang berbeda-beda.

Sehingga tidak ada satu patokan yang fokus ketika membahas selera. Carmudian bisa saja menilai mobil ini bagus secara desain, belum tentu orang lain memberikan nada serupa.

Namun kami setuju jika desain City Hatchback ini sebenarnya cukup keren. Tampilannya cukup menggambarkan karakter mereka yang ingin berjiwa muda.

Lekuk bodi di samping, desain bumper depan dan belakang juga menurut kami cukup oke. Hanya saja kami menilai desain kap mesin dan lampunya kurang sedap dipandang.

Interior Honda City Hatchback 2021

Material Mewah

Di bagian joknya menggunakan kombinasi dari tiga material; kulit, fabric, dan kain bahan suede, sehingga cukup nyaman saat diduduki.

Ketiga material ini juga dipadukan dalam dua aksen warna, yakni merah dan hitam.

Menariknya, konsep jok pada City hatchback ini memakai fungsi ultra seat. Pengguna bisa mengatur 4 mode yang berbeda pada bagian kursinya.

review city hatchback 2021

Interior Honda City Hatchback (Foto: Carmudi)

Bahkan untuk perjalanan jauh, jok penumpang depan kiri bisa direbahkan. Sehingga penumpang depan bisa memposisikan dirinya serasa tidur di kasur.

Keempat mode ini tertuang dalam Utility mode, Tall mode, Refresh mode, dan Long mode. Untuk membawa barang yang ukurannya panjang dan besar pun akhirnya tak menjadi masalah.

Fitur Honda City Hatchback 2021

Lebih Baik dari Honda Jazz

Head unitnya memakai ukuran 8 inci layar sentuh. Lewat head unit ini pengguna mobil bisa menikmati bluetooth, Android auto, Apple car play, radio, USB, dan sistem navigasi.

Ada juga fitur kamera mundur dan multi angle. Fitur ini bisa membantu pengemudi saat mundur. Jika dinyalakan, maka pada layar head unit akan memberikan tampilan mobil dari tampak normal, wide, dan top view.

Masih kurang? Tenang, ada juga fitur cruise control, smart key, start/stop button, audio steering switch, dan handsfree telephone with voice recognition.

Hanya saja yang sangat disayangkan adalah instrumen cluster-nya masih memakai model analog. Padahal versi Malaysia diberikan instrumen cluster yang sudah memakai model digital.

Keamanan Mumpuni

Soal fitur, Honda menanamkan cukup banyak fitur. Sebut saja ada perlindungan rangka G-CON+ACE, airbag 6 titik, rem ABS+EBD, brake assist, brake override system dan vehicle stability assist (VSA).

Masih ada juga fitur hill start assist, sensor parkir, seatbelt reminder, pretensioner load limiter, emergency stop signal, dan APAR atau alat pemadam kebakaran.

Sistem keamanan dari mobil ini juga sudah memakai kunci immobilizer, smart key, keyless entry dan alarm system.

Harga Honda City Hatchback 2021

Mobil yang dikenalkan pada Maret 2021 lalu ini ternyata mendapatkan apresiasi yang baik. Kala peluncuran, Honda membanderol City hatchback ini dengan harga Rp289 juta untuk transmisi manual dan Rp299 juta untuk transmisi otomatis.

Sejak diluncurkan, HPM langsung tancap gas soal penjualan. Yusak Billy, Bussiness Innovation and Sales & Marketing HPM membeberkan jika mobil tersebut melebihi ekspektasi yang ditentukan.

Namun pada bulan depan, harganya diakui akan mengalami kenaikan. Perubahan harga ini mengikuti skema PPnBM yang menjadi 50% pada bulan Juni 2021 mendatang. Hanya saja pihak HPM tidak memberikan informasi detail mengenai kenaikannya.

Honda City Hatchback RS (Foto: HPM)

  • City Hatchback RS MT Rp289 juta
  • City Hatchback RS AT Rp299 juta

Kompetitor Honda City Hatchback

Jika melihat dari harga, kami berpendapat jika City Hatchback ini cukup layak menggantikan Honda Jazz sehingga memiliki kompetitor yang sama.

Toyota Yaris

Toyota Yaris di Indonesia dijual dengan harga Rp248 juta sampai Rp284 jutaan. Secara harga memang harga yang ditawarkan Yaris lebih murah dibanding City Hatchback.

Kia Rio

Kompetitor lain City Hatchback ada Kia Rio yang ditawarkan mulai dari Rp277 juta sampai Rp292 jutaan. Jika melihat dari harga, varian tertinggi Kia Rio menjadi kompetitor terdekatnya.

Namun, ini merupakan pendapat yang kami sampaikan dalam review Honda City Hatchback 2021. Kira-kira menurut Carmudian apakah City Hatchback layak menjadi penerus Jazz? Sampaikan di kolom komentar ya!

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts