Reviews

Review Honda Civic Terbaru 2021, Tampang Lebih Kalem Performa Tambah Galak

Carmudi telah rangkum review Honda Civic terbaru 2021 menyusul peluncuran yang dilakukan PT Honda Prospect Motor (HPM). Review meliputi ulasan desain eksterior, interior, fitur, dan klaim data performa mesin.

Review Honda Civic Terbaru 2021

(Foto: Honda)

Akhirnya PT Honda Prospect Motor (HPM) menghadirkan All New Honda Civic di Indonesia. Banyak hal baru yang bisa dijumpai pada generasi ke-11 sedan sporty tersebut.

Meski kategori sedan kompak bukan yang nomor satu di pasar otomotif Tanah Air, namun di dalamnya diisi produk-produk yang cukup menarik. Salah satunya adalah Honda Civic yang menurut penuturan HPM menguasai 40% pangsa pasar.

Bodi yang kompak, mesin bertenaga, dan tampang sporty berhasil membuat mobil ini menjadi idola para konsumen yang umumnya datang dari kalangan anak muda.

Mobil ini sempat menggebrak pada tahun 2016 ketika Honda Civic untuk pertama kalinya mengusung mesin turbo.

Mesin force induction semacam itu pun kembali bisa ditemui pada generasi berikutnya yang resmi mendarat di Indonesia pada 28 Oktober 2021.

Akan tetapi daya tariknya tidak berhenti sampai di situ saja. Honda Civic terbaru juga dibalut desain anyar pada sisi eksterior dan interior.

Di samping itu, sekarang Honda Civic juga telah dilengkapi fitur keselamatan aktif Honda Sensing sepertinya pada model-model papan atas Honda lainnya.

Harga dan Varian All New Honda Civic

Pada generasi sebelumnya Honda Civic sempat dipasarkan dalam dua varian, yaitu ES dan Prestige. Tapi kini HPM hanya memasarkannya dalam satu varian saja, yakni RS.

Harga All New Honda Civic RS untuk pasar Indonesia berada di angka Rp567.000.000 on the road Jabodetabek.

Harga tersebut artinya mengalami kenaikan sebesar Rp34 juta. Menurut catatan, harga Honda Civic generasi sebelumnya dipatok Rp533.000.000 (September 2021).

Carmudian yang tertarik dengan skema pembelian All New Honda Civic secara kredit, bisa langsung klik tombol di bawah ini.

Simulasi Kredit Honda Civic

Penggunaan label RS bukanlah tanpa alasan. Honda menggunakan kode tersebut untuk varian sporty pada mobil-mobilnya, seperti Brio, Mobilio, City Hatchback, dan Civic versi hatchback.

Maka dari itu rasanya cukup tepat bagi Civic sedan yang sudah memiliki citra sporty dari lahir untuk ikut masuk ke dalamnya.

All New Honda Civic tersedia dalam pilihan warna:

  • Red Metallic (merah),
  • Meteoroid Gray Metallic (abu-abu),
  • Crystal Black Pearl (hitam), dan
  • Platinum White Pearl (putih).
Eksterior Belakang All New Honda Civic

(Foto: Honda)

Eksterior All New Honda Civic

Wujud All New Honda Civic mungkin sudah familiar bagi sebagian orang karena tampangnya sama dengan model yang meluncur di Amerika Serikat dan Thailand beberapa waktu sebelumnya.

Wajah depan mobil ini berubah total. Meski diakui desainnya justru terlihat lebih kalem dibandingkan Honda Civic generasi ke-10 yang nampak sangat agresif.

Generasi Honda Civic

Desain gril atas terlihat lebih simpel dalam satu tarikan garis yang menyatu dengan lampu depan. Tapi justru gril bawah terkesan makin sporty menggunakan bentuk yang lebih besar.

Lampu depan sudah menggunakan LED. Hal tersebut dibarengi penggunaan Daytime Running Light (DRL) LED dan lampu sein LED.

Desain lampu belakang yang dulu mirip bumerang dibuang dan digantikan LED bar memanjang. Pada sisi luarnya memang masih terdapat sudut lancip, namun tidak sedramatis dulu.

Desain pelek All New Honda Civic ikut berubah dan kini hanya dibalut satu warna, yaitu hitam. Walau begitu ukurannya masih menggunakan diameter 17 inci seperti sebelumnya.

Nah, untuk menunjang nilai sporty sebagai varian RS, pabrikan melengkapi mobil ini dengan aero kit berupa trunk spoiler dengan warna piano black.

Fitur lain yang bisa ditemui di eksterior, antara lain foldable mirror, shark fin antenna, dan knalpot ganda seperti pada generasi sebelumnya tetap dipertahankan.

Interior All New Honda Civic

Review Honda Civic terbaru 2021 kali ini tentunya juga akan melihat ke bagian interior. Di sini nampak penggunaan desain dasbor yang benar-benar baru. Elemen paling mencolok adalah panel dengan pola honeycomb yang memanjang secara horizontal.

Di samping itu, kini Honda Civic menggunakan head unit 9 inci model floating. Berbeda dengan head unit sebelumnya yang dipasang dengan cara lebih konvensional.

Sementara itu instrumen panel kini menggunakan layar TFT berukuran 10,2 inci yang menampilkan berbagai informasi berkendara. Selain speedometer dan tachometer, layar ini juga bertugas menyajikan informasi terkait Honda Sensing dan fitur-fitur bantuan berkendara lainnya.

Interior Civic Gen 11 Indonesia

(Foto: Honda)

Pengaturan jok elektris untuk bangku depan tetap dipertahankan. Sisi pengemudi memiliki 8 pengaturan arah sedangkan sisi penumpang 4 pengaturan arah.

Semua jok dilengkapi adjustable headrest dan tentunya menggunakan sabuk pengaman tiga titik. Tak ketinggalan, bangku belakang juga memiliki hand rest untuk menunjang kenyamanan penumpang.

Adapun material yang digunakan untuk membungkus joknya berupa kombinasi antara kulit dan suede.

Fitur standar lainnya di dalam kabin, antara lain 8 buah speaker, dual AC auto, ventilasi AC belakang, rem parkir elektris, spion tengah auto dimming, dan ambient light berwarna merah.

Mesin All New Honda Civic

Mesin Civic Gen 11

(Foto: Honda)

Penampilan baru Honda Civic juga dibarengi meningkatnya performa sedan ini. All New Honda Civic menggunakan mesin 1.498 cc 4-silinder VTEC turbo dengan tenaga tertinggi 175,5 hp @ 6.000 rpm dan torsi maksimum 240 Nm @ 1.700-4.500 rpm.

Data tersebut menunjukkan adanya peningkatan tenaga sekitar 5 hp dari sebelumnya 170,6 hp. Meski demikian, tenaga puncak didapat pada putaran mesin lebih tinggi karena sebelumnya sudah bisa dikail pada putaran mesin 5.500 rpm.

Prediksinya, dengan setting-an baru ini napas All New Honda Civic akan lebih panjang pada putaran atas. Tanpa melupakan performa putaran bawah karena ada perangkat turbo yang siap menunjangnya.

Sementara untuk transmisinya All New Honda Civic mempertahankan tipe CVT. Pengemudi bisa mengoperasikannya melalui paddle shift yang tersedia di balik lingkar setir.

All New Honda Civic juga dilengkapi dengan tiga mode berkendara, yakni Sport, Econ, dan Normal.

Jenis Mesin1.498 cc, 4-silinder, VTEC turbo, DOHC
Tenaga Maksimum175,5 hp @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum240 Nm @ 1.700-4.500 rpm
Diameter x Langkah73,0 mm x 89,5 mm
TransmisiCVT
Sistem PenggerakFWD

Data Spesifikasi Lengkap Honda Civic

Fitur All New Honda Civic

Belum lengkap jika review Honda Civic terbaru 2021 tidak ikut membahas fitur-fiturnya. Karena pada sektor ini pabrikan juga melakukan penambahan dengan porsi yang besar. Mulai generasi ke-11 Honda Civic turut dilengkapi fitur keselamatan aktif Honda Sensing yang paling lengkap.

Di dalamnya terdapat fungsi Collision Mitigation Brake System, Lane Keeping Assist System, Road Departure Mitigation System, Adaptive Cruise Control with Low Speed Follow, Auto High Beam, dan Lead Car Departure Notification System.

Semua itu masih ditambah lagi dengan fitur-fitur keselamatan, seperti Honda Lanewatch, 6 airbag, ABS, EBD + BA, Hill Start Assist, Vehicle Stability Assist, Auto Brake Hold, Emergency Stop Signal, Driver Attention Monitor, dan Seatbelt Reminder untuk semua tempat duduknya.

Honda Smart Key Card Civic

(Foto: Honda)

Tak kalah menarik, mobil ini juga sudah memiliki fitur Remote Engine Start. Ditambah lagi dengan kehadiran Honda Smart Key Card yang disebut berguna memudahkan akses kepada fitur One Push Ignition System, Smart Entry System, dan Walk Away Auto Lock.

Dapat disimpulkan kini Honda Civic menjadi sedan kompak yang makin lengkap dari sisi fitur. Walaupun harganya mengalami kenaikan lebih dari Rp30 juta.

Tapi dengan harga tersebut konsumen akan mendapatkan kendaraan yang fun to drive ditunjang dengan sistem keselamatan lebih baik.

Tertarik dengan All New Honda Civic terbaru? Klik tombol di bawah ini untuk informasi lengkapnya.

Lihat Mobil Honda Civic

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts