Reviews

Review Honda CR-V 2021: Fitur Bertambah Drastis

Review Honda CR-V – Bertambahnya fitur memang menjadi sorotan dalam kehadirannya. Tapi pada review Honda CR-V 2021 kali ini, Carmudi juga akan mengajak kalian melihat perbedaan-perbedaan di setiap sisinya.

Pada Februari lalu New Honda CR-V 2021 resmi hadir untuk konsumen Indonesia. Model ini datang dengan status facelift yang membuat penampilannya sedikit berbeda.

Keberadaan Honda Sensing ramai diperbincangkan. Dilihat sekilas fitur ini memang sangat bernilai karena bisa melakukan banyak hal untuk meningkatkan keselamatan berkendara.

Honda CR-V 2021 mengalami penambahan fitur

Eksterior New Honda CR-V 2021 nampak mendapat sentuhan baru khususnya pada bagian depan. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Tak kalah menarik eksterior juga nampak mendapat sentuhan-sentuhan baru khususnya pada bagian depan.

Lalu interiornya menawarkan kejutan dari penggunaan head unit yang lebih kecil, tapi dengan kelengkapan cukup menawan.

Pilihan mesin tetap tersedia dalam dua jenis, yaitu 2.000 cc SOHC untuk tipe basic dan 1.500 cc DOHC turbo untuk tipe menengah dan paling atas.

Seperti apa lengkapnya? Mari simak ulasannya!

Review Honda CR-V 2021: Eksterior

Honda CR-V 2021 tampak samping

Sisi samping dihiasi desain pelek ring 18 yang baru. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Perubahan pertama di eksterior adalah penggunaan lampu full LED untuk semua tipe.

Bedanya hanya pada bentuk foglamp di mana milik tipe 2.0L bulat, sementara milik 1.5L Turbo dan 1.5L Turbo Prestige dibuat pipih segaris.

Berikutnya ada lampu sein sekuensial yang bikin mobil jadi terlihat modern. Tapi sayangnya untuk fitur ini hanya bisa ditemukan pada tipe tertinggi alias 1.5L Turbo Turbo.

Secara keseluruhan tampang mobil ini memang masih terlihat mirip dengan versi yang meluncur 2017 lalu. Kosmetiknya hanya berubah di beberapa bagian.

Sebut saja grill depan yang sekarang hanya menggunakan aksen krom untuk list wing face. Desain garis-garis pada grille yang dulu juga berubah menjadi honeycomb alias sarang lebah.

Kalau dilihat sekilas tampangnya jadi mirip grille versi Modulo.

Perubahan lain terdapat pada desain bumper depan yang kini diisi panel hitam dan garis krom memanjang dengan patahan tegas di sisi samping. Walhasil mobil jadi terkesan lebih lebar dan agresif.

Melengkapi perubahan kosmetik, desain pelek ring 18 yang dipakai juga terlihat baru.

Review Honda CR-V 2021: Interior

CR-V 2021 bagian interior

Desain dasbor masih identik dengan versi sebelum facelift. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Ukuran head unit New Honda CR-V 2021 menciut jadi 7 inci. Padahal untuk versi sebelum facelift menggunakan ukuran 9 inci.

Walau lebih kecil namun head unit ini adalah bawaan Honda global. Bentuknya identik dengan milik Honda Civic Type R.

Bukan hanya sebagai pemutar media, namun fungsinya merangkap pusat pengaturan fitur-fitur mobil. Mulai dari fitur safety, remote keyless entry, lighting, info maintenance, sampai instrument cluster.

Layar pengaturan AC juga sekarang pindah ke head unit.

Nah, instrument cluster itu sendiri sekarang punya layar TFT 5 inci di tengahnya. Carmudian bisa melihat berbagai informasi ditampilkan di sana.

Contohnya media yang sedang diputar, tachometer, speedometer digital, kecepatan rata-rata, konsumsi bahan bakar, dan sebagainya.

Tidak di semua tipe, layar TFT ini hanya tersedia untuk tipe 1.5L Turbo dan 1.5L Turbo Prestige.

Kemudian di konsol tengah kini ada dua USB port masing 1.0 A dan 1.5 A. Penumpang belakang juga kebagian dua USB port masing-masing 2.5 A.

Sedangkan power outlet hanya tersedia satu buah di dalam box konsol tengah.

Jok Honda CR-V Terbaru

Jok dibungkus bahan kulit untuk tipe tertinggi dengan konfigurasi tiga baris. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Selebihnya, interior masih sama dengan versi sebelum facelift. Dasbor masih diisi panel kayu yang dibuat agak doff. Sementara itu panoramic sunroof yang bisa dibuka-tutup tetap tersedia untuk tipe tertinggi.

Pada tipe tertinggi pula Carmudian akan menjumpai jok berlapis kulit dan konfigurasi bangku tiga baris. Sedangkan untuk tipe 2.0L cukup dengan bungkus jok kain dan konfigurasi bangku dua baris.

Fitur New Honda CR-V 2021

Honda Sensing menjadi sorotan jika bicara fitur New Honda CR-V 2021. Di dalamnya terdapat sejumlah fitur keselamatan aktif yang cukup canggih.

Pertama adalah Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low Speed Follow (LSF). Cruise control model ini bukan hanya bisa mempertahankan kecepatan mobil secara konstan, tapi juga mampu mengikuti kecepatan kendaraan di depan.

Ketika kendaraan di depan berhenti maka mobil juga akan berhenti. Pun begitu saat kendaraan di depan kembali melaju.

Kemudian Collision Mitigation Braking System (CMBS) yang berguna memberi peringatan jika ada potensi benturan dengan kendaraan lain atau pejalan kaki. CMBS juga akan mengurangi kecepatan kendaraan.

Selanjutnya adalah Lane Keeping Assist System (LKAS). Tugas fitur ini memberi peringatan getar dan visual seandainya mobil keluar dari jalur.

Mirip dengan LKAS, Honda Sensing di New Honda CR-V 2021 juga memiliki Road Departure Mitigation (RDM) yang bisa memberikan respons lebih ekstrem ketika mobil keluar jalur tanpa terdeteksi menyalakan lampu sein.

Terakhir adalah Auto High Beam (AHB) yang memiliki fungsi mengatur penggunaan lampu high beam dan low beam secara otomatis.

Lampu high beam otomatis menyala ketika mobil membaca tidak ada kendaraan dari arah berlawanan. Sebaliknya, high beam akan mati dan kembali menyala saat arus berlawanan kembali lengang.

Fitur ini hanya bekerja saat mobil melaju di atas 40 km per jam.

Bukan hanya itu, New Honda CR-V 2021 juga punya beberapa fitur tambahan yang baru.

Remote Engine Start Honda CR-V

Fitur remote engine start menjadi hal baru di Honda CR-V. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Di antaranya remote engine start yang bisa digunakan untuk menyalakan mesin lewat smart key mirip milik Honda Civic Turbo. Kemudian pintu bagasi dapat tambahan sensor gerakan kaki untuk membuka atau menutupnya.

Menarik bukan? Tapi untuk menikmati semua fitur yang telah disebutkan di atas Carmudian mesti memilih tipe 1.5L Turbo Prestige.

Mesin New Honda CR-V 2021

Mesin 4-silinder 1.500 cc turbo DOHC masih menjadi andalan untuk tipe-tipe atas mobil ini. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga hingga 188 Hp @5.600 rpm dan torsi tertinggi 240 rpm @2.000-5.000 rpm.

Pilihan mesin lain untuk tipe di bawahnya adalah 4-silinder 2.000 cc SOHC bertenaga 152 Hp @6.500 rpm dan torsi tertinggi 189 Nm @4.300 rpm.

Tidak ada pilihan untuk transmisi manual. Semuanya menggunakan transmisi otomatis CVT Earth Dream Technology yang kerjanya cukup halus.

Buat Carmudian yang suka berkendara agresif bisa memanfaatkan paddle shift untuk membuat mesin berputar lebih tinggi. Sedangkan kalau mau lebih hemat, New Honda CR-V 2021 tetap dilengkapi mode ECON ditambah Eco Assist.

Mesin CR-V

New Honda CR-V 2021 hanya tersedia dalam pilihan transmisi otomatis CVT. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Harga New Honda CR-V 2021

Semakin bertambahnya fitur untuk tipe tertinggi rupanya juga diikuti harga yang tambah mahal. Perbedaannya sekitar Rp30 jutaan.

Tapi perlu diingat, tipe ini memiliki banyak fitur baru untuk meningkatkan aspek keselamatan berkendara lewat Honda Sensing.

Fitur semacam ini menjadi sangat bernilai jika Carmudian berencana menggunakan mobil sebagai kendaraan keluarga.

Kebetulan, adanya konfigurasi bangku 3 baris pada tipe tertinggi juga mendukung konsep tersebut.

Menurut informasi yang tertera di situs web PT Honda Prospect Motor (HPM), New Honda CR-V 2021 dipasarkan mulai harga Rp489 juta sampai Rp577 juta.

Semakin mahal, tapi kalau melihat jejak rekamnya, Honda CR-V masih masuk jajaran Sport Utility Vehicle (SUV) laris di Indonesia.

Tertarik juga untuk memilikinya?

TipeHarga
New CR-V 2.0L i-VTECRp489.000.000
New CR-V 1.5L TurboRp522.500.000
New CR-V 1.5L Turbo PrestigeRp577.000.000

Keterangan: Data harga diambil pada Senin, 1 Maret 2021. Harga tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts