Reviews

Review Hyundai Staria: MPV Mewah Pesaing Alphard

Review Hyundai Staria 2021 — PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) telah resmi meluncurkan Staria beberapa waktu lalu secara virtual. Untuk tahu mobil ini lebih detail, bisa simak review Hyundai Staria yang telah Carmudi siapkan.

Masuk ke segmen Luxury Multi Purpose Vehicle (MPV), mobil ini punya eksterior yang terkesan futuristik, terinspirasi dari pesawat ruang angkasa. Hyundai Staria ditawarkan dalam dua varian di Indonesia, yaitu Signature 7 dan Signature 9.

Hyundai Staria

(Foto: Carmudi)

Untuk varian Signature 7, dilengkapi dengan tujuh kursi penumpang dan premium relaxation seats di baris bangku kedua. Bangku tersebut dapat direbahkan secara otomatis dan digeser untuk kemudahan akses ataupun memaksimalkan ruang penyimpanan.

Pada varian Signature 9, memiliki sembilan tempat duduk dengan konfigurasi swiveling independent seat. Menariknya, bangku baris keduanya dapat diputar hingga 180 derajat sehingga penumpang dapat berhadapan dengan yang duduk di bangku baris ketiga.

PT HMID memasarkan Staria dalam beberapa pilihan warna, mulai dari creamy white, abyss black pearl, graphite grey metallic, dan shimmering silver metallic.

Bukan hanya eksteriornya, PT HMID juga menyediakan beberapa opsi warna interior Staria, yaitu black one tone embroidered leather dan brown two tone embroidered leather.

Untuk harganya, Staria dijual mulai seharga Rp888 juta.

Review Hyundai Staria 2021

Hyundai Staria 2.2d

(Foto: Carmudi)

Hyundai Staria pada awal peluncurannya cukup menyita perhatian banyak calon konsumen karea desainnya yang menarik dan unik serta fitur-fiturnya canggih.

Bagi Carmudian yang ingin membeli mobil ini, sebaiknya ketahui dulu spesifikasi Hyundai Staria yang telah Carmudi rangkum.

Mesin

Hyundai Staria dibenamkan mesin diesel berkapasitas 2.200 cc, 4 silinder, VGT yang dipasangkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan. Tenaga tertinggi yang dihasilkan dari mesin tersebut adalah 174,5 hp pada 3.800 rpm dan torsi maksimum 430 Nm pada 1.500 hingga 2.500 rpm.

Mesin diesel Hyundai Staria 2.200 cc CRDi 4 silinder, VGT turbocharge (Foto: Carmudi)

Di pasar global, mobil ini sebenarnya juga tersedia dalam pilihan mesin bensin. Tapi melihat minat dan kebutuhan konsumen Tanah Air, PT HMID memutuskan hanya menawarkan tipe mesin diesel.

Untuk menyalakan mesin Staria pun tidak perlu repot, cukup tekan tombol lock dan klik serta tahan tombol remote start, lalu mesin mobil akan menyala.

Ketika mesin menyala, AC di dalam Staria juga akan menyala untuk mendinginkan kabin selama sekitar 10 menit supaya penumpang tidak kepanasan ketika mau masuk mobil.

Jika pada Hyundai H1 suspensi belakangnya memakairigid axle five link coil, Hyundai Staria sudah pakai multi-link. Secara teori, seharusnya suspensi multi-link bisa lebih nyaman dibanding suspensi milik H1.

Spesifikasi Mesin Hyundai Staria
Jenis mesinCRDi 4 silinder, VGT
Kapasitas2.200 cc
Teknologi mesinTurbocharger, intercooler
Tenaga maksimum174,5 hp @ 3.800 rpm
Torsi maksimum430 Nm @ 1.500-2.500 rpm
TransmisiOtomatis 8 percepatan

Eksterior

Jika melihat tampilan luar Hyundai Staria, mobil ini terlihat bongsor. Staria diklaim memiliki ukuran paling besar di antara mobil-mobil sekelasnya. Dari segi dimensi, Staria memiliki ukuran panjang 5.253 mm, lebar 1.997 mm, tinggi 1.990 mm, serta ground clearance (jarak terendah ke tanah) 186 mm.

(Foto: Carmudi)

Jika dibandingkan dengan para pesaingnya, Hyundai Staria terlihat memiliki eksterior yang sangat berbeda. Menurut pihak Hyundai sendiri, eksterior mobil besutannya ini terinspirasi dari pesawat luar angkasa, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Di bagian depan, terdapat gril berbentuk trapesium yang diapit oleh dua buah lampu LED. Lampu tersebut dapat memberikan pencahayaan yang terang saat mobilnya dibawa berkendara di jalan gelap atau berkabut.

Tampilan mobil tersebut semakin elegan dengan adanya penggunaan warna permukaan bernuansa Tinted Brass Chrome dan Dark Chrome (krom gelap). Kedua warna ini tidak hanya disematkan pada gril bagian depan, tapi juga di bagian rangka lampu depan, cover spion luar, serta gagang pintu mobil.

Di bagian samping, terdapat velg (pelek) berukuran 18 inci yang memberikan kesan tangguh pada Staria, sedangkan pada bagian belakang, disematkan lampu kombinasi yang berdiri tegak.

Cover tangki bensin Hyundai Staria. (Foto: Carmudi)

Perlu diketahui bagi para pengguna mobil ini, membuka cover tangki bensin Hyundai Staria cukup mudah. Pengguna hanya perlu menekan bagian cover tersebut saat posisi mobilnya sedang off saat hendak mengisi bensin. Jangan lupa, posisi tangki bensin Hyundai Staria ada di sebelah kiri.

Pihak Hyundai sangat merekomendasikan mobil tersebut menenggak solar PertaminaDex, bukan bahan bakar diesel dari merek lain.

Secara keseluruhan, eksterior Hyundai Staria terlihat futuristik dan unik karena tampilannya berbeda dari mobil lain di kelasnya. Mobil tersebut bisa menjadi pilihan bagi yang suka mobil unik tapi tetap terlihat menarik.

Interior

Review interior Hyundai Staria. (Foto: Carmudi)

Pada bagian interior Hyundai Staria, terlihat adanya fleksibilitas kabin yang baik serta desainnya modern.

Mobil ini sudah didesain dengan garis ujung bawah kaca mobil lebih rendah. Penumpang Staria bisa merasa nyaman saat berada di kabin Staria karena ruang kabinnya terasa lega serta pemandangan luar luas berkat dipadukan dengan panaromic window.

Beralih ke bagian jok penumpang belakang, Staria mempunyai perbedaan untuk dua variannya. Staria Signature 7 telah dibekali dengan jok Premium Relaxation Seat yang bisa diatur secara elektris di baris kedua.

Jok tersebut memiliki fitur tombol yang berfungsi untuk memundurkan kursi ke posisi rebah secara otomatis. Menariknya saat posisi joknya direbahkan, Hyundai mengklaim penumpang dewasa yang duduk di baris ketiga masih bisa duduk dengan nyaman.

Untuk Staria Signature 9, terdapat empat baris jok dan keistimewaan terdapat di jok baris kedua. Jok baris kedua mobil tersebut bisa diputar 180 derajat sehingga menghadap jok baris ketiga. Mobil ini pun dapat digunakan seperti ruang rapat di kantor.

Untuk fleksibilitas, jok Hyundai Staria telah dilengkapi dengan kemampuan long sliding sehingga bisa dirapatkan untuk ruang kargo tambahan.

Sama seperti Hyundai Palisade, Staria sudah dibekali dengan jok serta pendingin dan penghangat tiga level. Penumpang depan dan baris kedua bisa duduk berlama-lama dengan nyaman tanpa merasakan pantat panas akibat duduk lama.

Jika kedinginan, tinggal ditekan penghangatnya. Mau pilih panas atau dingin, semuanya tergantung dari orang yang duduk di baris depan dan tengah.

Audio yang ditanamkan di dalam Staria ini pun tidak main-main karena ada 12 speaker buatan Bose yang memang difokuskan untuk memanjakan telinga pengemudi dan penumpang dalam kabin.

Selain itu, ada fitur Centerpoint Surround Technology yang bisa membuat efek surround dari output audionya. Hal lain yang wajib diketahui oleh para pemilik Staria adalah posisi dongkraknya. Posisi dongkrak Staria berada tepat di bawah kursi pengemudi.

Letaknya berada persis di dekat pijakan kaki sisi pengemudi. Kalau sudah tahu letak penyimpanan dongkraknya, pemilik mobil ini bisa lebih aman saat berkendara.

Fitur-fitur menarik dari Hyundai Staria ini jelas menjadi keunggulan mobil yang diimpor utuh dari Korea Selatan tersebut.

Fitur

Salah satu fitur andalan Hyundai Staria adalah fitur yang disematkan pada pintu sliding-nya.

Pemilik mobil ini tidak perlu repot-repot menekan tombol di anak kunci. Cukup dengan mengantonginya, lalu Carmudian diam di depan pintu sliding Staria selama beberapa detik, dan pintunya akan terbuka otomotis.

Tapi bagi yang tidak suka dengan sistem ini, bisa dimatikan lewat pilihan yang ada di MID. Jadi untuk membuka pintu sliding-nya, bisa dioperasikan secara manual lewat anak kunci seperti mobil lain pada umumnya.

Fitur unik lainnya yang ada di Hyundai Staria ada pada cara membuka pintu dan seluruh jendela. Cukup menekan tombol unlock, nantinya jendela depan, pintu samping, dan bagasi belakang mobil tersebut bakal terbuka.

Tentunya, fitur ini lumayan berguna untuk mengeluarkan udara panas setelah mobil habis terjemur di bawah matahari langsung. Pengguna bisa buka semua jendela mobilnya dan diamkan beberapa saat sampai udara panas benar-benar keluar dari dalam mobil.

Harga Hyundai Staria 2021

(Foto: Carmudi)

Berikut ini adalah daftar harga Hyundai Staria OTR Jabodetabek berdasarkan website resmi Hyundai.

  • Staria Signature 7 Rp1,02 miliar
  • Staria Signature 9 Rp888 juta

Kompetitor

Hyundai Staria dianggap sebagai pesaing berat Toyota Alphard di segmen MPV mewah. Jika membandingkan harga keduanya, Staria ditawarkan dengan harga lebih murah.

Staria ditawarkan seharga Rp888 juta sampai 1,02 miliar, sedangkan Alphard mulai sekitar Rp1,065 hingga Rp1,99 miliar untuk tipe tertinggi.

Baca Juga:

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *