Reviews

Review Kijang Innova Zenix Q Hybrid, Sesuai Ekspektasi?

Masih laporan dari sesi test drive beberapa waktu lalu, kali ini kami akan mencoba mengulas (review) Toyota All New Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid alias varian top of the line Innova generasi terbaru.

Adapun sebelumnya kami sudah membahas mengenai impresi berkendara Innova Zenix tipe V yang menurut kami merupakan “sahabat terbaik” di jalan tol.

Fitur hiburan yang dihadirkannya mampu mengakomodasi kenyamanan untuk perjalanan jarak jauh. 

Test Drive Kijang Innova Zenix Q Hybrid TSS

Review dilakukan dari hasil percobaan kami saat sesi media test drive bersama Toyota beberapa waktu lalu.

Berikut ini laporannya.

Impresi Penumpang Belakang

Kami mendapatkan kesempatan untuk mencicipi Toyota All New Kijang Innova tipe Q Hybrid ini sejak dari rest area KM379A Gringsing, Jawa Tengah hingga Semarang dan berakhir di Yogyakarta.

Pada saat mendapatkan kesempatan ini, kami sangat ingin mencoba duduk menjadi penumpang di baris kedua. 

Maklum saja, adanya panoramic sunroof dan ottoman elektrik membuat kami penasaran ingin mencoba. 

test drive review zenix hybrid

Review Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid

Rasa penasaran kami semakin dalam ketika Toyota menambahkan rear seat entertainment (RSE) di belakang jok depan. 

Di dalam fitur tersebut terdapat hiburan yang sangat berguna, terutama untuk perjalanan jauh. Beberapa di antaranya ada YouTube, Netflix, Spotify, dan media untuk melihat foto, lagu, maupun video.

Coba bayangkan, adanya hiburan tersebut tentu akan membuat Anda semakin ingin duduk di baris kedua. 

Sebelum mobil bergerak menuju kota Semarang, tentu kami mencari posisi duduk ternyaman. Jok kami atur paling mundur dengan posisi kursi baris ketiga dilipat guna membawa barang.

Ruang kaki dan kepala terasa sangat luas dan nyaman. Pengaturannya bisa dilakukan menggunakan tenaga manusia, alias masih manual.

Namun, Innova Zenix tipe Q Hybrid sudah dilengkapi dengan ottoman yang bisa disetel elektrik. Fitur ini cukup lumrah ditemui di mobil mewah dengan harga di atas Rp1 miliaran.

Review Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid

Rear seat entertainment (RSE) yang mampu memanjakan penumpang baris kedua

Salah satu fungsinya yakni untuk menyangga kaki agar bisa selonjoran dengan nyaman layaknya duduk di sofa rumah.

Seluruh material jok sudah dilapis dengan bahan kulit yang cukup nyaman diduduki. Jok baris kedua juga dilengkapi dengan arm rest, tempat penyimpanan yang cukup besar di bagian tengah, cup holder, dan head rest yang bisa disesuaikan.

Kebetulan, saat kami melanjutkan perjalanan menuju Semarang sudah memasuki pukul 15.00 WIB yang mana tidak terlalu panas. Tanpa pikir panjang, panoramic sunroof yang menjadi primadona mobil ini pun kami buka.

Ketika penutup panoramic sunroof dibuka, kabin terasa lebih lega dan mewah. Hal ini menjadi salah satu yang kami suka ketika duduk di belakang sembari memandangi butiran air hujan yang saat itu menyambut kedatangan kami.

Review Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid

Review Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid

Walaupun duduk di baris kedua, penumpang juga bisa mengatur besar-kecilnya semburan AC. Khusus penumpang belakang, kisi-kisi AC terdapat di sisi kiri dan kanan atas plafon.

Sayangnya posisi kisi-kisi ini kami rasa menjadi salah satu kekurangan mobil ini. Sebab, semburan AC langsung mengarah ke kepala bagi saya yang memiliki postur 172 cm.

Jika saja kisi AC ini dibuat lebih mundur, tentu akan lebih baik lagi. 

Suspensi Nyaman

Satu hal yang kami rasakan ketika menggunakan Innova Zenix tipe Q Hybrid saat test drive review, yakni suspensinya yang jauh lebih nyaman dibanding tipe V yang kami pakai sebelumnya.

Secara struktur seluruh kaki-kaki yang digunakan oleh Innova Zenix tipe apa pun bisa dibilang sama. Di bagian depan mengandalkan MacPherson Strut dan Torsion Beam di belakang. 

Untuk tipe V yang kami pakai sebelumnya menggunakan pelek 17 inci yang dibalut ban215/60, sementara tipe Q Hybrid yang kami pakai peleknya lebih besar yakni 18 inci dengan ban 225/50.

spk innova zenix

Review Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid

Jika mengacu secara teori, kenyamanannya tentu akan sedikit berkurang. Namun kenyataannya, tipe Q Hybrid justru jauh lebih nyaman karakter suspensinya.

Kami sempat menduga jika empuknya bantingan suspensi ini diakibatkan oleh adanya baterai yang membuat bobotnya menjadi lebih berat. Sehingga suspensinya terasa lebih mantap untuk menahan bobot mobil. 

Empuknya suspensi ini kami rasakan ketika kami beberapa kali menghantam sambungan jalan tol dan jalan rusak di tol Trans Jawa. Hasilnya cukup di luar dugaan kami yang mana terasa sangat nyaman.

Jika dibandingkan, karakter Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid ini memang tidak seempuk Innova Reborn, tetapi sedikit lebih keras. 

Tanpa terasa kami pun akhirnya tiba di hotel Padma Semarang dan melanjutkan perjalanan keesokan harinya.

Konsumsi BBM

Di keesokan harinya, kami melanjutkan perjalanan menuju Tip Tap Toe di Yogyakarta. Rute kami melewati untuk test drive review Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid terdiri dari Kopeng, Ambarawa, Secang, dan Sleman.

Sepanjang perjalanan menuju Yogyakarta kontur jalan yang akan kami hadapi tentu jalan menanjak. Alhasil kami tak berekspektasi terlalu tinggi untuk mengetes konsumsi BBM, namun setidaknya ingin menjawab rasa penasaran saja.

Sebagai gambaran, dari Semarang menuju Tip Tap Toe di Yogyakarta berjarak sekitar 115 km. Rutenya pun banyak menggunakan jalur biasa dibanding tol.

Ketika mobil melaju, kami merasa jika mesin dan tenaga yang disalurkan terasa jauh lebih halus dibanding tipe V. Namun hal ini kami rasa wajar saja lantaran mesin antara non hybrid dengan hybrid berbeda walaupun basisnya sama.

Mesin Toyota All New Kijang Innova Q Hybrid TSS

Kode mesin  M20A-FXS
Kapasitas  1.987 cc
Jumlah silinder 4 silinder segaris
Teknologi  16 valve, DOHC, chain drive, Dual VVT-i
Tenaga mesin bensin 149,9 hp @6.000 rpm 
Tenaga motor listrik  111,4 hp 
Torsi mesin bensin 187,3 Nm @4.400-5.200 rpm
Torsi motor listrik  205,9 Nm 
Transmisi  Otomatis CVT
Kapasitas tangki BBM 52 liter

Mesin dengan kompresi 1:14 ini ternyata memiliki angka konsumsi BBM kombinasi di kisaran 1:12 km/liter. 

Jika berbicara konsumsi BBM, tentu mesin generasi terbaru Kijang Innova ini lebih irit 20-40% dibanding Innova Reborn. 

Versi mesin hybrid tentu akan jauh lebih maksimal dan irit ketika digunakan dalam kemacetan. Sebab, mesin bensin akan bekerja ketika mobil sudah melaju lebih dari 50 km/jam.

Sementara ketika di kemacetan, motor listrik akan mengambil alih komando guna menjalankan mobil. 

Makanya ketika digunakan dalam kecepatan tinggi atau pun luar kota, konsumsi BBM-nya tak jauh berbeda dibanding non hybrid. Tapi kalau sudah di kemacetan, Innova Zenix hybrid boleh membusungkan dada.

Pemilik juga tak perlu khawatir dengan baterai. Sebab Toyota memberikan garansi baterai hingga 8 tahun pemakaian atau 160.000 km mana yang tercapai lebih dulu.

Oh iya, pengemudi juga bisa mengatur mode berkendara dengan menekan tombol yang ada di sebelah tuas transmisi. 

Fitur Keamanan dan Keselamatan

Pada Innova Zenix tipe Q Hybrid sudah dibekali dengan fitur canggih Toyota Safety Sense (TSS). Dalam fitur tersebut ada beberapa fitur seperti di bawah ini. 

  • Pre-collision system 
  • Dynamic radar cruise control (adaptive)
  • Lane departure alert 
  • Lane tracing assist 
  • Automatic high beam

Kelima fitur tersebut tentu sangat membantu pengendara. Salah satunya adaptive cruise control yang kami gunakan ketika di jalan tol.

Pengemudi hanya perlu mengaktifkan fitur tersebut lewat tombol yang ada di setir. Ketika sudah menyala, mobil akan mengikuti kecepatan dengan mobil di depan bahkan saat mobil depan menurunkan kecepatan. Ini asik sih!

Di samping itu Toyota juga masih memberikan vehicle stability control, 6 buah airbag di depan dan samping, panoramic view monitor, blind spot monitor, dan hill start assist yang ditanamkan pada platform TNGA-C.

Kesimpulan Review Kijang Innova Zenix Hybrid

Test drive jarak jauh yang kami lakukan pada Toyota All New Kijang Innova Zenix tipe V dan Q Hybrid akhirnya menutup rasa penasaran kami.

Terlebih tipe Q Hybrid yang membuat kami terbuai ketika duduk di jok captain seat. Perangkat hiburan dan kenyamanan yang diberikan terasa sangat mantap, khususnya untuk perjalanan jauh.

Head unit yang digunakan pada tipe Q dan V juga baru, berukuran 10 inci dengan konektifitas smartphone. Penumpang juga bisa menyambungkan lewat bluetooth, voice recognition, dan mengecek saldo kartu elektronik lewat NFC.

Suspensi yang kami rasakan ketika menggunakan tipe Q Hybrid juga lebih empuk dibanding tipe V. Sayangnya kami tak bisa mengkonfirmasi hal tersebut lantaran saat test drive tak ada tim teknis TAM yang hadir.

Setidaknya inilah gambaran yang akan didapatkan oleh para pembeli Kijang Innova generasi ketujuh. Sekadar informasi, Toyota All New Kijang Innova tipe Q Hybrid TSS dijual dengan harga di bawah ini.

  • Kijang Innova Zenix 2.0 Tipe Q HV CVT TSS Non Modellista (Non Premium Color): Rp601,15 juta
  • Kijang Innova Zenix 2.0 Tipe Q HV CVT TSS Non Modellista (Premium Color): Rp604,15 juta
  • Kijang Innova Zenix 2.0 Tipe Q HV CVT TSS Modellista (Non Premium Color): Rp611 juta
  • Kijang Innova Zenix 2.0 Tipe Q HV CVT TSS Modellista (Premium Color): Rp614 juta

Penulis : Rizen
Foto: Dok. Toyota
Editor : Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play StoreDownload Carmudi di App Store

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts