Reviews

Review Lengkap Daihatsu Sirion 2022, Fitur Makin Banyak

Daihatsu Sirion generasi terbaru telah diluncurkan di Indonesia pada 2 Juni 2022. Mobil ini ditawarkan mulai seharga Rp227,6 juta OTR (On The Road) Jakarta.

Mengusung tema “The Real Perfection”, Daihatsu Sirion terbaru hadir dengan tiga perubahan utama, yaitu mempunyai desain stylish, fitur kekinian dan fun to drive, serta peningkatan kenyaman berkendara.

Daihatsu New Sirion

Tampilan Daihatsu Sirion terbaru yang mengalami pembaruan. (Foto: Santo/Carmudi)

Mobil ini sebenarnya sudah diprediksi akan meluncur dalam waktu dekat di Indonesia.

Sebelumnya, ada nama Sirion dengan keterangan tambahan “CVT’ di halaman NJKB Samsat Jakarta. Sebagai informasi, Sirion yang sejauh ini dipasarkan di Tanah Air mengandalkan transmisi otomatis 4-percepatan.

Transmisi tersebut termasuk salah satu pembaruan pada Perodua Myvi. Seperti diketahui, Perodua Myvi merupakan kembaran Daihatsu Sirion yang dipasarkan di Malaysia. Mobil ini sudah mendapat penyegaran lebih dulu.

Mengenai harganya, Perodua Myvi ditawarkan mulai 45.700 sampai 58.800 ringgit Malaysia. Jika dikonversi ke dalam rupiah, harganya sekitar Rp152 – 195,5 juta.

Tentang Daihatsu Sirion

Daihatsu tipe R tampilan belakang

Daihatsu Sirion terbaru telah diluncurkan di Indonesia. (Foto: Santo/Carmudi)

Seperti diketahui sebelumnya, Daihatsu Sirion terbaru telah diluncurkan di Tanah Air. Mobil tersebut ditawarkan dalam dua varian, yaitu R CVT dan X CVT.

Daihatsu Sirion terbaru terlihat lebih segar dan modern dengan mengalami berbagai permbaruan pada bagian eksterior, interior, hingga transmisinya.

Mobil ini telah dilengkapi dengan transmisi baru. Jika model sebelumnya, dibekali pilihan transmisi matik konvensional (AT) dan manual (MT), kini hanya dilengkapi transmisi matik jenis D-CVT.

Pihak Daihatsu sendiri mengklaim transmisi tersebut lebih responsif dan bisa meningkatkan akselerasi berkendara. D-CVT ini tidak hanya memakai puli dan sabuk baja, namun juga dilengkapi rangkaian gigi tambahan dan planetary gear (gigi planet).

Selain itu, Sirion terbaru turut dilengkapi dengan berbagai fitur yang lebih canggih dan modern. Jika menelusuri sejarah Daihatsu Sirion di Indonesia, mobil ini sudah eksis lebih dari 14 tahun.

PT ADM (Astra Daihatsu Motor) selaku Agen Pemegang Merek (APM) Daihatsu di Tanah Air pertama kali meluncurkan Sirion pada 2007 lalu yang didatangkan secara utuh alias CBU (Completely Built-Up) dari Malaysia dan masuk ke segmen city car.

Di Malaysia, mobil ini dikenal dengan nama Perodua Myvi. Meski merupakan produk CBU impor, Sirion nyatanya masih eksis hingga kini.

Bahkan, telah diluncurkan generasi terbarunya dengan tampilan yang lebih stylish, sehingga dinilai dapat menarik minat konsumen untuk membelinya.

Ada lima pilihan warna Daihatsu Sirion terbaru 2022 yang dapat dipilih konsumen sesuai keinginan, antara lain Icy White Solid, Electric Blue Metallic, Lava Red Metallic, Granite Grey Metallic, dan Glittering Silver Metallic.

Harga Daihatsu Sirion 2022

Seperti diketahui, terdapat nama Sirion pada halaman NJKB Samsat Jakarta sebelumnya.

Di halaman tersebut, terlihat ada Sirion varian 1.3 X CVT yang memiliki harga NJKB Rp160 juta dan Sirion 1.3 R CVT dengan harga NJKB Rp167 juta.

Perlu diingat, NJKB adalah harga ‘mentah’ di mana belum ditambah pajak dan beberapa biaya lainnya. Dengan demikian, harga Sirion terbaru yang ditawarkan pada konsumen pasti lebih mahal.

Berikut ini adalah daftar harga Daihatsu Sirion terbaru 2022.

Varian Harga
Daihatsu Sirion X CVT Rp227,6 juta
Daihatsu Sirion R CVT Rp236,8 juta

Jika dibandingkan dengan model sebelumnya, harga Daihatsu Sirion terbaru di atas mengalami kenaikan hingga belasan jutaan rupiah. Harga ini disesuaikan dengan pembaruan yang diberikan Daihatsu pada Sirion.

Spesifikasi Mesin Daihatsu Sirion 2022

Mesin Daihatsu Sirion terbaru 2022. (Foto: Santo/Carmudi)

Mengenai mesin pada Daihatsu Sirion terbaru, semua varian mobil ini dibenamkan mesin yang sama.

Mesinnya yaitu 1NR-VE berkapasitas 1.329 cc, 4 silinder, DOHC, Dual VVT-i yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 93,7 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimum 119 Nm di putaran mesin 4.200 rpm.

Selain itu, Sirion terbaru mengandalkan transmisi matik jenis D-CVT seperti yang sudah diketahui di atas.

Mesin Daihatsu Sirion 2022
Mesin 4 silinder
Teknologi Mesin DOHC
Kapasitas mesin 1.329 cc
Tenaga Maksimum 93,7 hp @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum 119 Nm @ 4.200 rpm
Transmisi D-CVT

 Eksterior Daihatsu Sirion Terbaru

Daihatsu sirion terbaru facelift 2022

Eksterior Daihatsu Sirion terbaru tipe R. (Foto: Santo/Carmudi)

Eksterior Daihatsu Sirion telah mengalami penyegaran pada beberapa bagiannya. Tampilan luar mobil ini kini terkesan lebih stylish serta sporty.

Dimensi

Daihatsu Sirion terbaru mempunyai ukuran dimensi panjang 3.895 mm, lebar 1.735 mm, tinggi 1.525 mm, dan wheelbase atau jarak sumbu roda 2.500 mm, serta ground clearance (jarak terendah ke tanah) 150 mm.

Desain Bodi

Tampilan luar Sirion terbaru yang terlihat lebih sporty dari model sebelumnya berkat adanya tambahan aero kit. Mobil tersebut juga sudah disematkan desain bumper depan, headlamp, serta black outer mirror baru yang menambah kesan sporty serta advance energetic pada mobil ini.

Beralih ke bagian samping Sirion terbaru, terdapat garis-garis yang terkesan halus di mana memperkuat kesan stylish pada mobil tersebut. Selain itu, mobil ini sudah mengandalkan velg atau pelek berukuran 15 inci.

Fitur Eksterior

Sirion terbaru turut dilengkapi dengan berbagai fitur yang lebih modern. Terdapat high mounth stop lamp yang menempel pada spoiler belakang, di mana berfungsi sebagai tanda jika mobil mengerem atau berhenti.

Dengan adanya fitur ini, keselamatan pengguna Sirion terbaru lebih terjamin. Selain itu, mobil tersebut juga sudah disematkan black outer mirror baru yang sudah dilengkapi auto folding.

Pengguna pun tak perlu membuka ataupun menutup spion mobilnya secara manual.

Interior Daihatsu Sirion Terbaru

Interior Sirion terbaru juga terkesan stylish dan dinilai dapat memberi kenyamanan bagi pengemudi serta para penumpang saat berkendara.

Konfigurasi Kabin

Daihatsu Sirion terbaru termasuk city car 5-seater yang berarti dapat memuat hingga lima orang. Meski terlihat kecil, kabinnya tetap terasa cukup luas sehingga memberi ruang gerak yang cukup leluasa bagi pengemudi serta penumpang.

Fitur Hiburan

Sirion terbaru telah dibekali fitur yang cukup canggih pada ruang kabinnya. Terdapat meter cluster Multi Information Display (MID) berdesain modern yang dapat memberi beragam informasi penting bagi pengguna.

Tak ketinggalan, terdapat juga head unit yang bisa terkoneksi ke smarphone.

Fitur Kenyamanan

Selain fitur hiburan, Sirion terbaru juga sudah dilengkapi dengan berbagai fitur kenyamanan untuk para pengguna mobil ini.

Mobil tersebut telah dibekali air purifier yang berguna untuk memberi sirkulasi udara lebih bersih di kabin mobil. Ada pula digital AC agar suhu di kabin tetap sejuk.

Tak ketinggalan, mobil ini turut memiliki cukup banyak tempat di mana tersedia untuk pengguna yang ingin menaruh barang di dalam mobilnya. Terdapat glove box di bagian depan, seat back pocket, dan lain-lain.

Bahkan, ada tempat untuk menaruh botol minuman di sisi pintu Sirion terbaru. Pada bagian pengemudi, terdapat setir kemudi yang bisa tilt (atas – bawah) untuk mendapatkan posisi berkendara yang nyaman.

Sayangnya, setir kemudi ini belum dapat teleskopik (kiri – kanan). Namun, hal ini tidak menjadi masalah, mengingat harganya yang cukup terjangkau.

Adapun Sirion terbaru juga sudah dilengkapi beragam fitur keamanan dan keselamatan handal, seperti salah satunya Speed Sensing Door Lock yang akan mengunci pintu mobil secara otomatis saat mobil berkendara dalam kecepatan tertentu.

Selain itu, ada pula fitur Hill Start Assist (HSA) yang berfungsi untuk mencegah mobil berjalan mundur saat berada di jalan tanjakan.

Terdapat juga Idle Stop System untuk mematikan kinerja mesin mobil secara otomatis saat kondisi mobilnya sedang berhenti. Dengan adanya fitur ini, dapat menghemat konsumsi bahan bakar.

Pengguna pun dapat mengaktifkan ataupun menonaktifkan fitur tersebut sesuai kebutuhan. Sirion terbaru turut dibekali berbagai fitur keselamatan standar berupa front and side airbag di bangku baris depan, seatbelt reminder, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake force Distribution (EBD), dan lain-lain.

Desain Interior

Tampilan interior Daihatsu Sirion terbaru yang telah diluncurkan di Indonesia. (Foto: Santo/Carmudi)

Interior Daihatsu Sirion terbaru terkesan stylish dengan didominasi warna hitam yang juga memberi kesan modern. Kursi mobil ini sendiri telah memiliki corak baru yang membuat interior mobilnya semakin terlihat stylish.

Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Sirion 2022

Daihatsu Sirion terbaru yang diluncurkan pada 2022 mempunyai beragam kelebihan dan kekurangan. Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari mobil tersebut.

Kelebihan

  • Harga Cukup Terjangkau

Kelebihan pertama dari Daihatsu Sirion terbaru adalah semua variannya ditawarkan dengan harga yang cukup terjangkau bagi semua kalangan konsumen, di bawah Rp300 juta.

Seperti diketahui di atas, mobil tersebut dijual seharga Rp227,6 juta untuk varian terendah dan Rp236,8 juta untuk varian tertinggi.

  • Menggunakan Transmisi D-CVT

Kelebihan kedua dari Sirion terbaru adalah dilengkapi dengan transmisi matik D-CVT, di mana diklaim lebih responsif serta meningkatkan akselerasi saat berkendara.

  • Dilengkapi Berbagai Fitur Cukup Canggih

Seperti diketahui juga, Sirion terbaru telah dilengkapi dengan beragam fitur yang cukup lengkap dan canggih. Mobil ini sudah dibekali dengan digital AC dan air purifier agar pengguna tidak merasa kepanasan saat berkendara.

Ada pula fitur-fitur untuk menjamin keselamatan pengemudi serta para penumpang seperti HSA, airbag, ABS, EBD, dan sebagainya.

Kekurangan

  • Tenaga Mesin Biasa

Tenaga mesin dari Daihatsu Sirion terbaru terbilang biasa. Tenaga mesin mobil ini hanya sebesar 93,7 hp dengan torsi 119 Nm.

Kompetitor Daihatsu Sirion Terbaru

Daihatsu Sirion terbaru 2022 punya pesaing kuat di kelasnya, yaitu Honda Brio.

FAQ

  1. Berapa harga Daihatsu Sirion terbaru 2022?

Harga Daihatsu Sirion terbaru 2022 mulai Rp227,6 juta sampai Rp236,8 juta OTR Jakarta.

  1. Apa transmisi yang digunakan Daihatsu Sirion terbaru?

Daihatsu Sirion terbaru telah menggunakan transmisi matik D-CVT yang diklaim lebih responsif.

  1. Apa saja fitur keselamatan yang disematkan pada Daihatsu Sirion terbaru?

Daihatsu Sirion terbaru telah disematkan berbagai fitur keselamatan yang cukup lengkap, antara lain HSA, ABS, EBD, dan lainnya.

  1. Apa saja pilihan warna Daihatsu Sirion terbaru yang ditawarkan?

Daihatsu Sirion terbaru ditawarkan dalam lima pilihan warna:

  • Icy White Solid
  • Electric Blue Metallic
  • Lava Red Metallic
  • Granite Grey Metallic
  • Glittering Silver Metallic.

Simak juga video review Daihatsu Sirion terbaru 2022 dari Carmudi berikut ini:

Penulis: Nadya Andari
Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts

/