Mobil

Mengupas Lengkap Toyota Corolla Cross

review toyota corolla cross

Toyota Corolla Cross (Foto: TAM)

Jakarta – Review lengkap kali ini akan membahas mengenai Toyota Corolla Cross yang merupakan SUV diluncurkan pada Agustus 2020 lalu. Walaupun ini adalah versi SUV dari sedan Corolla, ternyata respons masyarakat Indonesia cukup baik.

Mengapa bisa dibilang demikian? Pasalnya penjualan mobil ini sejak 2 bulan peluncurannya termasuk cukup tinggi. Kurang dari 2 bulan, Toyota Corolla Cross sukses terjual sebanyak 500 unit.

Mungkin banyak yang bertanya-tanya, apakah mobil ini sesuai ekspektasi untuk memiliki sensasi fun to drive? Ataukah hanya sebatas imajinasi belaka? Berikut kami sampaikan review lengkap mengenai Toyota Corolla Cross.

Tipe Toyota Corolla Cross

Sebelum membahas rasa berkendaranya, ada baiknya mengetahui dulu tipe yang dijual di Indonesia. Toyota Astra Motor (TAM) hanya menawarkan dua pilihan tipe saja untuk Corolla Cross.

review toyota corolla cross

Toyota Corolla Cross (Foto: TAM)

Tipe pertama yaitu Corolla Cross 1.8 A/T dengan mesin bensin yang dijual seharga Rp457,8 juta, dan Corolla Cross hybrid (HEV) 1.8 A/T dengan harga Rp497,8 juta. Keduanya merupakan mobil yang didatangkan langsung dari Thailand.

Bahkan untuk tipe hybrid bisa dibilang menjadi mempunyai harga termurah yang ada di Indonesia. Karena harga tipe hybrid masih ada di bawah harga Toyota C-HR.

Performa Mesin Toyota Corolla Cross

Karena mobil ini mengusung platform Toyota New Global Architecture (TNGA) maka rasa berkendaranya pun sangat khas. Meskipun banyak yang bilang karakter TNGA membuat mobil ini terasa kaku namun tetap nyaman digunakan.

Pada mesinnya sendiri memakai mesin berkode 2ZR-FE. Mesin ini punya kapasitas 1.798 cc, 4 silinder, DOHC, VVT-i.

Tenaga yang bisa dihasilkan mesin ini mencapai 139 hp dengan torsi maksimum 171 Nm. Transmisi yang dipakai menggunakan otomatis dengan CVT.

review toyota corolla cross

Ruang mesin Toyota Corolla Cross hybrid (Foto: TAM)

Lantas, bagaimana karakter mesinnya? Berdasarkan review Carmudi Toyota Corolla Cross, mesinnya punya karakter yang sangat halus. Bahkan saking halusnya mesinnya hampir tidak terdengar.

Karakter mesinnya cukup galak untuk putaran bawah sampai tengah. Walaupun di bagian atas sebenarnya terasa linear dan sedikit hambar tapi tak masalah.

Toh mobil ini diperuntukkan bukan untuk kecepatan. Melainkan bertujuan untuk mobilitas yang tinggi di perkotaan maupun di pinggiran kota.

Cukup menarik dari mobil ini adalah konsumsi bahan bakarnya yang luar biasa irit. Pada pemakaian dalam kota mobil ini bisa mencatatkan angka hingga 20 km per liter sampai 22 km per liter untuk 1 liter bahan bakar untuk di dalam kota. Wow!

Mesin hybridnya cukup canggih, karena mempunyai system untuk mengkonversi energy kinetic untuk disimpan menjadi tenaga.

review toyota corolla cross

Interior Toyota Corolla Cross (Foto: TAM)

Contoh pada saat berjalan maupun mengerem dijadikan tenaga untuk disimpan ke dalam baterai listriknya. Luar biasa banget kan? Jelas ini adalah hal yang mampu membuat pemiliknya tersenyum senang. Apalagi Jakarta merupakan salah satu kota termacet di Indonesia.

Suspensi Toyota Corolla Cross

Suspensi di bagian depan memakai MacPherson Strut, sedangkan di bagian belakang memakai Torsion Beam. Paduan ini membuat rasa nyaman cukup terasa.

Bantingan mobil ini terasa cukup empuk walaupun agak terasa sedikit keras di bagian belakang. Tapi untuk digunakan di perkotaan rasanya masih sangat nyaman. Apalagi bentuk joknya yang dibuat memeluk badan.

Suspensi ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat handlingnya cukup mumpuni untuk melibas berbagai tikungan. Tapi ingat, ini bukanlah mobil balap.

review toyota corolla cross

Toyota Corolla Cross (Foto: TMC)

Jadi jangan berpikir kalau mobil ini punya handling yang sangat baik dengan membawanya berbelok dalam kecepatan tinggi. Tetap ada gejala body roll walaupun sedikit dan masih masuk ke dalam kategori wajar.

Punya Fitur Simpel tapi Sangat Berguna

Salah satu fitur yang menarik dan sangat berguna ada pada head unitnya yaitu dengan dibekali pengingat dan pendeteksi. Hal pertama kenapa kami sebut pengingat? Karena pada saat mobil baru dinyalakan di bagian tengah head unit keluar pengingat tanggal serta system ganjil-genap.

Dan yang kedua adalah punya fitur pendeteksi emoney. Jadi pemilik mobil bisa melihat saldo emoney yang ada pada kartu emoney miliknya.

Kedua fitur ini boleh jadi fitur yang simple tapi sangat berguna. Bahkan kita juga setuju kalau fitur ini sangat sulit ditemukan di mobil yang ada di Indonesia.

Moonroof

Untuk semua tipe sudah dibekali dengan moonroof. Moonroof ini jadi salah satu fitur bergengsi yang ada di mobil 5 penumpang ini.

Karena sebuah SUV biasanya digunakan untuk mengakses berbagai daerah. Salah satu wilayah yang asik dipakai menggunakan SUV adalah pegunungan.

Di pegunungan ini kalian bisa menikmati udara segar tanpa harus membuka kaca jendela. Cukup perlu membuka moonroof dan voila! Kabin jadi sejuk.

interior toyota corolla cross

Toyota Corolla Cross (Foto: TMC)

Nah itu dia review singkat kami mengenai Toyota Corolla Cross yang ada di Indonesia. Dengan harga di bawah Rp500 jutaan sedikit, mobil ini tetap layak dibeli kok.

Lantas, apakah sesuai ekspektasi? Kami setuju kalau Toyota Corolla Cross ini punya kenyamanan yang sesuai ekspektasi.

Apalagi performa mesin dan konsumsi bahan bakarnya yang luar biasa oke. Bisa dijadikan mobil harian dengan konsumsi bahan bakar yang irit pastinya bikin pemilik jadi senang.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

 

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts