Reviews

Review Mitsubishi Galant: Sedan Kencang dengan Harga Bekas Murah

Review Mitsubishi Galant Bagi mereka yang lahir di era 1980-an dan 1990-an, nama Mitsubishi Galant akan sangat identik dengan sedan asal Jepang yang punya performa kencang.

Mitsubishi Galant punya desain yang sporty, pilihan mesin 4 silinder dan V6 serta performanya yang tinggi menjadikan Mitsubishi Galant sebuah mobil idaman.

Apalagi bagi kaum adam, bisa memiliki Mitsubishi Galant baru di era tersebut rasanya adalah impian karena pada era 1990-an hingga 2000-an awal merupakan era keemasan dari kendaraan jenis sedan.

review mitsubishi galant

Sekarang, mobil sedan tak lagi menjadi primadona seperti dulu, terlebih bagi masyarakat Indonesia.

Salah satu alasannya adalah kepraktisan dan kapasitas muat. Bagi orang Indonesia mobil yang benar adalah mobil yang bisa memuat banyak penumpang.

Kata-kata seperti ini masih sering terlontar bagi sebagian orang hingga akhirnya kepopuleran sedan terus menurun dan kurang diminati.

Tetapi, akibat pandemi ini banyak orang membeli mobil 90’s atau era 1990-an untuk dijadikan alat nostalgia. Salah satunya adalah Mitsubishi Galant dengan kode bodi EC5 atau yang akrab disapa Galant Hiu.

Padahal, jika mundur ke lima tahun belakang, Mitsubishi Galant bahkan tidak dilirik sama sekali.

review mitsubishi galant

Galant dianggap sebagai mobil yang boros, rewel, dan sparepart-nya susah didapat. Tetapi sekarang, Galant Hiu ini kembali diburu.

Sejarah Mitsubishi Galant Hiu

Sebelum masuk ke review Mitsubishi Galant, kita kupas dulu sejarahnya…

Galant dengan kode bodi EC5 merupakan generasi ke-8 dari silsilah Galant yang mulai produksi pada tahun 1996 hingga 2006.

Hadirnya generasi ke-8 ini bahkan mendapat sambutan yang sangat luar biasa. Desain yang diusung benar-benar sporty dan menunjukkan identitas dari sedan berperforma tinggi.

Wajah depan yang dibuat melancip sering dikaitkan dengan moncong ikan hiu. Itulah alasan mengapa Galant generasi ini disebut Galant Hiu oleh masyarakat Indonesia.

Orang Indonesia wajib bangga dengan mobil ini. Sebab, Galant generasi ke-8 ini hanya diproduksi di lima tempat di seluruh dunia.

Kelimanya adalah Okazaki (Jepang), Pademangan (Indonesia), Cainta (Filipina), Illinois (Amerika Serikat), dan Yang Mei (Taiwan).

Kelima tempat tersebut menjadi basis produksi Galant generasi ke-8 yang ada di seluruh dunia.

Mitsubishi Galant generasi ke-8 tersedia dalam dua varian, yaitu model sedan 4 pintu dan station wagon yang disebut sebagai Mitsubishi Legnum.

Untuk versi station wagon sebenarnya lebih diutamakan untuk pasar Eropa. Namun di Indonesia juga pernah ditemui beberapa unit Legnum yang berkeliaran.

Review Mitsubishi Galant Hiu

Tidak sedikit orang yang menganggap desain Mitsubishi Galant EC5 ini keren. Lekuk tajamnya benar-benar sedap dipandang, apalagi ketika pelek dan bannya sudah dimodifikasi.

Jika dilihat sepintas, ukuran Galant ini terlihat panjang. Ya, karena sebenarnya sedan satu ini memang punya dimensi yang cukup besar.

review mitsubishi galant

Dimensi Mitsubishi Galant

  • Panjang 4.660 mm
  • Lebar 1.740 mm
  • Tinggi 1.420 mm
  • Wheelbase 2.635 mm.

Di bagian depan, Galant ini terlihat sangat keren. Kap mesin depan dibuat agak menurun untuk memberikan aerodinamika yang baik.

Di bawahnya terdapat gril yang ukurannya tidak terlalu besar. Lampu depan memakai model 4 unit; dua sisi luar bertugas untuk lampu utama, sedangkan dua bagian dalam bertugas untuk lampu jauh.

Sein diposisikan di bagian ujung lampu. Di bawah lampu terdapat fog lamp.

Di bagian samping terdapat lis bodi moulding di pintu depan dan pintu belakang yang dibuat sewarna bodi.

Ada juga tarikan garis dari fender depan hingga bagian quarter panel belakang yang membuat mobil ini terlihat sporty dan keren.

Bagian belakangnya menurut kami terbilang biasa saja. Bagian ujung bagasi dibuat melancip namun dibuat rata ke bagian bawah. Jika dilihat bagian belakang agak mengotak.

Review Interior dan Mesin Galant Hiu

Bagaimana bagian interior Galant Hiu?

Mitsubishi Galant ditawarkan dalam dua pilihan interior. Ada yang memakai bahan kulit dan ada yang ditawarkan dengan bahan fabric.

Di bagian kabin desainnya sangat sederhana. Bahkan desain kisi AC-nya benar-benar standar seperti layaknya mobil di era 1990-an.

Namun harus diakui jika kabinnya cukup lega. Dengan panjang 4,6 meter, Mitsubishi Galant punya kelegaan kabin yang mumpuni.

Setirnya memakai model palang 4 dan instrument cluster-nya masih memakai model analog. Di bagian tengah dasbor terdapat jam digital yang di era tersebut sudah sangat inovatif.

Di bagian dapur pacu, Mitsubishi Galant generasi ke-8 menggunakan mesin V6 berkode 6A13 dengan kapasitas 2.498 cc, 24 katup.

Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga 167 hp @5.750 rpm dengan torsi 230 Nm @4.500 rpm melalui pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Saat itu yang cukup populer adalah mesin dengan transmisi manual karena jauh lebih nikmat untuk dipacu kencang.

Spesifikasi Mesin Mitsubishi Galant

Tipe mesin
6A13 V6 6 silinder SOHC 24 katup
Kapasitas mesin2.500 cc
Tenaga Maksimal
167 hp/5.750 rpm
Torsi Maksimal
230 Nm/4.500 rpm
Transmisi
Manual 5-percepatan dan Otomatis 4-percepatan

Varian Galant

Sejak pertama kali muncul, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) merilis dua varian Galant ini. Varian pertama menggunakan mesin V6 yang sudah memakai injeksi secara elektronik dan varian VR yang masih memakai karburator.

Di Indonesia mayoritas konsumen lebih menyukai tipe mesin V6. Sebab selain berbeda dari sergi performa, tampilan varian V6 juga lebih menawan.

Model V6 sudah dibekali fog lamp, body kit, pelek 15 inci, dan tambahan spoiler di bagian belakang. Sedangkan tipe VR tidak memiliki fog lamp, body kit dan ukuran peleknya hanya 14 inci.

Fitur Keamanan Mumpuni

Sebagai mobil yang dibekali mesin performa tinggi, Mitsubishi juga memberikan fitur keamanan yang mumpuni. Tujuannya jelas memberikan keamanan bagi penggunanya.

Bahkan hasil crash test versi NHTSA pada tahun 2001 mengganjar Mitsubishi Galant dengan rating bintang 4. Artinya, sedan ini mampu memberikan perlindungan yang sangat baik bagi penggunanya.

Harga Bekas Mitsubishi Galant Hiu

Bagi Carmudian yang mau membeli Mitsubishi Galant bekas, sebaiknya pelajari dulu dengan saksama harganya karena bisa dibilang cukup murah pada tahun 2021 ini.

Pasaran yang ditawarkan untuk Galant Hiu ini berkisar Rp40 jutaan sampai Rp80 jutaan. Semuanya jelas tergantung kondisi mobil itu sendiri.

Semakin baik unitnya jelas akan semakin mahal harganya. Apalagi Galant Hiu saat ini sudah termasuk ke dalam kategori mobil hobi.

Mitsubishi Galant 1998

Mitsubishi Galant 1998 yang dikenal juga Galant Hiu sempat populer di Indonesia.

Artinya harga yang ditawarkan sudah menyesuaikan kondisi dari mobil. Namun dengan uang Rp60-70 jutaan Carmudian sudah bisa mendapatkan unit yang cukup sehat dan baik, kok.

Rasanya saat ini bisa memiliki Galant hiu dengan kondisi mulus di Jakarta sudah bisa menjadi pusat perhatian. Apalagi melihat Galant Hiu berkeliaran di jalan juga sudah menjadi pemandangan yang langka.

Enggak salah juga kalau mobil yang satu ini kerap dijadikan mobil andalan para pehobi.

Namun satu yang wajib dipahami sebelum membeli, Galant Hiu terkenal boros minum BBM.

Setelah melihat review Mitsubishi Galant Hiu di atas, kira-kira kamu tertarik membelinya atau tidak? Atau jangan-jangan sudah siap, ya? Nice!

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts