Reviews

Review Mobil Bekas Nissan Evalia: Stop Produksi karena Kurang Laku

Nissan Evalia diluncurkan pertama kali pada 2012 lalu. Namun, mobil tersebut sudah tidak diproduksi lagi. Beberapa dari Carmudian mungkin ingin membeli versi bekasnya. Carmudi telah rangkum review mobil bekas Nissan Evalia.

Mobil jenis MPV (Multi Purpose Vehicle) ini sempat mendapat sambutan positif dari para konsumen pada awal kemunculannya.

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku Agen Pemegan Merek (APM) kendaraan Nissan dan Datsun di tahun 2014 sempat memberi penyegaran pada Evalia.

Nissan Evalia

Nissan Evalia. (Foto: Ilustrasi)

Namun seiring berjalannya waktu, mobil tersebut terus mengalami keterpurukan. PT NMI pun memutuskan untuk menghentikan produksinya pada 2018 dengan alasan bahwa penghentian produksi Evalia adalah bagian dari strategi perusahaan.

Ini berarti usia mobil tersebut dinilai singkat di Tanah Air, kurang lebih enam tahun. Tidak hanya Indonesia, produksi Nissan Evalia juga dihentikan lebih cepat oleh Nissan India.

Perusahaan ini memutuskan untuk menghentikan produksi Evalia di tahun 2015 karena mobil tersebut belum meraih target penjualan yang diinginkan. Padahal, pihak Nissan sendiri sudah memberi penyegaran pada mobilnya ini, tapi ternyata usaha tersebut sia-sia.

Review Mobil Bekas Nissan Evalia

Meski sudah tidak diproduksi lagi, Nissan Evalia masih menjadi salah satu mobil keluarga yang cukup diminati. Jika melihat desain dan kelegaan kabinnya, mobil ini tidak kalah unggul dengan mobil-mobil lain di kelasnya.

Selain itu, Evalia ditawarkan hingga lima varian, yaitu 1.5 ST OPTION, 1.5 SV MT, 1.5 SV AT, 1.5 XV MT, 1.5 XV AT untuk memberi opsi lebih banyak pada konsumen. Tidak heran jika Evalia masih diminati hingga kini dan beberapa orang tertarik membeli versi bekasnya.

Bagi yang ingin membeli mobil bekas Nissan Evalia, sebaiknya ketahui dulu spesifikasi mobil ini.

Mesin Nissan Evalia

Mesin Nissan Evalia. (Foto: ortizaku)

Semua varian Nissan Evalia telah dibenamkan mesin bensin tipe 1.5L berkapasitas 1.498 cc, 4 silinder. Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga maksimal 109 hp pada 5.600 rpm dan torsi puncak 143 Nm pada 4.000 rpm. Transmisinya sendiri mengandalkan manual 4 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Spesifikasi Mesin Nissan Evalia

Jenis mesin4 silinder
Kapasitas1.498 cc
Teknologi mesinDOHC
Tenaga maksimum109 hp @ 5.600 rpm
Torsi maksimum143 Nm @ 4.000 rpm
TransmisiManual dan otomatis 4 percepatan

Eksterior Nissan Evalia

Review eksterior mobil bekas Nissan Evalia. (Foto: ortizaku)

Eksterior Nissan Evalia terlihat mempunyai bentuk mini van dengan desain yang mengkotak. Desainnya cenderung terkesan modern. Di zamannya, mobil tersebut disebut sebagai ‘Baby Serena’ karena memiliki siluet bodi yang mirip seperti Nissan Serena.

Mobil ini juga mempunyai ruang kabin yang lega dan bisa memuat hingga 8 orang. Dengan demikian, mobil ini cocok dijadikan mobil keluarga meski fungsi sebenarnya dari Evalia yaitu sebagai mobil niaga.

Di atas kertas, Nissan Evalia mempunyai panjang 4.400 mm, lebar 1.695, tinggi, 1.855 mm, serta wheelbase 2.725 mm. Jika melihat secara keseluruhan, eksterior Evalia terlihat stylish.

Di bagian depan mobil tersebut, terkesan manis. Disematkan lampu berupa head lamp berukuran relatif kecil jika dibandingkan dengan bodi Evalia yang besar.

Head lamp mobil tersebut belum menggunakan LED, masih memakai model halogen yang dihubungkan gril khas Nissan dengan garis krom serta emblem Nissan di bagian tengah.

Meski demikian, lampu depan Evalia ini dapat memberikan penerangan yang cukup terang saat mobil dibawa berkendara di malam hari.

Beralih ke bagian samping, desainnya juga terlihat manis dan agak terkesan mewah dengan adanya lekukan di pintu baris kedua yang mempercantik penampilan Evalia.

Pintu kedua mobil ini sudah mengadopsi model sliding yang akan berguna saat parkir di tempat sempit. Penumpang Evalia tidak perlu khawatir pintu mobilnya akan mengenai apapun di sebelahnya.

Namun sayangnya, pintu tersebut masih manual, belum elektrik. Pada bagian kaca samping, terlihat sangat lebar yang dinilai bisa meningkatkan visibilitas pengemudi saat berkendara.

Tak ketinggalan, kaca baris kedua masih menggunakan model sliding secara manual. Beralih ke bagian belakang, mungkin desainnya terlihat tidak bagus.

Bentuk bagian belakang Evalia terlalu polos dan mengkotak sehingga terkesan kaku. Untungnya, sudah didukung dengan adanya high-mounted stoplamp (lampu rem), rear wiper, serta garnish belakang berwarna krom di bagian atas mika belakang.

Secara keseluruhan, Nissan Evalia terlihat manis dan cukup mewah serta stylish, meski bagian belakang mobil ini membuat eksterior mobilnya jadi sedikit downgrade.

Interior Nissan Evalia

Interior Nissan Evalia. (Foto: ortizaku)

Interior Nissan Evalia juga menarik untuk dibahas selain eksteriornya. Sebagai mobil MPV mini van, interior Evalia didesain dengan cukup baik meski tidak terlalu mewah. Hal ini wajar, mengingat mobil tersebut berfungsi sebagai mobil niaga.

Interior Evalia menggunakan skema warna two tone hitam & beige. Terdapat head unit yang menggunakan single din dan sudah didukung 4 speaker serta roof monitor seluas 10 inci.

Untuk memaksimalkan kenyamanan pengguna Evalia, jok mobil ini menggunakan busa empuk serta dibalut bahan kulit berwarna beige untuk tipe XV. Selain itu, terdapat AC yang masih manual dengan menggunakan model knob putar, serta tuas persneling pada dasbor mobil untuk menghemat ruang.

Terdapat pula cup holder untuk menaruh botol minumal pengguna di bagian kisi-kisi AC depan. Menariknya, blower AC belakang disematkan di bagian samping baris ketiga, bukan plafon.

Di baris kedua, tersedia dua tray table dengan masing-masing dua cup holder di belakang jok depan. Selain itu, juga tersedia cup holder di bagian konsol tengah baris pertama, armrest baris kedua, serta trim pintu baris kedua.

Nissan Evalia memang mempunyai banyak cup holder sebagai tempat penyimpanan untuk kenyamanan pengemudi serta penumpang yang membawa minuman.

Sayangnya, pada baris ketiga, tidak disediakan cup holder. Sebagai MPV, ruang kabin Nissan Evalia memang terasa luas. Head room (ruang kepala) dan leg room (ruang kaki) pun terasa leluasa di semua baris mobil ini.

Ruang bagasi belakang Evalia juga termasuk luas. Jika pengguna butuh ruang bagasi lebih luas untuk menaruh barangnya yang banyak, kursi baris ketiga bisa dilipat dengan sistem tip-up.

Fitur Nissan Evalia

Nissan Evalia sudah dilengkapi dengan beragam fitur yang cukup lengkap. Terdapat fitur keselamatan canggih berupa airbags untuk pengemudi khusus Evalia tipe XV.

Terdapat fitur keselamatan standar lainnya seperti seatbelt 3 Point ELR untuk semua tipe. Ada sedikit perbedaan khusus untuk Evalia tipe XV, dimana tipe ini sudah disematkan fitur Pretensioner dan Load Limiter di bagian seatbeltnya.

Untuk fitur penunjang kenyamanan Evalia, disematkan 1DIN Audio di semua tipe. Tak ketinggalan, pada Evalia tipe SV dan tipe XV, diberi tambahan empat speaker, sedangkan untuk tipe ST hanya dibekali 2 speaker.

Selain itu, khusus tipe XV telah disematkan layar Roof Monitor 10 inci sebagai fitur hiburan, melengkapi Rear Wipe Camera dan Takometer yang sudah ada sebelumnya.

Untuk fitur keamanan Evalia, disematkan Keyless Entry with Alarm pada Evalia tipe SV dan juga XV. Sementara itu, terdapat fitur I-Key System dan Parking Sensor yang hanya disematkan pada Evalia tipe VX.

Harga Mobil Bekas Nissan Evalia

Nissan Evalia

Harga Nissan Evalia bekas. (Foto: Carmudi)

Setelah review Nissan Evalia di atas, kini Carmudi membagikan informasi mengenai harga mobil tersebut. Berdasarkan situs jual mobil bekas Carmudi Indonesia, Nissan Evalia dijual seharga Rp65 sampai 120 jutaan.

Kelebihan dan Kekurangan Nissan Evalia

Kelebihan

Kekurangan

Ruang kabin luasEksterior belakang terkesan kaku
Tenaga mesin mumpuni
Banyak tempat penyimpanan

Baca Juga:

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts