Reviews

Review Nissan X-Trail 2022, Banyak Ragam Fitur Canggih

Nissan X-trail 2022 mungkin bisa dibilang termasuk salah satu SUV (Sport Utility Vehicle) yang dipandang sebelah mata oleh sebagian besar orang alias underrated. Padahal, SUV satu ini punya beragam kelebihan yang cukup banyak.

Nissan X-Trail di GIIAS 2019

Nissan X-Trail facelift di GIIAS 2019. (Foto: Carmudi)

Beberapa kelebihan Nissan X-Trail di antaranya pelek berukuran besar, sudah memiliki panaromic sunroof, dan lain-lain.

Sebagai SUV, X-Trail juga mempunyai kapasitas besar untuk memuat banyak orang dan barang. Sayangnya, kelebihan-kelebihan yang dimiliki mobil ini jarang diketahui banyak masyarakat Indonesia.

X-Trail generasi terbaru telah diluncurkan di Indonesia, tepatnya pada pameran otomotif GIIAS 2019 di mana mobil tersebut dilengkapi beragam fitur lebih canggih yang tergabung dalam Nissan Intelligent Mobility (NIM).

Namun di Tanah Air, mobil ini hanya ditawarkan dalam satu varian. Nissan X-Trail tersedia dalam lima pilihan warna untuk konsumen Indonesia, yaitu Monarch Orange, Storm White, Brilliant Silver, Deep Iris Gray, serta Black Star.

Tentang Nissan X-Trail

Meski tidak populer, Nissan X-trail nyatanya masih dijual hingga saat ini. Bahkan, telah diluncurkan model terbarunya pada 2019 lalu.

Mobil ini pun mendapat pembaruan yang membuat tampilannya lebih modern dan menarik. Selain itu, juga dibekali berbagai fitur lebih lengkap dan canggih.

Salah satu fiturnya yang banyak dibutuhkan konsumen yakni panaromic sunroof dengan ukuran cukup besar. Sebagai informasi, X-trail pertama kali meluncur pada 2001 yang berarti mobil ini sudah lama mengaspal di Indonesia hingga 20 tahun lebih.

Generasi pertama mobil ini memiliki kode bodi T30 yang ditawarkan dalam dua mesin dengan kapasitas berbeda, yaitu 2.000 cc dan 2.500 cc.

Jika sebelumnya hanya bisa memuat 5 orang penumpang, X-trail kini dapat menampung hingga 7 orang penumpang.

Harga Nissan X-Trail 2022

Harga Nissan X-trail terbaru mungkin dinilai cukup tinggi bagi semua kalangan konsumen, di mana harganya tembus setengah miliar rupiah lebih.

Berikut ini adalah harga Nissan X-trail terbaru di Indonesia pada Juni 2022 OTR (On The Road) Jakarta yang dilansir dari situs resmi Nissan Indonesia.

Varian Harga
Nissan X-Trail 2.5 VL Rp576 juta

Spesifikasi Mesin Nissan X-Trail Terbaru

Mengenai dapur pacu Nissan X-Trail terbaru, masih dibenamkan mesin yang sama dengan model sebelumnya, yaitu mesin tipe 2.5 liter dengan kapasitas 2.488 cc, 4 silinder, DOHC 16 Valve, Dual CVTCS.

Nissan X-Trail di GIIAS 2019 mesin

Mesin Nissan X-Trail facelift 2019 masih menggunakan mesin lama; 2.5 liter, 4 silinder, DOHC 16 katup, Dual CVTCS. (Foto: Carmudi)

Mesin ini dapat mengeluarkan tenaga cukup besar hingga 168 hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi maksimum 233 Nm di putaran mesin 4.000 rpm. Untuk transmisinya sendiri, Nissan X-Trail kini sudah mengandalkan CVT.

Mesin Nissan X-Trail 2022
Mesin 4 silinder
Teknologi Mesin DOHC
Kapasitas mesin 2.488 cc
Tenaga Maksimum 168 hp @ 6.000 rpm
Torsi Maksimum 233 Nm @ 4.000 rpm
Transmisi CVT

Eksterior Nissan X-Trail Terbaru

Tampilan luar Nissan X-trail terbaru memang terkesan lebih modern dibandingkan model sebelumnya. Terlebih, mobil tersebut sudah disematkan fitur-fitur yang canggih dan mumpuni untuk menjamin kenyamanan berkendara bagi setiap pengguna.

Dimensi

Secara dimensi, Nissan X-trail terbaru cukup bongsor dengan ukuran panjang 4.690 mm, lebar 1.830 mm, tinggi 1.740 mm, wheelbase atau jarak sumbu roda 2.705 mm, dan ground clearance (jarak terendah ke tanah) 210 mm.

Mobil ini pun dapat dibawa berkendara di medan jalan yang cukup terjal.

Desain Bodi

Nissan X-Trail di GIIAS 2019

Nissan X-Trail terbaru bagian depan. (Foto: Rizen/Carmudi)

Pada bagian depan, Nissan X-Trail terbaru disematkan gril V-Motion yang berukuran lebih besar dari model sebelumnya.

Mobil tersebut juga sudah disematkan headlamp yang didesain runcing dan lebar di bagian ujungnya serta dilengkapi teknologi LED DRL Auto Level.

Pada bagian samping X-trail terbaru, turut dilengkapi pelek berukuran 19 inci dual tone, di mana sebelumnya berukuran lebih kecil, yaitu 15 inci single tone.

Beralih ke bagian belakang, terdapat lampu utama yang bentuknya sekilas seperti boomerang dan sudah mengandalkan LED. Namun sayangnya, lampu sein, lampu rem (stop lamp), dan lampu mundur pada X-trail terbaru masih memakai jenis bohlam.

Fitur Eksterior

Seperti diketahui, Nissan X-trail telah dilengkapi headlamp dengan LED DRL Auto Level.

Dengan mengusung teknologi ini, lampu depan mobil tersebut dapat memberi pencahayaan secara maksimal saat mobilnya dibawa berkendara di malam hari atau cuaca berkabut sekali pun.

Selain itu, seperti yang sudah diketahui juga, X-trail terbaru sudah mempunyai fitur panaromic sunroof.

Di Indonesia, fitur tersebut termasuk salah satu fitur mewah yang ada pada kendaraan mobil. Dijual dengan harga cukup tinggi, X-trail terbaru dianggap wajar sudah mempunyai panaromic sunroof.

Fitur ini berguna bagi para pengguna yang suka berpergian ke berbagai tempat wisata alam. Mereka bisa menikmat pemandangan yang indah serta udara sejuk dari luar dengan menggunakan fitur tersebut.

Tidak hanya pengemudi dan penumpang paling depan, penumpang yang duduk di baris kedua juga bisa ikut menikmati saat panaromic sunroof-nya dibuka.

Interior Nissan X-Trail Terbaru

Interior Nissan X-trail terbaru tak kalah modern jika dibandingkan dengan eksteriornya.

Ruang kabin mobil ini luas dan sudah dilengkapi beragam fitur yang canggih serta mumpuni guna menjamin kenyamanan dan keselamatan para pengguna selama berkendara.

Nissan X-Trail di GIIAS 2019 dasbor

Desain dasbor baru Nissan X-Trail 2019. (Foto: Carmudi)

Konfigurasi Kabin

Nissan X-trail terbaru termasuk SUV 7-seater yang dapat memuat hingga tujuh orang penumpang.

Mobil ini cocok dipilih oleh konsumen yang memiliki bujet banyak dan sudah berkeluarga ataupun memiliki anggota keluarga cukup banyak.

Fitur Hiburan

Sebagai SUV cukup mewah, Nissan X-Trail terbaru pastinya sudah dibekali dengan beragam fitur hiburan lengkap.

Mobil tersebut sudah dibekali 7-inch Multimedia Display with Smartphone Connection. Pengguna pun dapat menghubungan smartphone-nya dengan fitur tersebut untuk berbagai keperluan, salah satunya mendengarkan musik kesukaan saat berkendara.

Ada pula Steering Switch Audio Control pada X-trail terbaru.

Fitur Kenyamanan

Untuk fitur kenyamanan, X-trail terbaru sudah dilengkapi Dual Zone Auto Climate Control AC agar kabin mobil tetap sejuk selama perjalanan, setir kemudi dengan fitur tilt (atas-bawah) dan teleskopik (kiri-kanan), serta Phone Control on Steering Wheel.

Tak hanya itu saja, terdapat pula 6-way Power Adjustable Driver Seat with Power Lumbar Support Adjustment dan 4-way Power Adjustable Front Passenger Seat.

Di sisi lain, Nissan X-trail terbaru juga dibekali berbagai fitur keselamatan canggih, mulai dari sistem Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Force Distribution (EBD), dan Brake Assist (BA).

Tak ketinggalan, X-Trail juga sudah dibekali fitur keselamatan standar seperti seatbelt, Electric Parking Brake with Auto Hold Control, serta kamera parkir untuk memberi kemudahan bagi pengemudi saat parkir.

Nissan X-Trail turut dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan canggih terbaru yang tergabung dalam Nisan Intelligent Mobility.

Ada delapan fitur keamanan NIM yang tersedia, antara lain Intelligent Rear Cross Traffic Alert, Blind Spot Warning, Around View Monitor with Moving Object Detection, High Beam Assist, Cruise Control, Forward Emergency Brake, Forward Collision Warning, dan Lane Departure Warning.

Desain Interior

Interior Nissan X-Trail terbaru memang terkesan modern. Dasbor mobil ini sudah menggunakan dua jenis bahan, yakni kulit dengan jahitan dan soft touch.

Pengemudi dan para penumpang pun dapat merasa nyaman saat berada di dalam mobilnya selama berkendara sampai tempat tujuan.

Untuk memberi kenyamanan secara lebih, jok kursi pengemudi dan penumpang Nissan X-Trail terbaru sudah dilengkapi dengan pengaturan elektrik agar mereka dapat mengatur posisi duduk sesuai keinginan.

Tak ketinggalan, jok kursi di baris kedua pada bagian tengah bisa dijadikan armrest, mengingat pengaturan joknya 60: 40.

Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail 2022

Setiap mobil umumnya memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk Nissan X-trail. Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki Nissan X-trail terbaru.

Nissan X-Trail di GIIAS 2019 bagian belakang

Tampilan belakang Nissan X-Trail facelift. (Foto: Carmudi)

Kelebihan

  • Punya Pelek Berukuran Besar

Perlu diketahui, Nissan X-trail di Indonesia bersaing dengan Honda CR-V yang menjadi rival terdekatnya.

Ada satu kelebihan yang ditawarkan X-trail ini, yaitu ukuran pelek yang lebih besar. Honda CR-V terbaru memakai pelek berukuran 18 inci, sedangkan Nissan X-trail baru menggunakan pelek dengan ukuran 19 inci.

Ukuran pelek yang lebih besar ini membuat tampilan X-trail terbaru jadi terlihat lebih keren dan maskulin.

  • Memiliki Panaromic Sunroof

Seperti diketahui, Nissan X-trail terbaru sudah disematkan panaromic sunroof. Fitur tersebut dianggap mewah di Tanah Air.

Apalagi, panaromic sunroof yang ada pada X-trail terbaru berukuran cukup besar sehingga pengemudi hingga penumpang belakang bisa melihat pemandangan atas.

Meski Honda CR-V baru juga memiliki fitur ini, namun tetap jadi kelebihan yang dimiliki X-trail terbaru.

  • Fitur Keselamatan dan Keamanan Lengkap

Seperti yang juga diketahui di atas, Nissan X-trail terbaru telah disematkan berbagai fitur keselamatan mumpuni dan lengkap seperti ABS, EBD, BA, seatbelt, kamera parkir, dan sebagainya.

Tak hanya itu, mobil tersebut juga mempunyai beragam fitur keamanan lengkap yang mumpuni, antara lain Around View Monitor with Moving Object Detection, Blind Spot Warning, High Beam Assist, Cruise Control, Intelligent Rear Cross Traffic Alert, dan lainnya.

Kekurangan

  • Harga Cukup Tinggi

Dibanderol setengah miliar lebih, Nissan X-trail terbaru dinilai cukup mahal bagi sebagian orang, khususnya yang memiliki bujet pas-pasan.

Namun, hal ini mungkin dianggap wajar karena mobil ini telah dilengkapi fitur lengkap dan canggih yang termasuk salah satu keunggulannya.

  • Kursi Baris Ketiga Sempit

Meski kabinnya luas dan dapat memuat hingga tujuh orang penumpang, nyatanya kursi di baris ketiga dinilai sempit.

Penumpang yang memiliki badan tinggi tidak akan merasa nyaman saat duduk di kursi tersebut selama perjalanan. Kursi baris ketiga X-trail terbaru sebaiknya diduduki oleh penumpang anak-anak atau yang memiliki badan pendek.

Kompetitor Nissan X-trail 2022

Nissan X-trail 2022 mempunyai pesaing kuat di kelasnya, yaitu Honda CR-V terbaru.

FAQ

  1. Berapa harga Nissan X-trail terbaru?

Harga Nissan X-trail terbaru pada Juni 2022 adalah Rp576 juta OTR Jakarta berdasarkan situs resmi Nissan Indonesia.

  1. Apa saja pilihan warna Nissan X-trail terbaru?

Nissan X-Trail terbaru ditawarkan dalam lima pilihan warna, yakni Monarch Orange, Storm White, Brilliant Silver, Deep Iris Gray, serta Black Star.

  1. Apa saja varian Nissan X-trail terbaru?

Nissan X-trail terbaru hanya ditawarkan dalam satu varian, yaitu 2.5 VL.

  1. Fitur keselamatan apa saja yang sudah disematkan pada Nissan X-trail terbaru?

Nissan X-trail terbaru sudah disematkan fitur-fitur keselamatan mulai dari seatbelt, ABS, BA, EBD, dan lainnya.

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts

/