Home » Berita » Review: Perbedaan Toyota Corolla Cross Versi Bensin dengan Hybrid

Review: Perbedaan Toyota Corolla Cross Versi Bensin dengan Hybrid

review toyota corolla cross
Toyota Corolla Cross adalah varian keempat dalam keluarga Corolla (Foto: TAM)

Review Toyota Corolla Cross Toyota Corolla Cross akhirnya meluncur di Indonesia. PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota hanya menawarkan dua pilihan tipe saja. Tipe pertama yaitu Corolla Cross 1.8 A/T dengan mesin bensin yang dengan harga Rp457,8 juta, dan Corolla Cross hybrid (HEV) 1.8 A/T dengan harga Rp497,8 juta.

Sebelumnya, SUV anyar ini diluncurkan di Thailand dulu pada 9 Juli 2020. Setelah itu Corolla Cross mendarat di Vietnam. Tak banyak yang menyangka SUV baru andalan Toyota ini begitu cepat masuk ke Indonesia, terutama di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Peluncuran Toyota Corolla Cross di Indonesia dilakukan secara virtual melalui kanal Youtube Toyota Indonesia, Kamis, 6 Agustus 2020. SUV baru ini menjadi produk kedua Toyota yang diluncurkan secara virtual setelah New Agya pada Maret lalu.

review toyota corolla cross
Interior Toyota Corolla Cross (Foto: TAM)

Di Thailand sendiri Toyota Corolla Cross ditawarkan empat varian. Khusus varian terendah yaitu Corolla Cross 1.8 Sport yang dijual seharga 989.000 baht atau sekira Rp458 juta, sedangkan versi tertingginya, Hybrid Premium Safety dibanderol 1.199.000 bath atau setara Rp555 jutaan.

 

review toyota corolla cross
Automatic Power Back Door Toyota Corolla Cross hybrid (Foto: TAM)

Review Perbedaan Toyota Corolla Cross

Sekilas tampang Toyota Corolla Cross versi bensin dengan hybrid tak ada yang berbeda. Namun jika ditelusuri lebih dalam, letak perbedaannya sangat kentara sekali. Mulai dari mesin, logo, hingga fitur-fitur di eksterior dan interiornya.

Dimulai dari review mesin, Toyota Corolla Cross berbahan bakar bensin dibekali mesin 1.8L 2ZR-FE. Mesin bensin ini mampu menyemburkan tenaga sekuat 138 hp pada putaran mesin hingga 6.400 rpm dan torsi puncak 17,5 kgm pada 4.000 rpm. Sistem transmisinya otomatis jenis CVT.

review toyota corolla cross
Ruang mesin Toyota Corolla Cross hybrid (Foto: TAM)

Sementara Corolla Cross hybrid memiliki mesin bensin berkode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC dengan teknologi VVT-i. Mesin ini bertenaga 96 hp dan torsi 14,5 Kgm. Selain mesin konvensional terdapat pula motor listrik yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 71 hp dan torsi 16,6 Kgm. Versi hybrid ini lebih efisien bahan bakar dan emisi CO2 lebih rendah dari versi bensin.

Review Toyota Corolla Cross kita pindah ke bagian eksterior. Untuk versi bensin sudah mendapat power moonroof yang dapat memberikan pandangan luas ke luar kendaraan bagi pengemudi maupun penumpang. Desain gril depan tampak tebal berbentuk double trapezoid pada kisi-kisinya. Ada juga rain sensor, lampu kabut dengan LED membuat pandangan pengemudi lebih terang ke depan. Lalu terpasang pelek dua warna berukuran 18 inci.

review toyota corolla cross
Pelek lampu dan logo hybrid Toyota Corolla Cross hybrid (Foto: TAM)

Semua fitur tadi ada juga di Corolla Cross hybrid. Tetapi sebagai pembeda, Toyota menambahkan beberapa fitur seperti automatic power back door. Fitur satu ini dapat membantu pengemudi maupun penumpang membuka pintu belakang tanpa harus menyentuh handle. Cukup posisikan kaki di bawah sensor maka pintu akan terbuka secara otomatis. Automatic power back door mempermudah Anda jika ingin memasukkan barang bawaan.

Perbedaan berikutnya ada pada bagian lampu utama. Corolla Cross hybrid mendapatkan sharp headlamp design dengan bentuk lebih ramping dan terdapat aksen biru tepat di bawah lampu. Tambahan lainnya yaitu smart entry untuk buka-tutup pintu mobil tanpa perlu menyentuh kunci dan auto fold mirror.

review toyota corolla cross
Fog lamp Toyota Corolla Cross (Foto: TAM)

Masuk ke bagian interior. Mengusung konsep elegan dan nyaman Toyota telah memasukkan unsur warna hitam dan dipadu oleh krom silver menjadikan kabin terkesan mewah. Kabin sudah didesain sedemikian rupa sehingga memberikan ruang kaki dan ruang kepala terasa begitu luas. Sebagai hiburan di kabin, terpasang perangkat multimedia berupa head unit layar sentuh berukuran 9 inci dengan fitur radio, bluetooth, Miracast, NFC, dan Voice Command.

review toyota corolla cross
Interior Toyota Corolla Cross (Foto: TAM)

Di kabin juga terdapat AC dual zone dengan fungsi otomatis, illuminating console di konsol tengah, dan lingkar kemudi berdesain elegan.

Sementara di versi hybrid ada tiga fitur yang ditambahkan oleh Toyota. Seperti advanced drive mode yang memungkinkan pengemudi memilih sendiri gaya berkendara apakah itu ECO, Sport atau EV. Kemudian digital MID dan combimeter design serta pengaturan posisi duduk 6 arah secara elektrik khusus di bangku pengemudi.

Toyota Corolla Cross punya panjang tubuh 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm serta ground clearance setinggi 165 mm. Mobil yang dibawa dalam bentuk utuh atau CBU dari Thailand ini memiliki radius putar 5,2 meter yang memastikan pengemudi dapat melakukan manuver di ruang terbatas.

review toyota corolla cross
Illuminating Console Toyota Corolla Cross (Foto: TAM)

Menggunakan platform Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C) membuat sasis Corolla Cross lebih rigid dan sistem suspensi memberikan peredaman yang empuk.

Review Fitur Keselamatan Toyota Corolla Cross

Keselamatan dan keamanan pengemudi maupun penumpang sudah menjadi satu fokus utama Toyota saat ini. Corolla Cross versi bensin dan hybrid sama-sama dibekali fitur keselamatan aktif dan pasif. Di antaranya rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS).

Tak hanya itu, disematkan pula sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm.

review toyota corolla cross
Fitur keselamatan Toyota Corolla Cross (Foto: TAM)

Perbedaan Spesifikasi Toyota Corolla Cross 2020

Spesifikasi Corolla Cross 1.8 Hybrid A/T

  • Mesin (Bensin): 2ZR-FXE
  • Jumlah Silinder: 4, Segaris
  • Teknologi Mesin: DOHC, Atkinson Cycle
  • Kapasitas Mesin: 1.798 cc
  • Tenaga Maksimum: 97 hp (98 ps) @ 5.200 rpm
  • Torsi Maksimum: 142 Nm @ 3.600 rpm
  • Transmisi: CVT
  • Layout Mesin: Mesin Depan Penggerak Roda Depan
  • Kapasitas Tangki: 47 liter

 

  • Mesin (Elektrik): Permanent Magnet Synchronous Motor
  • Tenaga Maksimum (Motor): 71 HP (53 kW)
  • Torsi Maksimum (Motor): 163 Nm
  • Kapasitas Baterai: 6,5 Ah (201,6 V)
  • Jenis Baterai: Nickel-Metal Hydride

Tenaga Maksimum Kombinasi: 120 Hp (122 PS)

Spesifikasi Corolla Cross 1.8 A/T Gasoline

  • Mesin: 2ZR-FE
  • Jumlah Silinder: 4, Segaris
  • Teknologi Mesin: DOHC, VVT-i
  • Kapasitas Mesin: 1.798 cc
  • Tenaga Maksimum: 139 hp (141 ps) @ 6.400 rpm
  • Torsi Maksimum: 171 Nm @ 4.000 rpm
  • Transmisi: CVT
  • Layout Mesin: Mesin Depan Penggerak Roda Depan
  • Kapasitas Tangki: 47 liter

Data Spesifikasi Toyota Corolla Cross

Panjang4.460 mm
Lebar1.825 mm
Tinggi1.620 mm
Wheelbase2.640 mm
Sistem KemudiElectric Power Steering
Radius Putar5,2 m
Suspensi DepanMacPherson Strut
Suspensi BelakangTorsion Beam
Ground Clearance165 mm
Rem DepanCakram Ventilasi
Rem BelakangCakram
Sistem RemABS, EBD, BA, VSC, TSC, HSA
Ukuran Ban225/50 R18
BanMichelin Primacy 4

Paket Servis Gratis

Sebagai salah satu layanan tambahan untuk para pembeli Corolla Cross, Toyota memberikan paket servis jasa dan spare part gratis selama empat tahun atau 50,000 km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu). Dengan adanya paket tersebut Toyota ingin membuat para pelanggan bebas cemas dan khawatir.

“Paket servis tidak hanya jasa tapi part-nya juga sebagai paket ekslusif untuk pembeli mobil. Sehingga pembeli tak usah khawatir soal perawatan Corolla Cross versi bensin dan hybrid karena kami berikan gratis. Cukup datang saja ke bengkel semua konsumen akan kami layani. Karena memang produk ini diluncurkan di tengah situasi pandemi seperti ini jadi kami harus memberikan solusi mulai dari mobil keren, fitur canggih ada hybrid juga dan lain-lain,” ungkap Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.

review toyota corolla cross
Pengaturan jok elektrik Toyota Corolla Cross (Foto: TAM)

Selain menawarkan paket servis gratis tersedia pula garansi produk selama 36 bulan atau 100.000 km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu). Khusus pembeli Corolla Cross hybrid mendapat tambahan garansi baterai 2 tahun atau 50.000 km sehingga total menjadi 5 tahun atau 150.000 km.

Saat ini Toyota memiliki 332 diler resmi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Semuanya telah siap melayani penjualan dan perawatan Corolla Cross, termasuk model hybrid. Dengan jumlah diler yang banyak pelanggan tidak akan kesulitan mencari lokasi bengkel resmi Toyota.

review toyota corolla cross
Detailed MID and Combi Meter Design Toyota Corolla Cross (Foto: TAM)

Simulasi Kredit

Toyota Corolla Cross sudah bisa dipesan di seluruh diler resmi Toyota. Pembelian bisa menggunakan metode pembayaran cash (tunai) atau kredit. Bagi Anda yang ingin membeli secara kredit, gambarannya sebagai berikut.

review toyota corolla cross
Toyota Corolla Cross (Foto: TAM)

Misalkan Anda beli Corolla Cross versi bensin seharga Rp457,8 juta dengan down payment (DP) 30% selama 5 tahun. Maka DP yang harus dibayarkan sekira Rp137 jutaan, dan cicilan per bulan sebesar 7,5 jutaan sepanjang tenor.

Toyota ingin memberikan kemudahan lain melalui program Deal Cermat. Program ini menghadirkan kemudahan kepemilikan mobil tanpa perlu memikirkan biaya-biaya turunan yang sering membuat repot, bahkan saat ingin membeli mobil baru selanjutnya.

 

Penulis: Santo Sirait 

Editor: Dimas

Baca Juga:

Toyota Corolla Cross Punya Fitur Anti Panik Ketika Mau Masuk Tol

Previous post
Wuling Mudahkan Warga Cimahi untuk Dapatkan Layanan dengan Diler 3S Baru
20 Karya terbaik Brio Virtual Modification #3
Next post
Ini 20 Karya Terbaik di Brio Virtual Modification #3