Home » Reviews » Review Range Rover Evoque, SUV Mewah dan Canggih

Review Range Rover Evoque, SUV Mewah dan Canggih

New Range Rover Evoque (Foto: Santo/Carmudi)

Review Range Rover Evoque – Pada pekan lalu, PT Wahana Auto Ekamarga (WAE) resmi merilis varian terbaru dari Range Rover. Range Rover generasi terbaru yang diluncurkan merupakan Range Rover Evoque yang mewah nan canggih. SUV ini dibekali dengan berbagai fitur canggih dan keren. Berbekal teknologi modern ini yang membuat harga Range Rover Evoque cukup mahal.

Berapa harganya? PT WAE membanderol mobil ini di harga Rp 1,7 miliar (off the road) tipe standar dan Rp 1,9 miliar (off the road) tipe tertinggi. Secara desain, mobil ini punya tampilan yang tidak jauh berbeda dengan Range Rover Evoque generasi sebelumnya. Perbedaan yang cukup kentara ada di bagian bumper depan dan belakang.

Tommy Handoko, Product Planning and Logistics Manager Jaguar Land Rover Indonesia mengatakan. “Bahasa desain meneruskan bahasa desain dari Ranger Rover yaitu bahasa desain yang bersih dan minimalis. Sekarang dipadukan dengan Flush Deployable Door Handles yang membuat kendaraan itu menjadi menjadi semakin menarik,” ujar Tommy.

Kemampuan All New Range Rover. (Foto: Carmudi/Santo)

Review Range Rover Evoque 2019

Data Spesifikasi Range Rover Evoque:

Dimensi (PxLxT)4.371 mm x 1.904 mm x 1.649 mm
Jarak Sumbu Roda2.681 mm
Mesin Aj 200
Kapasitas Mesin 1.999 cc, 4 silinder, turbocharge
Tenaga245 hp
Torsi 365 Nm
Transmisi Otomatis 9-percepatan (Torque Converter)
Layout MesinMesin Depan Penggerak Empat Roda (All Wheel Drive) Jenis AWD
Kapasitas Tangki67 liter
Sistem KemudiElectronic Power Assisted Steering
Radius Putar5,8 meter
Ground Clearance 212 mm

Saat menduduki dan memasuki bagian interior, seketika kamu akan dibawa masuk ke masa depan. Ya, mobil ini memiliki desain interior yang benar-benar mewah dan canggih. Layar instrumen yang terdapat di bagian tengah dapat naik dan turun saat diaktifkan. Panel instrumen juga menampilkan informasi digital yang benar-benar menggambarkan kemewahan sesungguhnya. Belum selesai sampai di situ. Di bawah layar bagian tengah terdapat layar pengaturan yang juga merupakan layar sentuh. Ukurannya besar, mewah dan canggih. Duh, ini benar-benar seperti mobil masa depan!

Tampilan konsol tengah All New Range Rover Evoque. (Foto: Carmudi/Santo)

Apakah ada lagi tombol aneh yang ada di mobil ini? Ada dong. Bagian setir dari mobil ini juga terdapat tombol pengaturan yang dapat disentuh. Jika di bagian setir biasanya terbuat dari bahan karet, bedanya ini terbuat dari bahan piano black. Mewah, keren dan canggih. Ah, sampai lupa sudah berapa kali mengucapkan kata mewah dan canggih.

Karena mobil ini benar-benar secanggih dan sekeren itu, tuas dan tombol di kabin didesain ergonomis yang mudah dioperasikan. Hal itu memungkinkan pengemudi mengendalikan berbagai teknologi melalui Touch Pro Duo. Dudukan tablet Click & Go dengan kemampuan pengisian daya, hotspot WiFi 4G, dan enam slot USB yang terdapat di seluruh kabin.

Interior Range Rover Evoque, photo: Sano
Interior Range Rover Evoque, photo: Sano

Jangan ragukan fitur yang terdapat pada mobil ini. Karena mobil ini memiliki fitur yang sangat banyak! Benar-benar banyak pokoknya, sebanding lah dengan harga yang harus dikeluarkan. Fitur utama yang digaungkan oleh Range Rover adalah Matrix LED Headlight. Lampu utama ini mampu memberikan penyinaran maksimal di saat malam hari. Selain itu, penyinaran yang dihasilkan bisa menyesuaikan dengan kondisi jalanan tanpa harus membuat pengendara lain menjadi silau. Mobil akan menyesuaikan jarak pandang dengan mobil di depan tanpa menyilaukan pengendara di depan.

Kemampuan All New Range Rover Evoque di medan off road semakin tinggi. (Foto: Carmudi/Santo)

Berpindah ke bagian Head Unit, mobil ini punya Head Unit yang sangat keren dan canggih. Jika dinyalakan, Head Unit akan keluar naik ke atas. Lalu saat dimatikan Head Unit-nya akan masuk ke dalam rata dengan bagian dasbor. Head Unit layar sentuh ini dibekali dengan berbagai fitur menarik. Mulai dari Bluetooth, WiFi, peta, hingga berbagai pengaturan. Sistem ini menggabungkan dua layar sentuh beresolusi tinggi (High Definition/HD) berukuran 10 inci.

Posisinya berada di konsol tengah. Layar panel instrumen 12,3 inci di belakang lingkar kemudi. Jok yang ada di dalam Range Rover Evoque ini juga tergolong punya desain yang oke. Desain jok dibuat lebih nyaman dengan potongan yang modern. Tuas dan tombol di kabin didesain ergonomis dan mudah dioperasikan. Hal itu memungkinkan pengemudi mengendalikan berbagai teknologi melalui Touch Pro Duo. Dudukan tablet Click & Go dengan kemampuan pengisian daya, hotspot WiFi 4G, dan enam slot USB yang terdapat di seluruh kabin. Ada juga koneksi gawai hingga Head Up Display yang menjadi fitur standar mobil ini.

Interior Range Rover Evoque, photo: Sano
Interior Range Rover Evoque, photo: Sano

Soal fitur keselamatan, mobil ini juga punya banyak fitur. Sebut saja seperti Low Traction Control, Hill Descent Control, Gradient Release Control, Advanced Tow Assist, Wade Sensing, Emergency Braking, Lane Keeping Assist, Parking Sensor, dan Rear Camera. Selain itu ada juga Park Assist, 360 Parking Aid, Rear Traffic Monitor dan Clear Exit Monitor. Masih belum selesai sampai disitu, mobil ini juga punya Panoramic Roof ekstra besar dan Powered Gesture Tailgate.

Ambient Light di bagian kabin juga bisa dipilih warnanya. Jadi ketika bosan, tinggal ganti aja deh warna-warna di dalam mobil. Keren, kan?

Interior Range Rover Evoque, photo: Sano
Interior Range Rover Evoque, photo: Sano

Bagaimana dengan mesin yang ada di tubuh Range Rover Evoque ini? Mobil ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.999 cc, 4 silinder, turbo. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 245 hp dengan torsi maksimal mencapai 365 Nm. Mesin ini dikawinkan dengan transmisi otomatis 9 percepatan model torque converter. Walaupun sepintas mobil ini terlihat kecil, namun tangki bahan bakarnya cukup besar. Mobil ini punya tangki bahan bakar 67 liter jika diisi dari kondisi tangki yang kosong.

Oiya, performa mobil ini juga tidak main-main. Dan jangan lupa, mobil ini punya penggerak All Wheel Drive yang mampu memberikan traksi dengan sangat baik. Nah, itu tadi merupakan review lengkap mengenai Range Rover Evoque yang baru saja meluncur di pekan lalu. Bagaimana, tertarik meminang mobil satu ini?

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

 

Wuling Almaz
Previous post
6 Kelemahan Wuling Almaz yang Patut Jadi Sorotan
Touring para pengguna Chevrolet Trax (T-Rax) menuju Lampung.
Next post
Puluhan Pengguna T-Rax Singgah di Lampung