Reviews

Review Renault Kiger: Temani Magnite Kejar Duet Raize-Rocky

Review Renault Kiger — Renault Kiger telah resmi diperkenalkan oleh PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) pada Jumat (27/8/2021). Mobil ini diklaim memiliki fitur yang kekinian.

Renault Kiger melakukan debut dunia pada 28 Januari 2021. Kiger dibuat dengan platform CMF-A+ yang juga digunakan pada Renault Triber dan Nissan Magnite. Bukan hanya platform, mesin Kiger juga sama persis dengan mesin milik Magnite.

Keunggulan Renault Kiger

Keunggulan Renault Kiger salah satunya adalah mesin yang bertenaga. (Foto: Renault)

Bagi yang ingin membeli Renault Kiger, ada soft launch-nya hingga November 2021 mendatang. Harga yang ditawarkan Rp278 juta.

Review Renault Kiger 2021

Renault Kiger cukup menyita banyak perhatian para calon konsumen karena desainnya yang futuristik dan sudah dibekali berbagai fitur canggih. Renault Kiger yang dijual di Indonesia pun dinilai lebih baik dibandingkan dengan versi India. Berikut ini adalah spesifikasi lengkap mobil tersebut.

Mesin Renault Kiger

Renault Kiger di Indonesia dibenamkan mesin dengan kapasitas 999 cc, 3 silinder, turbo yang dapat mengeluarkan tenaga sebesar 98,6 hp pada 5.000 rpm dan torsi maksimum 152 Nm pada 2.200 hingga 4.400 rpm. Transmisi yang digunakan adalah otomatis CVT.

Di India, Kiger ditawarkan dalam dua jenis mesin, yaitu 3 silinder 1.000 cc naturally aspirated dan 3 silinder 1.000 cc turbo. Untuk versi naturally aspiratednya, punya tenaga mesin 71 hp dan torsi 96 Nm, serta transmisi manual yang dikombinasikan dengan semi otomatis AMT.

Spesifikasi Mesin Renault Kiger
Jenis mesin3 silinder, turbo
Kapasitas999 cc
Tenaga maksimum98,6 hp hp @ 5.000 rpm
Torsi maksimum152 Nm @ 2.200-4.400 rpm
TransmisiOtomatis CVT

Eksterior

Review eksterior Renault Kiger, terkesan futuristik. (Foto: Renault)

Renault Kiger mempunyai ukuran dimensi yang dinilai kecil, tapi mobil ini memiliki ground clearance (jarak terendah ke tanah) 205 mm yang hampir mirip dengan LSUV.

Di sisi lain, Renault Kiger mempunyai panjang 3.991 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.605 mm.

Jika melihat tampilan luar Kiger secara seksama, terlihat futuristik dengan disematkan gril khas mobil besutan Renault. Gril tersebut ‘dikawinkan’ dengan lampu depan bertingkat beserta teknologi LED.

Lampu depan mobil ini dapat memberikan pencahayaan yang terang saat mobil berkendara di malam hari atau cuaca berkabut. Di bagian atas, disematkan Day Time Running Light (DRL), sedangkan pada bagian bawah, terdapat lampu utama Tri-Octa LED.

Beralih ke bagian samping, terlihat aura SUV yang kuat pada Renault Kiger. Ada kombinasi dari over vender berwarna hitam, side body moulding, serta penggunaan velg (pelek) two-tone berukuran 16 inci.

Auranya semakin diperkuat dengan adanya penggunaan roof rack yang berfungsi untuk mengangkut barang bawaan di atas mobil hingga 50 kg.

Pada bagian belakang Kiger, sudah dilengkapi dengan bumper yang berukuran cukup besar dan dilapisi dengan rear skid plate berwarna silver. Tak hanya itu, bagian belakang mobil ini juga mempunyai ciri khas berupa lampu sorot LED beserta lampu berbentuk “double C”.

Keunikan lainnya pada Kiger terdapat pada jendela belakangnya yang dibuat miring, spoiler terintegrasi di atap mobil ini, serta kaca spion meruncing yang didesain seperti sayap pesawat.

Tampilan mobil tersebut pun terkesan modern berkat disematkan antena shark fin. Sebagai informasi, antena ini berfungsi menangkap sinyal radio, data seluler, serta GPS (Global Positioning System).

Sinyalnya kemudian dikonversikan ke dalam head unit yang ada di dalam mobilnya. Dengan adanya antenna tersebut, pengemudi dan penumpang tidak akan merasa bosan karena dapat mendengarkan musik selama perjalanan.

Interior

Interior Renault Kiger yang juga terkesan futuristik seperti eksteriornya. (Foto: Zigwheels)

Selain eksteriornya, interior Renault Kiger juga menarik untuk dibahas. Desain interior Kiger cukup keren serta kokoh berkat adanya beberapa lekukan tegas dari bagian door trim hingga dasbor mobil. Kiger mengusung desain yang futuristik dibalut dengan konsep minimalis.

Selain itu, kabin mobil tersebut dinilai lebih premium dibandingkan dengan model Renault lainnya.

Ruang kabin Kiger terasa cukup lega sehingga dapat menampung empat penumpang dewasa. Jok kursinya sendiri sudah memakai material yang cukup berkualitas sehingga jok tersebut terasa nyaman saat diduduki.

Interior Renault Kiger. (Foto: Renault)

Di bagian depan, terdapat head unit seluas 8 inci yang desainnya cukup menarik, serta kluster instrument 7 inci yang merupakan fitur baru dan dianggap eksklusif. Selain itu, juga fungsional bagi pengguna.

Kiger juga telah disematkan berbagai fitur canggih lainnya seperti sistem hiburan layar sentuh (touch screen) dan tampilan MID (Multi Information Display) yang serba digital. Pada bagian pengemudi, terdapat setir kemudi yang mempunyai ukuran pas untuk digenggam.

Tak hanya itu, layar sentuh di Kiger sudah mempunyai fitur Android Auto dan Apple CarPlay, sehingga pengguna bisa mendengar lagu kesukaan dari smartphone-nya saat berkendara.

Renault Kiger Indonesia

Bagasi Renault Kiger dapat memuat banyak barang. (Foto: Renault)

Kepraktisan menjadi salah satu keunggulan yang perlu diketahui dari Renault Kiger. Mobil tersebut diklaim punya ruang penyimpanan yang banyak di kabin dimana total kapasitasnya sebesar 29 liter.

Tak ketinggalan, bagasinya bisa mencapai sekitar 400 liter sampai 800 liter jika kursi baris kedua dilipat. Pengguna pun bisa membawa barang dalam jumlah banyak dengan mobil ini.

Secara keseluruhan, interior Renault Kiger terkesan futuristik, sama seperti eksterior mobil ini. Bagasinya sendiri memudahkan pengguna saat ingin membawa banyak barang untuk perjalanan jauh.

Fitur

Renault Kiger diklaim sebagai Smart SUV terbaik di kelasnya karena memiliki keunggulan pada fiturnya. Mobil ini sudah disematkan lampu depan tri-octa LED headlamp, lampu belakang C-Shaped dengan LED, rear skid plate, serta twin sporty rear spoiler.

Menariknya, Kiger sudah tidak menggunakan kunci manual. Untuk menggantikan anak kunci keyless, Kiger menggunakan Smart Access Card.

Selain itu di bagian dalam Kiger, ada teknologi disematkan yang terdiri dari instrumen cluster digital, head unit 8 inci dan layar sentuh, Android Auto, Apple CarPlay, sensor parkir depan dan belakang untuk memudahkan pengemudi saat parkir, serta filter udara untuk menyaring partikel 2,5 mikron.

Untuk menambah kenyamanan pada pengemudi dan penumpang, Renault Kiger juga dibekali sound system lansiran Arkamys 3D Auditorium dengan empat buah speaker dan empat buah tweeter.

Dengan demikian, mereka tidak akan merasa kebosanan selama perjalanan karena dapat mendengarkan musik dengan suara membahana di kabin.

Untuk fitur keselamatan, terdapat empat airbag sebagai fitur keselamatan standar, ABS (Anti Lock Braking System), peringatan sabuk pengaman untuk pengemudi dan penumpang, sistem peringatan kecepatan yang tentunya berguna bagi pengemudi agar tidak terjadi kecelakaan, serta beragam fitur lainnya.

Dengan harga jual di bawah 300 juta, Renault Kiger memang layak disebut sebagai SUV terbaik dengan adanya berbagai fitur canggih dan lengkap.

Kompetitor Renault Kiger

Renault Kiger yang mengisi segmen SUV (Sport Utility Vehicle) kompak bersaing kuat dengan beberapa pesaing seperti Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Jika membandingkan performa mesin ketiganya, Kiger lebih unggul.

Mesin Kiger dapat mengeluarkan tenaga 98,6 hp dan torsi maksimum 152 Nm, sedangkan Raize dan Rocky varian 1.000 cc turbo punya tenaga mesin 96 Hp dengan torsi puncak 140 Nm.

Baca Juga:

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *