HomeReviewsReview Spesifikasi BMW F900R, Punya Mesin Buas dan Fitur Melimpah

Review Spesifikasi BMW F900R, Punya Mesin Buas dan Fitur Melimpah

bmw f900r motor naked bike terbaru

Jakarta – BMW Motorrad Indonesia telah meluncurkan F900R beberapa bulan lalu di Jakarta dengan mengusung desain roadster dan spesifikasi mumpuni nan futuristik.

Kadang banyak orang bertanya, bagaimana rasanya pakai motor yang dijual seharga Rp422 jutaan (off the road) ini? Dilihat dari harganya bahkan lebih mahal dari Toyota Kijang Innova yang dijual mulai dari Rp337 jutaan sampai Rp440 jutaan.

Hmmmm… gimana spesifikasi BMW F900R yang punya harga setara mobil ini? Yuk, simak review spesfikasi BMW F900R selengkapnya berikut ini.

Dimensi BMW F900R

Hal pertama yang jadi bahasan spesifikasi BMW F900R ini adalah ukurannya yang enggak terlalu gede. Panjangnya mencapai 2.140 mm, lebar 815 mm, dan tinggi mencapai 1.130 mm.

Buat seat height atau tinggi jok mencapai 815 mm. Oh iya, BMW juga menyediakan original equipment lowering kit buat motor ini.

BMW F900R
Test ride BMW F900R. (Foto: Rizen/Carmudi)

Lowering kit yang dimaksud adalah suspensi yang bisa membuat motor ini jadi lebih pendek buat konsumen yang punya postur tidak terlalu tinggi. Kalau memakai lowering kit ini tingginya menjadi 770 mm saja.

Walaupun ukurannya lumayan kompak, tapi bobotnya lumayan berat. Secara total BMW F900R ini punya bobot total mencapai 430 kg. Lumayan nih kalo disuruh ngegeser-geser bodinya, hehehe…

Mesin BMW F900R

Soal spesifikasi dapur pacu, BMW F900R punya kapasitas mesin mencapai 895 cc, 2 silinder segaris berpendingin radiator. Tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 105 hp dengan torsi 92 Nm.

Mesin ini punya 4 valves per silinder dengan dua overhead camshafts. Walau kelihatannya biasa aja, tapi ada hal yang menarik dari mesin ini.

Sebenarnya BMW F900R ini memakai mesin yang sama dengan BMW F850GS. Hanya saja ukuran bore pada mesin F850GS diperbesar. Sehingga tenaga dan torsinya juga jadi lebih baik dibanding F850GS.

Mesin diambil dari basis mesin BMW F850GS. (Foto: Rizen/Carmudi)

Walaupun mesinnya besar, tapi emisi dari motor ini sudah lolos standar Euro5. Hal ini berkat adanya katalitik converter 3 arah yang dipasangkan BMW pada motor ini yang membuat emisi yang dihasilkan cuma ada di angka 99 gram/km.

Maklum, Eropa cukup ketat dalam hal regulasi emisi gas buang. Jadi BMW enggak main-main dengan emisi yang dihasilkan dari setiap motornya. Mantap!

Mesin besar ini juga dikawinkan dengan transmisi 6 percepatan. Jangan lupa, motor ini harus menenggak bahan bakar dengan oktan minimal 95, ya. Pastinya, sistem pembakarannya pun sudah memakai injeksi.

Fitur Berlimpah

Terkadang timbul beberapa pertanyaan. Apa aja sih yang didapat dari membeli motor seharga mobil, selain gengsi?

Jadi, selain punya spesifikasi mesin buas, BMW F900R ini sebenarnya sudah dibekali dengan banyak fitur.

Contohnya nih, motor ini udah memakai lampu LED di bagian depan dan belakangnya. Mulai dari lampu kecil, lampu besar, lampu sein, lampu rem semuanya sudah pakai LED.

Lampu depan dibekali adaptive cornering light. (Foto: Rizen/Carmudi)

Lampunya sendiri juga dilengkapi dengan adaptive cornering headlight. Fitur ini bisa membuat motor secara otomatis memberikan penerangan pada saat motor sedang menikung di malam hari.

Jadi, bagian dalam dari reflektor lampunya ini bakal bergerak menyesuaikan kemiringan sepeda motor. Fitur ini akan aktif saat motor melaju di kemiringan 10 derajat dengan kecepatan minimal 10 km per jam. Keren, kan?

Ia juga sudah pakai keyless, enggak perlu lagi anak kunci.

Fitur canggih lainnya yang sudah pasti ada pada motor ini adalah layar TFT di bagian instrument. Motor besar ini punya layar berukuran 6,5 inci yang bisa terkoneksi gadget lewat aplikasi BMW Connected. Gambar di layar ini cukup tajam dan pixelnya juga rapat.

Jadi kalau di siang hari yang terik, kalian enggak bakal kesulitan buat melihat panel indikator yang ada di layar.

Di layar instrument ini terdapat banyak informasi yang bisa dilihat dari motor. Misalnya kita bisa tahu suhu mesin, suhu cuaca saat kita lagi riding, voltase aki, jarak tempuh kapan bahan bakar bakal habis, jam, RPM, kecepatan dan enggak lupa pengingat waktu servis.

Pengaturan Mantap

Masuk ke dalam menu kalian bakal disuguhi oleh beberapa menu yang ada. Misalnya melihat konektivitas Bluetooth, maps, setel lagu, bahkan melihat sinkronisasi alat komunikasi pada helm.

Kerennya lagi, maps yang ada di aplikasi ini bisa digunakan buat merekam aktivitas perjalanan kamu. Maps ini bisa merekam jejak dan kasih tau kecepatan yang kalian lalui di titik-titik tertentu.

Misalnya, kamu lagi lewat di daerah A dan melaju di kecepatan 80 km, dengan sudut kemiringan 20 derajat itu bisa ketahuan dan bakal terekam secara detail. Kerennya lagi, rekam jejak perjalanan kalian ini juga bisa di-share ke temen kalian, jadi temen kalian bisa mengikuti jejak perjalanan kamu.

Gila ya? Mantap banget motor ini, kan?

Belum selesai sampai di situ aja, motor ini juga punya fitur canggih lainnya yaitu Dynamic ESA. Suspensi dan karakter berkendara bisa diatur sesuka hati. tinggal pencet tombol dynamic ESA, maka settingan suspensi bakalan berubah secara otomatis. Preload dari suspensi bisa diatur sesuai kebutuhan berkendara kamu.

Mau berkendara boncengan atau sendirian dengan bawa barang atau riding berdua sambil bawa barang tinggal tekan tombol ini. Nantinya suspensi bakalan menyesuaikan kebutuhan kalian secara otomatis.

Fitur Keamanan BMW F900R

Keamanan pastinya jadi fokus utama BMW. Enggak heran kalau BMW F900R ini juga dibekali fitur keamanan lengkap.

Misalnya di bagian depan roda ada dua buah rem cakram berukuran 320 mm dengan kaliper radial 4 piston. Lalu di bagian belakang dipasangkan rem cakram berukuran 265 mm dengan kaliper 1 piston.

Kedua rem ini sudah pasti menggunakan teknologi ABS, jadi pasti aman saat mengerem mendadak. Selain itu, ada juga fitur MSR Dynamic engine brake control.

Fitur ini jadi fitur yang canggih banget, karena bisa mengurangi power mesin secara otomatis saat gas ditutup mendadak atau turun gigi. Gas ini nantinya bisa menyesuaikan pasokan udara dan bahan bakar dengan torsi yang dikontrol sama valve di dalam mesin.

Ada juga dynamic traction control, dynamic brake control yang bisa ngurangi gas secara otomatis saat lagi melakukan pengereman mendadak dan tyre pressure monitoring.

Kaki-kaki Gambot

Di bagian depan motor ini punya suspensi upside down berukuran 43 mm. Biar makin kelihatan kekar, BMW F900R memakai pelek 17 inci dengan lebar 3,5 inci yang dibalut ban 120/70.

Ban besar dan pelek yang lebar membuat motor terlihat kekar. (Foto: Rizen/Carmudi)

Sedangkan di belakang memakai pelek ukuran 17 inci dengan lebar 5,5 inci. Ban yang dipakai menggunakan profil 180/55 yang bikin motor jadi gambot kalau dilihat dari belakang.

Galeri BMW F900R

 

Foto: Rizen Panji

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: BMW Motorrad Rilis BMW F900R, Naked Bike Bertabur Fitur

Mobil Listrik Toyota Mendarat
Previous post
Dukung Pariwisata, Mobil Listrik Toyota Akan Berkeliaran di Bali
Mobil Diesel BMW dan Mini
Next post
Permintaan Menurun, BMW dan Mini Berhenti Produksi Mobil Diesel