Reviews

Review Spesifikasi dan Harga Toyota Sienta 2020, Makin Stylish

Toyota Sienta Terbaru. (Foto: TAM)

JakartaToyota Sienta telah resmi dipasarkan di Indonesia pada 2019 lalu dengan spesifikasi dan harga terbaru setelah tidak mendapatkan penyegaran sejak diluncurkan pertama kali pada 2016 silam.

Toyota Sienta terbaru memang tidak mendapatkan pembaruan yang terlalu banyak. Tetapi, mobil ini jadi terlihat lebih stylish dan sporty dibandingkan model sebelumnya. Selain itu, interiornya juga jadi terasa lebih nyaman dengan adanya fitur-fitur canggih yang cukup lengkap.

Toyota Sienta terbaru masuk ke segmen mobil Multi Purpose Vehicle (MPV). Memiliki desain yang sporty dan multifungsi, pihak Toyota sendiri menyebut mobil ini sebagai Multi Activity Vehicle (MAV).

Review Spesifikasi Toyota Sienta 2020

Mesin

Toyota Sienta terbaru dibekali mesin jenis 2NR-FE berkapasitas 1.500 cc. Mesin tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 105 Hp pada 6.000 Rpm dan torsi maksimal 140 Nm pada 4.200 Rpm.

Di sisi lain, mobil ini mengandalkan suspensi MacPherson Strut dengan Coil Spring dan Stabilizer pada bagian depan, serta suspensi Torsion Beam dengan Coil Spring dan Stabilizer di bagian belakang.

Eksterior

Toyota Sienta terbaru memiliki tampilan yang terlihat sporty. Mobil ini memiliki ukuran panjang 4.235 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.675 mm.

Pada bagian eksterior, Toyota Sienta mendapatkan pembaruan di bagian grip depan dengan gril berdesain honeycomb dengan aksen krom, sehingga bagian depan mobil jadi terlihat lebih sporty dan stylish.

Di sisi lain, mobil ini menggunakan headlamp yang sudah dibekali lampu proyektor LED dan lampu LED clearance. Namun, hanya tersedia pada varian Q.

Selain itu, bagian bawah bumper Toyota Sienta terbaru menggunakan aksen hitam dan terpisah dengan fog lamp yang memanjang dari headlamp hingga bagian bawah bumper.

Pada bagian samping tidak mengalami perubahan sama sekali. Sama seperti model sebelumnya, salah satu yang bisa dilihat adalah pegangan pintu sewarna dengan bodi mobil.

Selain itu, pintunya dibekali keyless entry dan menggunakan desain pintu geser otomatis untuk pintu penumpang agar mudah masuk ke dalam mobil tanpa perlu khawatir berbenturan dengan mobil lain di sekitar.

Spion Toyota Sienta terbaru juga dibekali dengan pengaturan auto retractable mirror, di mana spion tersebut dapat tertutup secara otomatis saat pintu mobil ini terkunci.

Di sisi lain pada bagian kaki-kaki, terdapat pelek berukuran 16 inci dan ground clearance setinggi 133 mm.

Toyota Sienta Terbaru. (Foto: TAM)

Sama seperti bagian samping, bagian belakang Sienta terbaru tidak mendapatkan penyegaran. Desainnya sama dengan model sebelumnya; dibekali stop lamp berdesain lancip yang memanjang sampai ke bagian pintu bagasi, serta rear garnish beraksen krom dan memanjang di atas pelat nomor mobil.

Selain itu, terdapat juga roof spoiler dan high mount stop lamp untuk memberikan tanda mobil berhenti atau melakukan pengereman. Tidak hanya itu, terdapat defogger dan wiper belakang guna membantu visibilitas pengemudi saat cuaca sedang hujan atau berkabut kala mundur.

Tidak ketinggalan, ada dua titik sensor dan kamera parkir belakang sehingga parkir mundur jadi lebih mudah.

Interior 

Interior Toyota Sienta Terbaru. (Foto: TAM)

Toyota Sienta terbaru memiliki ruang kabin berukuran luas. Terdapat aksen krom yang memanjang pada dasbor mobil, serta head unit premium AVX double DIN berwarna hitam dengan touch screen berukuran 6,8 inci.

Head unit berfungsi untuk memutar musik dari radio AM/ FM, CD, MP3, USB, dan bluetooth. Terdapat juga pengaturan AC mobil yang menggunakan kenop putar dan layar digital pada bagian bawahnya.

Di sisi lain, kursi Toyota Sienta terbaru masih menggunakan bahan fabric. Warna kursinya kini berwarna lebih gelap dengan perpaduan warna hitam dan burgundy.

Sebagai informasi, model sebelumnya menggunakan warna kursi oranye.

Untuk memberikan kenyamanan bagi pengemudi, Sienta terbaru sudah memiliki pengaturan reclining, sliding, dan height adjuster sehingga kursi pengemudi bisa diatur sesuai keinginan, serta armrest.

Selain itu, kursi baris kedua sudah dilengkapi leg room yang cukup luas, tiga headrest, dan dua armrest. Namun, kursi baris ketiga memiliki ruang kaki yang kurang luas meski sudah mendapatkan pembaruan.

Fitur 

Selain memiliki eksterior dan interior stylish, Toyota Sienta terbaru juga sudah dibekali dengan berbagai fitur yang cukup lengkap di kelasnya.

Terdapat fitur keselamatan seperti airbag di bagian depan, rear parking camera, hill start assist guna mencegah mobil mundur di tanjakan, serta vehicle stability control agar mobil ini tetap stabil.

Selain itu, terdapat juga sistem pengereman ABS, EBD, dan BA.

Untuk fitur keamanan, Sienta terbaru memiliki anti-theft system untuk mengantisipasi hal-hal mencurigakan seperti pencurian. Ketambahan lagi, engine immobilizer akan memberikan sinyal jika ada usaha menyalakan mobil secara paksa.

Harga Toyota Sienta 2020

Carmudi rangkum daftar harga Toyota Sienta terbaru:

  • Sienta 1.5 G M/T (black trim) Rp259,750 juta
  • Sienta 1.5 G CVT (black trim) Rp277,750 juta
  • Sienta 1.5 V M/T (black trim) Rp274,750 juta
  • Sienta 1.5 V M/T (fromage trim) Rp274,750 juta
  • 1.5 V CVT (black trim) Rp292,750 juta
  • 1.5 V CVT (fromage trim) Rp292,750 juta
  • 1.5 Q CVT (black trim) Rp313,55 juta.
  • 1.5 Q CVT (fromage trim) Rp313,55 juta.

 

Penulis: Nadya Andari 

Editor: Dimas

Baca Juga: Apakah Benar Konsumen di Indonesia Tidak Suka Mobil Kotak Seperti Toyota Sienta?

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts

/