HomeReviewsReview Spesifikasi dan Harga Toyota Yaris 2020, Ada Ubahan Baru Apa Saja?

Review Spesifikasi dan Harga Toyota Yaris 2020, Ada Ubahan Baru Apa Saja?

Review Spesifikasi, Harga, dan Servis  toyota yaris 2020
Tampilan depan New Yaris (Foto: TAM)

Jakarta – Pada minggu lalu, PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi merilis Toyota Yaris 2020 dengan segala ubahan pada spesifikasi hingga harga.

Harga Toyota Yaris 2020 turut dikoreksi seiring perubahan pada spesifikasinya. Kini hatchback modis ini dijual dengan harga mulai dari Rp263 jutaan tipe terendah hingga Rp301 jutaan tipe tertinggi.

Nama Toyota Yaris di Indonesia rasanya sudah menjadi salah satu mobil idaman yang ada bagi kalangan jiwa muda. Mobil hatchback satu ini dinilai mampu menawarkan desain yang agresif, sporty, dan kekinian.

Salah satu ubahan yang cukup terlihat adalah pergantian muka, atau facelift. Wajah depan dan belakang Toyota Yaris 2020 memang mendapatkan ubahan, namun dinilai tidak terlalu signifikan bagi sebagian orang.

Selain ubahan di bagian wajah depan dan belakang, ubahan lain terdapat pada bagian fitur. Kini, fitur Toyota Yaris produksi 2020 pun bertambah. Kalau dulunya memakai putaran AC model analog, sekarang sudah memakai model tombol digital.

spesifikasi dan harga toyota yaris 2020
New Yaris (Foto: TAM)

Selain itu, Toyota Yaris terbaru ini juga punya karakter kaki-kaki depan yang mendapat setting-an ulang. Salah satu efek yang sangat terasa bagi pengemudi adalah radius putarnya jadi jauh lebih kecil dibanding generasi sebelumnya.

Jika Toyota Yaris yang lama punya radius putar 5,6 meter, kini Toyota Yaris 2020 punya radius putar 5,1 meter. Hal ini membuat hatchback satu ini terasa lebih baik saat melahap putaran balik.

Tapi selain itu, apa saja sih yang baru dari Toyota Yaris 2020 ini?

Tampilan Muka Toyota Yaris 2020

Wajah lama Toyota Yaris yang dulu kerap disebut sebagai Yaris Joker kini sudah hilang. Banyak orang yang kurang suka dengan tampilan Joker tersebut, makanya Toyota pun mendesain ulang wajahnya agar terlihat lebih proporsional.

Hasilnya bagaimana?

Menurut kami tampilan Toyota Yaris 2020 ini jauh lebih wajar dan enak dilihat dibanding Toyota Yaris generasi sebelumnya.

Aksen senyum joker ini hilang diganti dengan kisi-kisi trapezoid yang memenuhi area bumper depan. Bagian tengah kini ada model sarang lebah berwarna hitam doff dengan campuran aksen warna merah.

Jelas ini membuat wajahnya lebih baik lah dibanding sebelumnya.

spesifikasi dan harga toyota yaris 2020
Tampilan depan New Yaris (Foto: TAM)

Perbedaan lainnya masih muncul dari bagian depan yakni bagian rumah foglamp. Bagian ini membentuk model huruf C dengan warna hitam doff. Lampunya sudah memakai LED, sehingga terang saat digunakan pada saat senja menyapa dan malam menerpa.

Sisanya, ya sudah, hampir sama seperti Toyota Yaris sebelumnya. Bisa dibilang ubahan kali ini pada Toyota Yaris 2020 cukup pelit.

Bagian Belakang Berubah Sedikit

Hal yang cukup menyedihkan Toyota Yaris produksi tahun 2020 berlanjut ke bagian belakang lantaran bisa dibilang tidak ada perubahan yang signifikan.

Bagian atap masih memakai spoiler besar di bagian atas yang bisa menambah aura sporty. Itu tadi merupakan ubahan untuk kasta TRD Sportivo yang paling atas.

Bagaimana dengan kasta di bawahnya? Jawabannya bisa dibilang tidak selengkap TRD Sportivo.

Wajahnya memang sama, tapi bedanya kasta di bawah itu memiliki gril yang dipertebal dengan warna hitam doff. Bagian ujung bumper juga tidak dibekali sama foglamp, tapi gantinya mendapatkan garnish ala-ala supaya lebih berkesan sporty.

harga spesifikasi toyota yaris 2020
Toyota Yaris Facelift (Foto: AutocarIndia)

Pembeda lainnya adalah komponen pengereman antara setiap varian yang ada.

Toyota Yaris varian teratas dibekali peranti pengereman cakram ukuran 15 inci di bagian depan. Sedangkan di bagian belakang memakai piringan solid.

Lalu, untuk varian di bawahnya disediakan peranti pengereman berupa cakram ukuran 14 inci di bagian depan, dan tromol di bagian belakang.

Perbedaan ini dikarenakan agar harga yang ditawarkan sesuai dengan apa yang didapatkan. Sekarang tergantung konsumen mau pilih kasta atas atau yang ada di bawahnya.

Warna Pilihan

Soal warna Toyota Yaris 2020, ada 7 pilihan yang disediakan, yaitu:

  • Citrus Mica Metallic
  • Silver Metallic
  • Gray Metallic
  • Red Mica Metallic
  • Orange Metallic
  • Super White
  • Attitude Black Mica.

Citrus Mica Metallic memang diplot sebagai hero color yang pada Toyota Yaris 2020 ini. Tapi, kembali lagi kepada selera.

Kalau menurut kami, sebuah hatchback akan lebih indah dan elegan jika punya warna gray atau silver metallic. Warna tersebut rasanya enggak terlihat murahan, ya.

spesifikasi harga toyota yaris 2020
Toyota New Yaris resmi meluncur (Foto: TAM)

Ubahan Interior Toyota Yaris 2020

Nah, ubahan di bagian interior Toyota Yaris 2020 yang paling signifikan ada pada bagian pengaturan AC yang sudah pakai model digital.

Sisanya? Masih sama aja dengan Yaris generasi sebelumnya. Layar head unit layar sentuh masih menjalankan fungsinya seperti generasi sebelumnya.

Oh iya, khusus TRD Sportivo layar head unit ini sudah dilengkapi dengan display baru dan kamera belakang yang lebih jelas. Gambarnya lebih baik dibanding generasi sebelumnya.

Lainnya adalah fitur keselamatan. Menariknya, Toyota menawarkan dua pilihan opsi keamanan. Ada yang dilengkapi 3 airbag, lalu ada juga yang dilengkapi dengan 7 airbag.

Versi 7 airbag memang ditawarkan kepada konsumen yang lebih memerhatikan faktor keamanan dan keselamatan saat berkendara. Lalu yang 3 airbag memang disediakan bagi konsumen tipe bawah sebagai peranti keamanan yang berfungsi melindungi pengemudi.

airbag toyota yaris 2020
7 Airbag New Yaris (Foto: TAM)

Mesin Toyota Yaris 2020 Masih Sama

Mesin Toyota Yaris terbaru produksi tahun 2020 ini sama seperti Yaris generasi sebelumnya. Ya, tanpa ubahan settingan maupun internal mesin juga. Jadi soal spare part mesin bisa dipastikan akan sangat mudah ditemui di berbagai bengkel Toyota di Indonesia.

Transmisi yang digunakan juga masih sama, ada yang manual 5 percepatan dan otomatis CVT dengan 7 percepatan.

Data Spesifikasi Toyota Yaris 2020 Indonesia:

  • Mesin: 2NR-FE
  • Jumlah Silinder: 4, Segaris
  • Teknologi Mesin: DOHC, Port Injection, Dual VVT-i
  • Kapasitas Mesin: 1.496 cc
  • Tenaga Mesin: 105 HP (107 PS) @ 6.000 rpm
  • Torsi Mesin: 140 Nm @ 4.200 rpm
  • Transmisi: Manual 5-percepatan / CVT 7-percepatan
  • Layout Mesin: Mesin Depan Penggerak Roda Depan
  • Kapasitas Tangki: 42 liter

Dimensi dan Kaki-kaki Toyota Yaris 2020 Indonesia:

  • Panjang: 4.145 mm
  • Lebar: 1.730 mm
  • Tinggi: 1.500 mm
  • Wheelbase: 2.550 mm
  • Sistem Kemudi: Electric Power Steering
  • Radius Putar: 5,1 m
  • Suspensi Depan: MacPherson Strut
  • Suspensi Belakang: Torsion Beam
  • Rem Depan: Cakram Ventilasi
  • Rem Belakang: Cakram
  • Sistem Rem: ABS, EBD, BA
  • Ukuran Ban: 195/50 R16

Fitur Yaris 2020 di Indonesia Beda dengan di Thailand

Sayangnya, New Yaris yang dijual di Indonesia tidak mendapatkan fitur baru. Berbeda dengan Thailand yang mendapatkan New Yaris dengan Toyota Safety Sense.

Dua di antaranya adalah Pre-Collision System (PCS) dan Lane Departure Alert (LDA).

Interior New Yaris TRD (Foto: TAM)

Fitur Pre-Collision System (PCS) bekerja dengan bantuan kamera yang terpasang di bagian depan mobil. Fungsinya mendeteksi kendaraan yang berada tepat di hadapan mobil.

Lewat fitur ini memungkinkan mobil menghindari tabrakan, sebab sistem akan memberikan peringatan kepada pengemudi jika mendeteksi adanya kemungkinan tabrakan. Apabila tidak ada respons dari pengemudi maka rem akan bekerja secara otomatis.

Lane Departure Alert (LDA) merupakan sistem yang dipadukan Steering Assist, guna mencegah mobil menabrak kendaraan lain apabila pengemudi tanpa sadar tertidur ketika berkendara.

Fitur keselamatan lain yang juga terbenam di New Yaris yaitu:

  • Vehicle Stability Control (VSC)
  • traction control
  • Hill-start Assist Control (HAC)
  • ABS, dan EBD
  • Brake assist
  • kamera parkir belakang
  • Sistem peringatan penggunaan seatbelt di semua bangku.

Versi Jepang Punya Kursi Welcab Seperti Toyota Sienta Welcab

Toyota Motor Corporation (TMC) meluncurkan model baru dari Yaris untuk pasar Jepang pada Februari 2020. New Yaris dikembangkan untuk menggabungkan karakteristik performa yang gesit dengan kenyamanan berkendara berkualitas tinggi.

Selain itu mengkombinasikan teknologi keselamatan dan keamanan terbaru untuk memenuhi harapan pelanggan.

Toyota New Yaris Jepang (Foto: Toyota)

Yaris baru sudah mengadopsi platform Toyota New Global Architecture (TNGA) untuk mobil kompak serta memiliki bodi ringan dan sangat kaku dengan pusat gravitasi rendah.

Sistem hybrid pada mobil ini menggunakan mesin tiga silinder segaris 1,5 liter, sehingga tercipta kinerja berkendara yang kuat dan efisien bahan bakar.

Fakta menarik lainnya, Yaris baru adalah mobil kompak Toyota pertama yang dilengkapi sistem penggerak empat roda elektrik E-Four.

Satu fitur menarik New Yaris di Jepang adalah kursi Welcabs. Fitur ini diperuntukkan bagi penyandang disabilitas supaya mudah masuk maupun keluar kabin.

Kursi Welcabs bekerja menggunakan motor yang memungkinkan kursi dapat diputar, naik dan turun secara elektrik sampai bagian luar mobil.

Toyota Yaris 2020 Jepang (Foto: Toyota)

Tak kalah menariknya, Yaris baru dilengkapi dengan Toyota Teammate Advanced Park, termasuk fungsi Panoramic View Monitor, Toyota Safety Sense, dan head unit yang dapat dihubungkan ke smartphone.

Mobil ini juga memiliki power outlet 1.500 watt, memungkinkan kendaraan digunakan sebagai generator listrik ketika lampu padam dan saat-saat darurat lainnya.

Harga Toyota Yaris 2020 (Facelift) Indonesia (OTR Jabodetabek September 2020):

  • New Yaris G M/T 3 Airbag Rp 263.400.000
  • New Yaris G M/T 7 Airbag Rp 268.400.000
  • New Yaris G CVT 3 Airbag Rp 274.200.000
  • New Yaris G CVT 7 Airbag Rp 279.200.000
  • New Yaris TRD Sportivo M/T 3 Airbag Rp 284.800.000
  • New Yaris TRD Sportivo M/T 7 Airbag Rp 289.800.000
  • New Yaris TRD Sportivo CVT 3 Airbag Rp 296.400.000
  • New Yaris TRD Sportivo CVT 7 Airbag Rp 301.400.000

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Harga Toyota Yaris Terbaru Rp263 Jutaan, Berikut Fakta Menariknya

Harga Suzuki GSX-R150 ABS
Previous post
Kenali Penyakit Suzuki GSX-R150, Muncul Setelah Beberapa Tahun
Next post
Hasil Uji Tabrak Isuzu D-Max 2021 Memuaskan