Reviews

Review Spesifikasi, Harga, dan Purna Jual Nissan Kicks e-Power 2021

spesifikasi dan harga nissan kicks e-power

Nissan Kicks e-Power (Foto: Nissan)

JakartaNissan Kicks e-Power telah resmi meluncur dan menjadi model pertama dengan spesifikasi berteknologi e-Power untuk konsumen di Indonesia.

Kehadiran Kicks e-Power ini sekaligus memperkuat komitmen Nissan dalam menyuguhkan kendaraan berteknologi baru dan sistem penggerak alternatif untuk publik.

Nissan Kicks e-Power membuat penggunanya tidak perlu cas baterai kalau dayanya habis. Selain itu, para penggunanya pun tidak perlu membangun unit instalasi pengecasan tersendiri di rumah.

Hal ini karena teknologi e-Power yang tersematkan merupakan sistem pengisian daya baterai dengan bantuan mesin bensin berkapasitas kecil. Roda-roda sepenuhnya digerakkan motor listrik, sementara mesin bensinnya hanya untuk mengecas baterai.

Ya, jadi bisa dibilang meskipun mobil listrik tapi tetap akan punya knalpot seperti mobil bertenaga hybrid.

Lebih lengkapnya, berikut ulasan (review) Nissan Kicks e-Power 2021 mulai dari spesifikasi, harga, hingga paket purna jualnya.

Baca Juga:

Spesifikasi Nissan Kicks e-Power

Ukuran Dimensi

Secara dimensi Nissan Kicks e-Power merupakan SUV kompak yang sangat cocok untuk kebutuhan mobilitas urban. Ukurannya tidak terlalu bongsor dan juga tak begitu alit.

Di atas kertas, Nissan Kicks e-Power memiliki ukuran sebagai berikut:

  • Panjang: 4.305 mm
  • Lebar: 1.760 mm
  • Tinggi: 1.615 mm
  • Sumbu Roda: 2.620 mm
  • Ground Clearance: 175mm

Spesifikasi Mesin Nissan Kicks e-Power

spesifikasi teknologi e-power pada nissan kicks

Nissan Kicks dan ilustrasi teknologi e-Power (Foto: Nissan)

Seperti disebutkan sebelumnya, Kicks e-Power dilengkapi motor listrik EM57, generator dan inverter. Selain itu ada juga mesin konvensional berkapasitas 1,2 liter DOHC 12 katup tiga silinder guna mengisi daya baterai lithium-ion

Dengan spesifikasi dapur pacu tersebut, Nissan Kicks e-Power mampu menghasilkan tenaga maksimal 127 hp dan torsi puncak mencapai 260 Nm.

Tak hanya mesinnya saja, pedal gas Nissan Kicks e-Power juga tak kalah unik. Pasalnya, mobil lima pintu ini hanya punya satu pedal.

Sistem “One-Pedal Operation” ini merupakan teknologi pintar yang memungkinkan berkendara jadi lebih menyenangkan.

Spesifikasi Mesin

  • Motor Listrik: EM57
  • Jenis Motor: AC3 Synchronous Motor
  • Tenaga Maksimum: 127 Hp/4.000-8.992 rpm
  • Torsi Maksimum: 260 Nm/500-3.008 Nm
  • Transmisi: Single Speed Gear Reduction
  • Layout Mesin: Motor Listrik Depan Penggerak Roda Depan

Spesifikasi Generator e-Power

  • Mesin: HR12DE
  • Jumlah Silinder: 3, Segaris
  • Teknologi Mesin: DOHC, ECCS, CVTC
  • Kapasitas Mesin: 1.198cc
  • Tenaga Maksimum: 78 Hp/6.000 rpm
  • Torsi Maksimum: 103 Nm/3.600-5.200 rpm
  • Kapasitas Tangki: 41 liter

Impresi Desain

tampilan desain eksterior nissan kicks e-power

Desain Nissan Kicks e-Power berkarakter tangguh, modern, dan berkelas (Foto: Istimewa)

Nissan mengklaim desain Kicks e-Power ini memadukan desain khas pabrikan yang khas seperti pada gril V-motion, floating roof, lampu depan LED dengan logo Kicks yang unik, serta warna eksterior two tone.

Menambah karakter tangguh, modern, dan berkelas, Kicks e-Power pun menggunakan pelek 17 inci pada kaki-kakinya.

Pilihan Warna:

  • Monarch Orange & Hitam
  • Storm White & Hitam
  • Gun Metallic (monotone)
  • Black Star (monotone)

Masuk ke dalam kabin, Nissan Kicks e-Power memiliki kabin yang cenderung lega serta bernuansa sporty dengan balutan spesifikasi jok kulit berwarna hitam. Bagian bagasi belakang sendiri mampu mencapai volume hingga 423 liter.

kabin nissan kicks e-power dinilai cukup luas

Ilustrasi kabin Nissan Kicks e-Power (Foto: Nissan)

Fitur Pendukung

Nissan Kicks e-Power juga telah dibekali beberapa fitur berteknologi canggih. Seperti salah satunya adalah paket keselamatan Nissan Safety Shield System yang termasuk di dalamnya adalah teknologi Intelligent Forward Collision Warning dan Intelligent Emergency Braking System.

Intelligent Forward Collison Warning adalah teknologi yang mampu mendeteksi pergerakan mendadak yang ada di depan kendaraan dan memberi peringatan kepada pengemudi akan potensi tabrakan.

spesifikasi, harga, dan purna jual nissan kicks e-power

Interior Nissan Kicks e-Power (Foto: Nissan)

Sementara itu, Intelligent Emergency Braking secara otomatis mengaktifkan pengereman ringan dan pengereman darurat saat risiko tabrakan meningkat. Dengan begitu, kendaraan mampu terhindar dari tabrakan belakang atau mengurangi dampak dari tabrakan itu sendiri.

Teknologi lainnya adalah Intelligent Cruise Control yang mampu membuat mobil menjaga jarak dan berkecepatan aman dari kendaraan di depannya.

Adapun ragam teknologi Nissan Kicks e-Power lainnya; Blind Spot Warning, Intelligent Around View Monitor with Moving Object Detection, Rear Cross Traffic Alert, Intelligent Trace Control, dan Hill Start Assist.

Paket Pembelian dan Harga Nissan Kicks e-Power

Seremonial peluncuran nissan kicks e-power

Isao Sekiguchi dan Bagus Susanto, saat seremonial peluncuran Kicks e-Power (Foto: Nissan)

Nissan menjual Kicks e-Power dengan harga Rp449 juta (OTR DKI Jakarta). Dari awal pemesanan, konsumen akan segera mendapatkan unit karena keran pengiriman unit sudah dilakukan Oktober 2020 ini.

Memprioritaskan layanan purna jual, harga jual Kicks e-Power itu sudah termasuk Nissan Care Package yang berupa suku cadang dan servis berkala gratis hingga 4 tahun/50 ribu km.

Selain garansi kendaraan standar 3 tahun/100 ribu km, Nissan juga memberikan garansi untuk baterai lithium-ion dan sistem kelistrikan hingga 5 tahun/100 ribu km. (ADV)

 

Penulis: Dimas Hadi

Dimas Hadi

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di Carmudi Indonesia. Sebelumnya aktif menulis bermacam esai sosial-budaya dan beberapa karya tulis lainnya sejak 2009. Email : [email protected]
Follow Me:

Related Posts