Reviews

Review Spesifikasi Honda Brio RS Urbanite 2021

Review Spesifikasi Honda Brio RS – Setelah melihat langsung penampilannya beberapa waktu lalu, berikut ini review spesifikasi Honda Brio RS Urbanite Edition.

Satu hal yang perlu diingat, mobil ini adalah tipe tambahan di keluarga Honda Brio. Jadi bukan facelift apalagi generasi baru. Bukan juga edisi terbatas karena tak ada batasan jumlah produksi.

Jadi kalau bisa disimpulkan, mobil ini merupakan pengembangan dari Honda Brio RS yang sudah ada tapi dengan penampilan lebih sporty.

Caranya dengan memberi body kit yang bisa ditemui mulai dari bagian depan hingga belakang mobil. Lebih detail mengenai hal ini Carmudian lihat pada sub judul eksterior di bawah.

Honda Brio RS Urbanite lebih sporty

Mobil ini merupakan pengembangan dari Honda Brio RS yang sudah ada tapi dengan penampilan lebih sporty. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Melalui kehadirannya, PT Honda Prospect Motor (HPM) mungkin ingin merayakan pencapaian Honda Brio yang tercatat sebagai mobil terlaris di Indonesia pada 2020 lalu.

Ada dua tipe yang tersedia untuk mobil ini, yaitu Honda Brio RS MT Urbanite Edition dan Honda Brio RS CVT Urbanite Edition. Harganya menjadi yang termahal di keluarga Honda Brio saat ini dengan selisih sekitar Rp7,5 juta untuk tipe CVT-nya.

Lantas, apakah layak merogoh kantong lebih dalam untuk memilikinya? Simak ulasan berikut.

Review Spesifikasi Honda Brio RS Urbanite: Eksterior

Sejak lama Honda Brio khususnya tipe RS dikenal sebagai city car dengan rasa berkendara yang sporty. Body-nya yang mungil pun membuat mobil ini punya handling cukup lincah.

Dibanding Honda Brio Satya yang masuk kategori Low Cost Green Car (LCGC), Brio RS punya kaki-kaki lebih besar dengan velg 15 inci. Konon setting suspensi juga dibuat lebih kaku guna membantunya bermanuver lebih baik.

Dan sekarang karakter sporty tersebut juga dituangkan pada penampilan eksteriornya.

Honda Brio RS Urbanite diberi tambahan body kit

Wajah depan Honda Brio RS Urbanite Edition sedikit berbeda karena ada tambahan body kit. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Wajah depan Honda Brio RS Urbanite Edition sedikit berbeda karena ada tambahan body kit hitam glossy menempel di bumper.

Kalau dilihat seksama, bentuknya bakal mengingatkan Carmudian sama yang menempel di Honda Jazz RS. Tapi punya Honda Brio RS Urbanite justru lebih agresif.

Bicara inspirasi, sebenarnya acuan tampilan mobil ini adalah Honda Small RS Concept yang pernah dipamerkan 2018 lalu.

Bentuk body kit di depan sangat mirip. Begitu juga dengan body kit yang ada di belakang.

Walaupun menurut kami desainnya berlebihan untuk panel sampingnya yang berwarna silver. Keberadaanya seolah-olah ingin mengelabui mata dengan wujud mirip knalpot.

Tapi mungkin saja hal ini bukan masalah untuk Carmudian karena setiap orang boleh punya selera berbeda.

Honda Brio RS Urbanite mengacu Honda Small RS Concept

Acuan tampilan mobil ini adalah Honda Small RS Concept yang pernah dipamerkan 2018 lalu. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Lanjut ke sisi samping, di sini juga ada side skirt tambahan. Tapi kali ini desainnya justru lebih kalem dibanding milik Honda Small RS Concept.

Untuk melengkapi tampilan sporty-nya Honda juga memberikan spion dan handle pintu berwarna hitam.

Di luar itu semua, penting diketahui untuk pilihan warna yang tersedia. Honda Brio RS Urbanite hanya tersedia dalam balutan kelir Phoenix Orange Pearl (oranye) dan Carnival Yellow (kuning).

Keduanya punya atap berwarna hitam. Selebihnya eksterior masih sama dengan Honda Brio RS biasa.

Lampu depan mayoritas masih halogen, cuma lampu kecil atau yang Honda sebut sebagai guide lamp saja yang sudah LED. Di bagian belakang juga demikian, cuma High Mount Stop Lamp (HMSL) yang sudah LED.

Desain pelek 15 inci tak berubah dan Carmudian juga masih bisa melihat spoiler belakang yang sama dengan Honda Brio RS biasa.

Interior Honda Brio RS Urbanite Edition

Dashboard masih menggunakan milik Honda Brio RS yang punya ciri khas aksen warna oranye. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Review Spesifikasi Honda Brio RS Urbanite: Interior

Tak ada yang berubah di dalam kabin. Dasbor masih menggunakan milik Honda Brio RS yang punya ciri khas aksen warna oranye. Sentuhan semacam ini juga bisa dilihat di bagian dalam pintu.

Kemudian bisa ditemui jok dibalut bahan kain dengan konfigurasi dua baris. Karena dibuat dengan basis Honda Brio RS maka semua bangku memiliki sandaran kepala yang adjustable.

Desain jok warna hitam dengan jahitan oranye juga menjadi ciri khas Honda Brio RS sejak lama. Berbeda dengan milik Honda Brio Satya yang menggunakan warna krem terang.

Untuk head unit menggunakan layar sentuh 6,2 inci yang menyediakan mayoritas sistem koneksi, mulai dari Bluetooth, Aux In, ataupun USB port.

Sedikit ke bawah, pengaturan AC sudah digital, tapi fungsinya masih terbatas.

Pengaturan kursi pengemudi dan penumpang depan semua masih manual. Dan hanya bisa diatur untuk sudut rebah dan maju mundurnya.

Sedangkan pengaturan lingkar setir terbatas tilt, belum teleskopik. Tapi sudah ada audio steering switch, sama halnya dengan semua tipe Honda Brio.

Fitur ECO indicator juga tetap bisa ditemui untuk membantu Carmudian berkendara hemat bahan bakar.

Fitur Honda Brio RS Urbanite Edition

Lagi-lagi ada perbedaan dalam hal fitur dibanding Honda Brio RS biasa. Fitur khas yang ada di tipe itu juga bisa ditemui pada edisi spesial ini. Mulai dari spion elektrik ataupun tweeter speaker.

Kemudian keyless entry, immobilizer, auto door lock, alarm sudah menjadi kelengkapan standar. Begitu juga dengan ABS + EBD, sensor parkir, buka bagasi elektrik, dual SRS airbag, dan tentunya Alat Pemadam Api Ringan (APAR).

Mesin Honda Brio RS Urbanite Edition

Mesin 4 silinder dengan kapasitas 1.199 cc SOHC i-VTEC masih menjadi andalan untuk tipe ini. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga 90 Ps @6.000 rpm dan torsi 110 Nm @4.800 rpm.

Seperti sudah disinggung di awal, Honda Brio RS Urbanite tersedia dalam dua pilihan transmisi. Pertama adalah manual 5 kecepatan dan CVT with Earth Dream Technology.

Adapun tenaga dari mesin disalurkan ke sistem penggerak roda depan.

Penggunaan transmisi CVT membuat rasa berkendara dengan mobil ini menjadi cukup halus tanpa mengurangi karakter sporty yang dimilikinya.

Sementara itu, mesin ini memiliki perbandingan kompresi 10,1:1 yang berarti punya pilihan bahan bakar oktan 90 atau 92. Masih bisa minum Pertalite atau sekelasnya, walau sebaiknya memilih Pertamax.

harga Honda Brio RS terbaru

Honda Brio RS Urbanite Edition dijual lebih mahal Rp7 jutaan. (Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Harga Honda Brio RS Urbanite Edition

Hadirnya tipe tambahan ini bisa menjadi pilihan buat mereka yang menginginkan Honda Brio RS dengan tampilan lebih sporty. Atau mungkin saja sebagai pelarian dari Honda Jazz RS.

Selisih harga sekitar Rp7 juta rasanya masih bisa diterima untuk penambahan aksesori yang dimiliki Honda Brio RS Urbanite. Carmudian akan mendapat body kit yang cukup komplet dengan kualitas pabrikan.

Bagaimana menurut Carmudian? Atau lebih baik modif sendiri?

TipeHarga
Honda Brio RS CVT Urbanite EditionRp200.200.000
Honda Brio RS MT Urbanite EditionRp185.800.000
Honda Brio RS CVTRp192.700.000
Honda Brio RS MTRp178.300.000
Honda Brio Satya E CVTRp173.500.000
Honda Brio Satya E MTRp158.000.000
Honda Brio Satya S MTRp149.000.000

Keterangan: Harga mengacu pada informasi di situs web PT Honda Prospect Motor, diakses Selasa, 2 Maret 2021. Harga tidak mengikat dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts