Reviews

Review Suzuki Grand Vitara Bekas: Murah Meriah Nyaman!

Review kali ini akan membahas mengenai Suzuki Grand Vitara bekas. Ternyata SUV yang satu ini boleh jadi alternatif bagi Carmudian yang ingin mencari mobil nyaman.

Selain harganya yang murah, ternyata kenyamanan Suzuki Vitara bekas sangat baik. Terbukti masih banyak penggunanya di seputaran wilayah Jakarta.

Di Indonesia, Suzuki Grand Vitara hadir hingga tiga generasi. Nah, yang akan kami bahas di review kali ini adalah generasi ketiga yang hadir sejak 2005 sampai 2017 silam.

Suzuki Grand Vitara bekas

(Foto: Auto ABC)

Suzuki Grand Vitara generasi ketiga ini punya desain yang cukup boxy alias mengotak. Tampilannya maskulin, masih menggambarkan kesan SUV tangguh.

Review Suzuki Grand Vitara Bekas

Dari segi harga, Suzuki Grand Vitara kondisi bekas memang cukup menggoda. Sebab harga SUV yang satu ini sudah berada di bawah Rp100 jutaan. Sehingga cukup masuk akal untuk dibeli bagi mereka yang baru mau punya mobil.

Dari segi harga memang cukup terjangkau dan yang terpenting kenyamanannya juga oke. Namun mobil satu ini kurang cocok bagi mereka yang mencari kapasitas muat banyak karena hanya bisa mengangkut lima orang saja.

Mesin Bandel

Jika membahas Suzuki Grand Vitara bekas, yang terlintas di benak adalah mesin yang bandel. Harus diakui jika mobil yang dibuat di Indonesia ini punya durabilitas yang baik.

Mesinnya cukup bandel dan sanggup untuk disiksa. Tri Setia Irawan, salah satu penggunanya mengatakan jika mesin Suzuki Vitara generasi ketiga ini tak perlu diragukan lagi.

Suzuki Grand Vitara bekas

“Kalau tarikan mesin ini harus diakuin enak, kok. Mobilnya dipakai harian juga nyaman,” katanya kepada Carmudi sembari membeberkan pengalaman berkendara.

Suzuki Grand Vitara dibekali dengan mesin 2.393 cc, 4 silinder, DOHC, VVT dengan keluaran tenaga mencapai 166 hp @6.000 rpm dengan torsi maksimal 227 Nm @3.800 rpm.

Transmisinya tersedia dalam varian manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan.

Spesifikasi Mesin Suzuki Grand Vitara

Jenis mesin4 silinder sejajar
Kapasitas 2.393 cc
Teknologi mesinDOHC, VVT
Tenaga 166 hp @6.000 rpm
Torsi 227 Nm @3.800 rpm
TransmisiManual 5 percepatan, otomatis 4 percepatan
Konsumsi BBM1:6-7 km/liter

Konsumsi BBM Boros

Walaupun dibekali dengan mesin yang cukup mumpuni, namun ada yang harus dikorbankan. Mereka yang menggunakan Suzuki Grand Vitara generasi ini rata-rata mengeluhkan konsumsi BBM yang cukup boros.

Untuk penggunaan dalam kota, SUV satu ini mampu mencatatkan angka di kisaran 1:6 km/liter. Bahkan rata-rata angka terbaik yang bisa dicatatkan ada di 1:7 km/liter.

Bagi mereka yang terbiasa memakai mobil irit, dijamin bisa menangis ketika memakai mobil ini di Jakarta. Sebab mobil Suzuki satu ini benar-benar boros ketika terkena macet.

Suzuki Grand Vitara bekas

“Kalau boros ini relatif, tergantung perawatan dan gaya berkendara masing-masing, ya. Tapi memang, sih, untuk ukuran mesin 2.400 cc tenaganya cukup lumayan,” sambung Tri.

Eksterior Suzuki Grand Vitara Bekas

Desain Boxy

Bagi penyuka SUV berdesain kotak, Suzuki Grand Vitara bekas ini cocok menjadi pilihan. Hal tersebut dapat dilihat dari bentuknya.

Bagian depan, samping dan belakang bisa dibilang terlihat biasa saja. Oh iya, di bagian belakang masih menggunakan ban serep yang ditempel di pintu belakang sehingga kesan SUV era 1990-an dan awal 2000-an cukup kental terasa.

Suzuki Vitara

Suzuki Grand Vitara yang tak mampu bersaing di pasar SUV. Foto/SIS.

Fitur bawaan eksteriornya juga tak ada yang spesial. Lampu depannya sudah memakai model HID dengan warna kuning halogen. Di bawah bumper terdapat fog lamp berwarna halogen yang bisa membantu penerangan.

Di bagian samping, spionnya sudah bisa diatur secara elektronik sehingga tak terlalu berkesan sebagai mobil tua secara usia.

Dimensi Lumayan Kompak

Jika dibandingkan dengan mobil di era sekarang, dimensi Suzuki Grand Vitara bekas ternyata tak terlalu besar. Panjangnya mencapai 4,5 meter dengan lebar 1,8 meter. Tinggi mobil ini mencapai 1,6 meter dengan panjang sumbu roda di angka 2,6 meter.

Dimensi Suzuki Grand Vitara

Panjang 4,5 meter
Lebar 1,8 meter
Tinggi 1,6 meter
Jarak sumbu roda2,6 meter

Tidak terlalu besar, tapi dibilang kecil juga tidak. Lumayan pas lah untuk ukuran garasi di rumah minimalis modern yang ada saat ini.

Interior Suzuki Grand Vitara Bekas

Desain Kuno

Harus diakui, desain interiornya jelek. Entah karena apa, tapi menurut kami desain interior dari Grand Vitara generasi ketiga ini cukup jelek.

Tampilan head unit-nya benar-benar jelek jika masih mempertahankan bawaan aslinya. Jika dilihat mirip kalkulator jadul atau tombol telepon rumah.

Fitur dan interior Suzuki Grand Vitara

Di bagian bawah terdapat putaran kenop AC. Pengemudi bisa mengatur arah embusan angin, suhu, dan pilihan embusan AC yang diinginkan.

Lalu di bagian tengah, mobil ini memakai model transmisi otomatis yang model berkelok. Bagi saya pribadi, ini menjadi salah satu bagian favorit saya di interior Grand Vitara.

Kabin Lega

Bagi mereka yang mencari kenyamanan, Grand Vitara memiliki poin lebih dalam hal ini. Salah satunya karena kabinnya yang lega.

Ruang kaki dan ruang kepala bagi di jok depan dan belakang sama-sama lega. Penumpang bisa mengatur sesuai selera posisi duduk yang diinginkan tanpa mengganggu orang lain.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Vitara Bekas

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Vitara Bekas
KelebihanKekurangan
  • Harga cukup murah
  • Konsumsi BBM boros
  • Suspensi nyaman
  • As roda cepat oblak
  • Kabin lega
  • Sparepart mahal

 

(Suzuki Grand Vitara/yran4x4.blogspot.com)

Berdasarkan review Suzuki Grand Vitara bekas di atas, rasanya sah-sah saja jika mobil ini dijadikan first car. Namun, wajib diperhatikan tentang perbaikannya.

Yang namanya mobil bekas sudah pasti wajib melakukan perbaikan. Baik itu minor maupun mayor, semua tergantung kondisinya.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *