Home » Mobil » Review Toyota C-HR, Model TNGA Pertama di Indonesia

Review Toyota C-HR, Model TNGA Pertama di Indonesia

Toyota C-HR dipamerkan di panggung dalam balutan kelir merah, berbeda dengan warna yang ditampilkan saat GIIAS 2017 lalu (Foto: Carmudi)

Brand new Toyota C-HR, mendengar nama ini jujur saja kami langsung membayangkan sebuah mobil crossover dengan bentuk yang cukup eye catchy. Perkataan di atas merupakan perkataan yang sangat jujur bagi setiap orang yang melihat bentuk Toyota C-HR. Pasalnya, mobil yang diperkenalkan di awal tahun 2017 silam ini menjadi mobil pertama Toyota di Indonesia yang mengusung konsep Toyota New Global Architecture (TNGA).

Menggunakan platform baru TNGA, tentu saja Toyota C-HR memiliki daya tarik dan mencoba menawarkan sensasi mengemudi yang sangat berbeda dibanding model Toyota lainnya. Memang harus diakui, Toyota C-HR ini punya banderol harga yang cukup mahal untuk sebuah crossover jika dibandingkan dengan kompetitornya. Hal tersebut tentunya membuat kami mengeluarkan pertanyaan,”Mengapa ia punya harga yang begitu mahal? Apa kelebihan dari Toyota C-HR ini?”.

Carmudi Indonesia akan memberikan pandangan lengkap mengenai mobil berpenumpang 5 orang ini kepada Anda. Semua gambaran yang kami berikan merupakan sesuai dengan pengalaman yang sudah pernah kami rasakan pada saat mencicipi mobil ini lewat sesi test drive yang diadakan oleh Toyota. Sejatinya, mobil ini berkompetisi secara langsung dengan Mitsubishi Outlander, Honda HR-V dan Nissan Juke.

Impresi Eksterior

Jika membahas desain dari mobil ini, menurut kami Toyota C-HR memiliki desain yang jauh lebih menarik dibandingkan dengan para kompetitornya. Desain C-HR terlihat lebih agresif, modern dan dinamis berkat konsep TNGA yang tertanam pada mobil. Jika melihatnya dari depan, Toyota C-HR ini seakan terlihat mirip Nissan Juke, tapi dengan desain yang lebih segar.

Dimensi
Panjang (mm)4,360
Lebar (mm)1,795
Tinggi (mm)1,565
Jarak Sumbu Roda (mm)2,640
Toyota Hybrid
Toyota C-HR Hybrid (Foto : Carmudi Indonesia/Yong)

Di bagian lampu depan, Toyota C-HR ini memakai lampu projector. Sayangnya lampu ini masih memakai pencahayaan halogen, namun bagian DRL sudah mengadopsi LED yang menambah kesan modern pada sebuah mobil. Di bagian bawah bumper depan terdapat fog lamp dengan lampu halogen yang menambah kesan elegan. Wajah depan dari mobil ini terlihat cukup agresif, tetapi beberapa orang menganggap jika bagian depan mobil ini terlihat aneh.

Di bagian samping, crossover ini dibekali dengan velg berukuran 17 inci. Di balik spion juga terdapat lampu sein yang menambah keamanan dari sisi samping dan tentunya memudahkan pengendara lain untuk melihat lampu sein. Tarikan garis yang tegas dengan banyak lekukan membuat C-HR terlihat sebagai salah satu mobil mewah. Di bagian bawah, terdapat aksen hitam doff di bagian bawah pintu, dan over fender. Desain ini memberikan efek sporty dan futuristic pada mobil ini. Cakep sih! Lanjut ke bagian belakang. Di bagian buritan, Toyota C-HR punya desain yang sedikit nyeleneh dengan desain bumper, lampu belakang yang sangat berbeda dibanding kompetitornya. Oya, di bagian belakang terdapat rear spoiler yang makin menambah kesan sporty.

Kaki-kaki
Suspensi DepanMacPherson strut
Suspensi BelakangDouble Wishbone
Rem DepanVentilated disc
Rem BelakangSolid Disc
Ukuran Ban215/60 R17

Impresi Interior

Setelah melihat bagian luar dari mobil ini, kami akhirnya sedikit paham kenapa Toyota C-HR dibanderol dengan harga mahal. Berlanjut ke bagian dalam mobil ini. Begitu membuka pintu, kesan pertama yang kami dapat mengenai interior mobil ini adalah mewah. Ya, Toyota memberikan interior yang sangat berkelas pada model C-HR ini. Tentunya karena mobil ini mengusung konsep TNGA global, makanya interiornya sangat terasa sentuhan baru dari gaya bahasa desain Toyota.

Interior Toyota C-HR (Foto: TAM)

Dashboard dari mobil ini punya banyak bentuk hexagonal yang menjadi ciri khas dari C-HR. Kami bahkan sampai sedikit tercengang saat melihat desain dari C-HR ini. Desain setirnya juga cukup menggambarkan kesan mewah dan elegan. Terdapat tombol di sisi kanan dan kiri setir yang dapat digunakan untuk berbagai pengaturan mulai dari volume, dan juga pengaturan informasi MID. Instrument clusternya juga cukup menegaskan kesan mewah dan elegan.

Posisi Duduk

Jok dari Toyota C-HR ini punya potongan yang cukup menarik. Saat pertama kali menduduki jok ini cukup terasa memeluk badan dan joknya cukup empuk. Namun, sayangnya pengaturan joknya masih manual belum elektrik untuk mobil semahal ini. Ruang kaki dan ruang kepala yang dihasilkan sangat lega. Posisi duduk yang rileks di dapatkan dengan mudah. Namun, bagi Anda yang ingin kapasitas ruang yang besar, jangan memilih mobil ini.

Fitur Keamanan

SUV mewah garapan Toyota ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 4.360, memiliki lebar 1.795 mm, dan tingginya mencapai 1.565 mm. Di bagian dalam, Toyota menanamkan 7 buah airbag yang tersebar di beberapa bagian. Mulai dari 2 airbag depan, 2 airbag samping, 2 airbag di bagian kaki depan, dan sisi jendela yang dipenuhi dengan airbag yang dapat memberikan keamanan bagi penggunanya. Ada juga blind sport monitoring system, rear view monitoring system, VSC, ABS, EBD, dan brake assist. Wajar saja jika fitur keamanannya cukup lengkap, mengingat harga mobil ini hampir setengah milyar.

Toyota C-HR (Foto: Paultan)

Ruang penyimpanan mobil ini terbilang sedikit. Menurut kami wajar saja, karena mobil ini diperuntukkan bagi Anda yang menginginkan sensasi berkendara seorang diri bukan bersama keluarga. Pengaturan AC sudah digital dengan dual climate zone di bagian depan. Menduduki jok bagian belakang, mobil ini sebenarnya punya posisi duduk yang cukup nyaman. Ruang kaki dan ruang kepala yang diberikan oleh C-HR ini tergolong luas, sayangnya kaca di bagian samping  ukurannya terlalu kecil menurut kami.

Bicara visibilitas, kaca belakang dari mobil ini menurut kami kurang memberikan pandangan yang memuaskan terhadap kondisi jalan di belakang. Karena kaca belakang mobil ini sangat kecil.

Fitur
KenyamananKombinasi warna Black & Licorice Brown
Tilt & Telescopic Steering
Desain Dashboard Futuristik dengan aksen Diamond di kisi”
A/C dan material Soft Touch
Auto A/C with Dual Zone + Digital
Headunit 7 Inch (Bluetooth, AUX, USB, FM/AM, CD,MP3, Mirrorlink / Miracast, Weblink)
Jok sporty dengan kulit warna hitam + Lumbar Support
Spion Elektrik + Auto Retractable
Audio Steering Switch with Phone Mode
Keamanan7 Airbag (Driver, Passangger, 2 Side Curtain, 2 Seat, Knee)
ABS + EBD + BA
TRC + VSC + HSA
Double Disc Brake
ISOFIX
5 Headrest
Blind Spot Monitoring
Electronic Parking Brake
Brake Hold
Rear-view camera

Performa Mesin Toyota C-HR

Mobil yang di datangkan langsung dari Thailand ini dibekali dengan mesin berkapasitas 1.800 cc, 4 silinder, dengan tenaga 141 hp dengan torsi maksimal yang dapat diraih mencapai 17.4 Kgm. Mesin berkode 2ZR-FBE ini dikawinkan dengan transmisi CVT 7 percepatan sequential shiftmatic yang diklaim dapat memberikan tenaga besar dengan karakter yang halus.

Sebenarnya, karakter dari mesin C-HR yang digunakan saat ini tidak terlalu memiliki nilai lebih. Di putaran bawah, tenaga dari mesin ini biasa saja. Tetapi saat putaran mesin memasuki angka 2 ribu rpm, tenaga yang disalurkan baru terasa. Satu hal yang paling menjadi catatan penting kami soal mobil ini, yakni suspensi yang dimilikinya. Suspensi yang dimiliki oleh mobil ini sangat nyaman dan empuk. Cocok bagi Anda yang suka dengan karakter mobil empuk.

Di bagian depan mobil ini memakai suspensi McPherson strut, sedangkan di belakang memakai kaki-kaki double wishbone yang mampu memberikan kekuatan. Pada saat Toyota mengundang kami di kawasan Ancol untuk mengeksplor mobil ini, kami merasa jika mobil ini sebenarnya mobil yang cocok untuk disetir bukan dikendarai dengan supir. Handling yang dihasilkan oleh mobil ini juga sangat baik, sangat stabil untuk diajak melahap berbagai tikungan.

Toyota C-HR
Meisn Toyota C-HR 1.200cc versi Jepang, namun kemungkinan yang nanti dijual Toyota Indonesia bermesin 1.500cc

Kami pernah mencoba untuk menaklukkannya di area lapangan terbuka di Ancol. Kami melakukan maneuver mendadak dengan kecepatan 60-80km/jam dan hasilnya sangat diluar dugaan. Mobil ini terasa mantap untuk bermanuver, wah enak banget! Tetapi, apakah wajar jika mobil ini dibanderol dengan harga Rp 488,5 juta untuk C-HR satu warna dan Rp 490 jutaan untuk C-HR dua warna. Sampaikan di kolom komentar ya.

Mesin
Tipe Mesin2ZR-FBE 4, In-line 4 Cylinders, 16 valve DOHC with VVT-i (intake)
Kapasitas 1798 cc
Diameter x Langkah 80.5 x 88.3 mm
Rasio Kompresi13.04:1
Tenaga Maksimal141 ps / 5,200 rpm
Torsi Maksimal17.4 kgm /  4,000 rpm
Sistem Bahan BakarFuel Injeksi
Bahan BakarGasoline
Kapasitas Tangki50 L
Power SteeringPower Assisted Steering Rack & Pinion
Transmisi7 Speed CVT

See: Brand New Toyota C-HR Price

Previous post
Kenapa Mobil Station Wagon Jadi Incaran di Indonesia?
perawatan mobil
Next post
5 Mitos Perawatan Mobil Ini Sebaiknya Mulai Kita Tinggalkan