Reviews

Review Toyota Fortuner 2021, Spesifikasi, Fitur, dan Mesin

Review kali ini kami akan membahas mengenai Toyota Fortuner 2021, lengkap dengan daftar harga, spesifikasi, fitur, hingga mesin.

Toyota Fortuner merupakan produk andalan Toyota di segmen SUV. Tidak sedikit yang bermimpi dan tertarik untuk memilikinya, karena punya desain gagah dan modern.

Terlebih Toyota telah menyediakan spare part-nya di seluruh jaringan diler, sehingga pengguna bisa dengan mudah melakukan perbaikan maupun perawatan dari mobil berkapasitas 7 penumpang itu.

review toyota fortuner 2021

Toyota Fortuner (Foto: TAM)

Selain alasan tersebut, masih ada lagi beberapa hal mengenai Toyota Fortuner 2021 yang menarik untuk dikupas.

Review Toyota Fortuner 2021

Varian dan Harga Toyota Fortuner 2021

PT Toyota Astra Motor (TAM) Agen Pemegang Merek (APM) mobil Toyota di Indonesia menawarkan Fortuner dalam 3 pilihan tipe yang terdiri dari 7 varian berbeda. Ketiganya terdiri dari tipe G sebagai tipe terendah, SRZ, dan tipe tertinggi VRZ.

Fortuner tipe G transmisi MT (manual) berpenggerak 4×2 bermesin diesel menjadi varian paling murah dengan harga Rp483 jutaan. Sedangkan Fortuner tipe VRZ 4X4 transmisi AT (otomatis) bermesin diesel merupakan varian termahal seharga Rp675 jutaan.

Berikut daftar harga Toyota Fortuner Juli 2021 yang berlaku untuk wilayah Jakarta (OTR Jakarta).

Harga Toyota Fortuner Juli 2021

Fortuner G 4X2 MT diesel 2.4Rp483,6 juta
Fortuner G 4X2 AT diesel 2.4Rp499,9 juta
Fortuner G 4X4 AT diesel 2.4Rp605,8 juta
Fortuner SRZ 4X2 AT bensin 2.7 TRDRp604,1 juta
Fortuner VRZ 4X2 AT diesel 2.4Rp528,9 juta
Fortuner VRZ 4X2 AT diesel 2.4 TRDRp543,2 juta
Fortuner VRZ 4×4 AT diesel Rp675,6 juta

*harga bisa berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan

Dari daftar harga di atas, tak salah jika Toyota Fortuner bisa dikatakan sebagai salah satu mobil mahal yang ada di pasar Indonesia. Konsumen yang membeli Fortuner, umumnya datang dari kalangan berkantong tebal, dan sudah mapan secara finansial.

Pilihan Mesin Toyota Fortuner

Toyota menyediakan 2 mesin yang bisa dipilih oleh konsumen, yakni bensin dan diesel. Menariknya, dari 7 varian yang ada, 6 di antaranya dibekali mesin diesel. Artinya hanya ada 1 varian yang memakai mesin bensin, yaitu SRZ berpenggerak 4X2 AT.

Lantas seperti apa performa dari mesin bensin dan diesel yang tersemat di Fortuner model terbaru?

review toyota fortuner 2021

Mesin diesel pada Fortuner berkode 2GD-FTV dengan kapasitas 2.393 cc, 4 silinder. Mesin ini sudah memakai turbo dengan variable nozzle turbo (VNT), sehingga tenaga yang dikeluarkan mencapai 147,5 hp @3.400 rpm dengan torsi maksimal 400 Nm @1.600-2.000 rpm.

Diesel menjadi mesin yang paling banyak dipilih oleh konsumen, karena diklaim lebih hemat bahan bakar. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya varian Fortuner yang hadir dengan mesin diesel.

Spesifikasi Mesin Toyota Fortuner Diesel

Jenis mesin 4 silinder sejajar turbo
Kapasitas 2.393 cc
Teknologi mesin Variable nozzle turbo
Tenaga maksimum147,5 hp @3.400 rpm
Torsi maksimum400 Nm @1.600-2.000 rpm
Transmisi Manual 6 percepatan dan otomatis 6 percepatan
Kapasitas tangki 80 liter
Konsumsi BBM 1:10 km/liter

Sementara mesin bensin yang digunakan berkode 2TR-FE dengan kapasitas 2.694 cc, 4 silinder, Dual VVT-i.

Tenaga maksimalnya ada di 160 hp @3.400 rpm dengan raihan torsi puncak mencapai 242 Nm @4.000 rpm. Mesin terhubung ke transmisi otomatis 6 percepatan.

Bagi Carmudian yang kurang suka dengan getaran mesin diesel, Fortuner bermesin bensin bisa menjadi varian yang paling cocok dibeli.

Spesifikasi Mesin Toyota Fortuner Bensin

Jenis mesin 4 silinder sejajar
Kapasitas 2.694 cc
Teknologi mesin Dual VVT-i
Tenaga maksimum 160 hp @3.400 rpm
Torsi maksimum 242 Nm @4.000 rpm
Transmisi Otomatis 6 percepatan
Kapasitas tangki80 liter
Konsumsi BBM 1:7-8 km/liter

Fitur Unggulan Toyota Fortuner 2021

Wireless Charger

Seiring dengan kemajuan zaman membuat banyak orang tak bisa lepas gadget. Melihat hal tersebut Toyota memberikan fitur unggulan, salah satunya wireless charger.

pengaturan jok fortuner

Interior Toyota Fortuner. (Sumber: Toyota Astra)

Fitur wireless charger terletak di bawah dasbor dekat dengan tuas transmisi. Namun, sayangnya fitur canggih ini tidak tersedia di seluruh varian yang dijual.

Fitur ini hanya ada di Fortuner tipe SRZ penggerak 4X4, dan TRD Sportivo saja, yang dibanderol di atas Rp500 juta.

NFC dan Voice Command

Pengemudi kini bisa mengetahui jumlah saldo kartu uang elektronik lewat fitur Near Field Communication (NFC) yang terdapat di head unit.

Penggunaannya mudah sekali, cukup dekatkan kartu ke head unit, maka jumlah saldo akan tertera di layar.

Fitur ini sangat membantu pengemudi saat hendak masuk maupun keluar jalan tol. Sebab, pengguna bisa mengecek saldo terlebih dahulu, tanpa perlu khawatir isi saldo tidak mencukupi untuk membayar tol.

Fitur NFC ini hanya disediakan Toyota di tipe 4X2 SRZ saja.

Selain NFC, ada juga fitur terbaru, yaitu Voice Command. Pengemudi cukup mengeluarkan perintah atau instruksi lewat suara untuk mengakses head unit layar sentuh berukuran 9 inci.

A-TRC

Fitur baru lainnya adalah Automatic Traction Control (A-TRC). Fitur satu ini berguna menjaga traksi pada roda bagian belakang ketika mengalami selip.

suv toyota

Untuk sebuah SUV berbadan bongsor seperti Fortuner, rasanya fitur ini harus menjadi perlengkapan standar dan wajib. Sebab, bisa membantu traksi saat selip, terlebih di jalan off-road.

Tenang Carmudian, fitur ini terdapat di seluruh tipe Toyota Fortuner terbaru.

Rear Seat Entertainment

Selanjutnya ada fitur rear seat entertainment yang terletak di plafon. Fitur ini terhunbung ke head unit, sehingga bisa dipakai untuk menampilkan video.

review toyota fortuner 2021

Layar atap di kabin Toyota Fortuner Terbaru (Foto: TAM)

Rear seat entertainment hanya terdapat di Fortuner tipe VRZ dan SRZ saja.

Fitur Keselamatan

Fitur penunjang keselamatan yang disematkan pada masing-masing tipe berbeda-beda. Konsumen yang membeli Fortuner tipe VRZ, penggerak 4X4, dan varian TRD Sportivo mendapat fitur keselamatan tambahan.

Mulai dari moving object detection, lane departure warning, headway monitoring warning, dan blind spot monitoring.

Toyota Fortuner Legender

Review Toyota Fortuner 2021

Mereka yang membeli Toyota Fortuner selain tipe tadi, tidak mendapatkan fitur penunjang keselamatan di atas.

Spion Tengah Elektrokromatik

Fitur terakhir di SUV yang lekat dengan imej ‘mobil arogan’ ini adalah spion tengah yang sudah elektrokromatik.

Pengendara tak akan merasa silau akibat sorotan cahaya yang berasal dari lampu mobil dari belakang. Sebab spion tengahnya akan mengurangi intensitas cahaya secara otomatis.

Cukup menekan tombol, maka cahaya silau akan diredam, pengendara pun bisa berkendara lebih nyaman dan aman.

Review Kekurangan Toyota Fortuner 2021

Harga Mahal

Harga Fortuner termurah berada di angka Rp480 jutaan, bisa disimpulkan jika mobil ini bukanlah mobil yang bisa dibeli oleh semua orang. Hanya orang dengan finansial mapan saja yang bisa membeli SUV ini dengan mudah.

suv ladder frame

Review Toyota Fortuner 2021

Mereka yang belum mapan tentu akan berpikir dua kali membeli mobil ini.

Suspensi Keras Khas Ladder Frame

Mungkin belum banyak yang tahu jika mobil dengan rangka ladder frame atau model tangga punya suspensi keras. Hal ini bisa dirasakan di Toyota Fortuner, khususnya model terbaru.

Bantingannya cukup keras, terutama di suspensi belakang, tapi masih dalam kategori wajar. Banyak pemilik Fortuner yang melakukan modifikasi di bagian suspensinya agar lebih empuk dan nyaman.

Salah satu cara mengurangi ketidaknyamanan ini, bisa mengganti suspensi dengan produk aftermarket.

Belum Ada Sunroof

Toyota Fortuner belum dibekali sunroof, berbeda dengan Mitsubishi Pajero tipe tertinggi yang sudah mendapat aksesori tersebut.

Bagi sebagian orang sunroof dianggap penting, khususnya di SUV. Ketika digunakan di area pegunungan pengemudi tak perlu membuka jendela, cukup membuka sunroof-nya saja untuk menikmati udara segar.

Spesifikasi New Pajero Sport

Sunroof jadi pembeda spesifikasi New Pajero Sport (Foto: MMKSI)

Sejak generasi pertama hingga generasi sekarang, Fortuner memang hadir tanpa sunroof. Konsumen yang menginginkan fitur ini bisa melakukan modifikasi dengan memasang sunroof tambahan.

Berdasarkan review Toyota Fortuner 2021 tentang spesifikasi, fitur, mesin, dan harga, apakah mobil ini sesuai dengan kebutuhan Carmudian?

Carmudian juga bisa simak 10 hal tentang Toyota Fortuner terbaru lewat video berikut ini:

 

Baca Juga:

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Santo Sirait

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts