Reviews

Review Toyota Raize, Apa yang Menarik dari Mobil Ini?

Review Toyota Raize – Kali ini Carmudi akan membahas mengenai hal menarik dari Toyota Raize. Banyak orang sudah menunggu mobil ini buat meluncur di Indonesia.Seperti apa Toyota Raize yang bakal segera dijual di Indonesia?

Sebelum membahas mengenai detailnya, ketahui dulu 4 tipe yang dijual di Jepang.

Di Jepang, Toyota Raize dijual dalam 4 tipe. Pertama adalah tipe X, lalu ada tipe X’S’, G dan Z. Keempat tipe ini dijual dalam varian 2WD dan 4WD yang harganya berbeda-beda pastinya.

Mobil baru 2021 toyota raize indonesia

Toyota Raize (Foto: Toyota)

Konversi Harga Toyota Raize Yen-Rupiah

Kita bahas harga untuk varian 2WD dulu. Tipe termurah ada tipe X dengan harga 1,6 juta Yen atau setara Rp224 jutaan. Lalu ada X’S’ seharga 1,7 juta Yen atau setara Rp233 jutaan, G seharga 1,8 juta Yen setara Rp253 jutaan dan 2 juta Yen setara Rp276 jutaan.

Lalu untuk varian 4WD harga termurah ada di 1,9 juta Yen atau setara Rp257 juta. Lalu ada X’S’ 1,9 juta Yen yang setara Rp265 juta, G seharga 2,1 juta Yen setara Rp285 juta dan Z seharga 2,2 juta Yen setara Rp305 jutaan.

Harga Toyota Raize 2WD

XRp224 jutaan
X’S’Rp233 jutaan
GRp253 jutaan
ZRp276 jutaan

Harga Toyota Raize 4WD

XRp257 jutaan
X’S’Rp265 jutaan
GRp285 jutaan
ZRp305 jutaan

*seluruh harga di atas adalah harga yang berlaku di Jepang, bukan Indonesia

Review Toyota Raize Setiap Tipe

Review Toyota Raize X dan X’S’

Secara tampilan, antara X dan X’S’ ini enggak berbeda jauh. Untuk varian penggerak 2 roda ditawarkan secara basic model, alias benar-benar standarnya.

Peleknya memakai single tone 16 inci, warna eksterior satu warna hingga ke bagian atap dan spion dan tidak ada fog lamp.

review toyota raize indonesia

Toyota Raize (Foto: Toyota)

Interiornya memakai warna hitam dengan motif mengotak di bagian tengah jok. Fitur bawaannya ada lampu depan LED dengan pengaturan manual, speedometer dengan desain binocular.

Lalu instrumen cluster-nya sudah ada layar LCD, setir berbahan karet tanpa tombol dan shift knob model standar.

Untuk varian X’S’ bedanya sudah dibekali smart assist, makanya harganya lebih mahal sedikit dari tipe X di bawahnya. Sisanya, sama persis dengan X.

Review Toyota Raize G

Tipe G berada satu tingkat di bawah tipe tertinggi. Secara tampilan tipe G ini sama seperti tipe X dan X’S’. Warna eksteriornya sewarna hingga atap dan spion.

Peleknya juga berbeda dengan tipe X dan X’S’. Tipe G ini memakai pelek aluminium berdesain seperti bilah pisau. Hal lain yang membedakan adalah handle pintu tipe G yang berwarna krom, sehingga terlihat sedikit lebih mewah.

Lalu di bagian interior, desainnya sama seperti tipe X dan X’S’. Bedanya di jok depan terdapat aksen merah pada pinggiran jok dan konsol tengah.

Kalau tipe X punya desain spidometer seperti binocular, tipe G ini lebih mengarah oval. Instrumen cluster-nya memakai full digital dengan layar 7 inci.

handle toyota raize

Layar ini sudah dibekali TFT dengan crystal display. Setirnya sudah ada aksen silver, dengan tombol yang ada di sebelah kiri. Tentunya tipe ini juga sudah ada smart assist.

Toyota Raize Z

Tipe ini merupakan tipe tertinggi. Tampilannya lebih lengkap diantara tipe lainnya. Misalnya warnanya sudah two tone dengan adanya aksen hitam pada atap dan spion.

Lalu peleknya memakai aluminium dengan two tone, lampu utama sudah auto leveling, LED clearance lamp, LED front sequential turn lamp.

Spidometer sama seperti tipe G, memakai full digital dengan layar 7 inci. Layar ini sudah dibekali TFT dengan crystal display.

Bedanya, setir tipe Z sudah memakai lapisan kulit. Serta tombol pada setir juga lebih lengkap di sisi kiri dan kanan. Bagian transmisi juga memakai bahan kulit, double stitching, dengan bezel. Fitur smart assist juga pasti ada pada tipe tertinggi ini.

Terus bagaimana dengan 4WD?

Perbedaan di eksterior dan interiornya sama persis dengan varian penggerak 2WD. Pembedanya cuma di sistem penggerak dan harganya saja.

Selebihnya sama persis.

Konsumsi Bahan Bakar Toyota Raize

Ini yang lumayan menarik buat konsumen di Tanah Air.

Berapa sih konsumsi bahan bakar Toyota Raize ini?

Toyota Jepang menampilkan hasil uji test bahan bakar Raize. Untuk tipe X 2WD konsumsi bahan bakar terbaiknya bisa mencapai 1:23,4 km per liter dengan rata-rata mencapai 1:18,8 km per liter.

Pakai Aksesori TRD, Toyota Raize Jadi Tampil Makin Sporty (Paultan)

Lalu X’S’ dan G 2WD angka konsumsi bahan bakar terbaiknya mencapai 1:23,4 km per liter dengan rata-rata 1:18,8 km per liter.

Sedangkan untuk Z 2WD, angka terbaiknya mencapai 1:22,8 km per liter dengan rata-rata mencapai 1:18,6 km per liter.

Untuk versi 4WD, semua tipe bisa mencatatkan angka konsumsi bahan bakar di 1:21,2 km per liter dengan rata-rata 1:17,4 km per liter.

Konsumsi BBM Toyota Raize 2WD

X
1:23,4 km per liter
X’S’
1:23,4 km per liter
G
1:23,4 km per liter
Z
1:22,8 km per liter

Konsumsi BBM Toyota Raize 4WD

X, X’S’
1:21,2 km per liter
G, Z
1:21,2 km per liter

Performa Mesin Toyota Raize

Apa yang membuat efisiensi konsumsi bahan bakar Toyota Raize ini menjadi baik?

Salah satunya adalah mesin kapasitas kecil yang disematkan turbo. Dapur pacu yang digunakan berkode 1KR-VET berkapasitas 996 cc, 3 silinder.

Soal tenaga, mesin ini bisa mengeluarkan tenaga sampai 96,6 hp dengan torsi maksimal 140 Nm.

Salah satu hal yang cukup diinginkan oleh masyarakat Indonesia adalah platform baru. Toyota Raize memakai platform terbaru dari Daihatsu New Global Architecture (DNGA).

Mesin 1KR-VET ini diproduksi oleh Daihatsu, dan pertama kali diperkenalkan pada 2016 untuk mobil Daihatsu Thor, Toyota Tank, Toyota Roomy, dan Subaru Justy.

Fitur Lumayan Lengkap

Head unit Toyota Raize (Foto: Toyota)

Salah satu keunggulan dari mobil ini adalah fiturnya yang lumayan lengkap. Di antaranya adalah Adaptive Cruise Control, Smart Panorama Parking Assist, Collision Warning Function, Crash Avoidance Braking Function, Erroneous Start Preventing Function with Braking Control.

Menariknya, Adaptive Cruise Control ini sudah lengkap dengan Speed Tracking sehingga mampu membaca kecepatan mobil yang ada di depan.

Selain itu, ada juga fitur-fitur lain di Toyota Raize seperti Recognition Function, Leading Vehicle Start Notification Function, Lane Departure Warning Function, Blind Spot Monitor, Corner Sensor, dan masih banyak lagi.

Di interior, head unit Toyota Raize memakai ukuran 9 inci. Head unit ini bisa digunakan untuk smartphone lewat aplikasi Smart Device Link dan Apple CarPlay.

Bagaimana menurut kalian setelah melihat review Toyota Raize di atas?

Kalau benar-benar dijual di Indonesia fitur apa aja yang kira-kira bakal ada dan hilang, ya? Hmmm, jadi penasaran nih!

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts