BeritaReviews

Review Toyota Vios 2018: Bukan Untuk Taksi

Toyota Vios 2018

Toyota Vios 2018 tampil dengan beberapa perubahan pada eksterior, interior dan mesinnya. (Foto: YouTube)

Jakarta – Pada gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 lalu, Toyota Vios muncul ke permukaan dengan tampilan baru. Sedan yang telah menginjak generasi ketiga ini mengalami major facelift. Tak hanya eksterior, interior dan bekalan mesin di balik kapnya juga mengalami perubahan dan pembaruan.

Toyota Vios kini telah dibenamkan mesin yang sama dengan Yaris dan Sienta, yakni mesin tipe 2NR-FE, 1.500 cc Dual VVT-i. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga sebesar 105 HP alias 107 PS dan torsi mencapai 140 Nm. Tak hanya itu, transmisinya dibekali konfigurasi 5-percepatan untuk manual dan 7-percepatan untuk CVT.

Meskipun begitu, Toyota tidak sudi menjadikan Vios 2018 sebagai mobil taksi lagi. Toyota mengklaim tetap menerima penawaran armada taksi, namun dengan Vios versi lawas. Sepertinya sikap ini juga sebagai respon terhadap perusahaan taksi yang mulai beralih ke MPV sebagai armada mereka.

Fasia Depan

Tidak bisa dipungkiri, tampang depan Toytoa Vios 2018 sangat mirip dengan Yaris keluaran terbaru. Bukan tanpa alasan, Toyota Vios dan Yaris memiliki basis yang sama.

Opini pun mulai bermunculan. Fasia Vios dengan wajah baru ini dinilai seperti tampang Joker berkat paduan gril yang besar. Lampu depan, kap mesin, bumper hingga fender mengalami perubahan dari Vios sebelumnya.

Bicara soal lampu, pada varian ‘G’ sudah menggunakan DRL yang menyatu di gril radiatornya. Sedangkan spesifikasi lampu kecilnya menggunakan LED strip kecil. Lampu besar menggunakan projector halogen, lampu jauhnya halogen biasa, dan foglampnya juga halogen. Agak aneh, mengingat Vios generasi kedua sudah mengadopsi lampu HID alias Xenon pada headlamp-nya.

Eksterior

Meluas ke bagian bodi samping, Toyota Vios 2018 memiliki garis bodi yang berubah. Garis dari depan tidak lagi ditarik dari lampu melainkan ditarik dari fender depan. Varian G dapat handel pintu krom dan velg 16 inci dual tone, sedangkan varian E hanya velg 15 inci.

Ke bagian kap bensin, perubahan juga terjadi. Pada keluaran sebelumnya berbentuk bulat, sedangkan sekarang kotak.

Perubahan jelas terlihat di bagian buritan. Toyota Vios 2018 memiliki bentuk lampu yang pipih memanjang persis seperti Yaris. Bentuk tersebut jadi lebih elegan terutama dengan tambahan antena sirip hiu.

Spesifikasi lampu belakang varian G terdiri dari LED memanjang untuk lampu malamnya, lampu rem, LED dengan high mount stop lamp halogen. Untuk lampu sein dan lampu mundurnya masih menggunakan halogen. Namun lagi-lagi, foglamp belakang dihilangkan, tidak seperti Vios generasi kedua.

Interior

Interior Toyota Vios 2018

Meskipun mirip dengan Toyota Yaris, Interior Toyota Vios 2018 dinilai cukup impresif. (Foto: Youtube)

Tidak beda dengan bagian luar, interior Toyota Vios 2018 ini pun mengalami perubahan dan lagi-lagi, mirip dengan Yaris. Dibandingkan dengan versi lawasnya, interior Vios menggunakan layoutdashboard dua lapis yang dipisah oleh satu garis horizontal, di sini layout tersebut seperti dipisah secara vertikal yang memanjang sampai konsol tengah.

Desain dashboard dan door trim pun berubah. Tetapi warna dual tone hitam beige masih dipertahankan sebagai pembeda dengan Yaris. Material di dashboard semuanya plastik, tapi banyak lis silver dan panel piano black yang membuatnya tidak terlihat membosankan.

Cukup disayangkan, di bagian pintu tidak ada panel piano black yang besar seperti dulu lagi. Sebagai gantinya, bahan kain tersemat padanya. Di bagian roda setir varian G sudah dilapisi bahan kulit dan desainnya juga berubah.

Fitur Keselamatan

Toyota Vios 2018 ini dianugerahi fitur yang bisa dibilang melimpah. Untuk fitur keselamatannya, Vios dibekali airbag sebanyak 7 buah di semua varian.

Pada sistem pengereman sudah dibekali ABS, EBD dan BA juga tersedia di semua varian. Fitur khas transmisi matik juga ada. Hill Start Assist akan menahan pedal rem di tanjakan untuk beberapa detik saat kaki kita pindah ke pedal gas. Tak hanya sampai di situ, Vehicle Stability Control juga sudah tersedia di semua tipe Toyota Vios 2018.

Namun rem cakram belakang hanya tersedia pada varian G, lantaran rem belakang varian E masih tromol.
Dengan bekal fitur keselamatan tersebut serta hasil uji, Toyota Vios 2018 kabarnya diganjar rating bintang 5 di ASEAN NCAP. (dna)

Dimas Hadi

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di Carmudi Indonesia. Sebelumnya aktif menulis bermacam esai sosial-budaya dan beberapa karya tulis lainnya sejak 2009. Email : [email protected]
Follow Me:

Related Posts