HomeReviewsReview Toyota Voxy 2020, Alphard Versi Mini yang Oke Banget

Review Toyota Voxy 2020, Alphard Versi Mini yang Oke Banget

review Toyota Voxy
Tampilan generasi Nav1 yang sekarang berganti nama menjadi Voxy. (Foto: Carmudi).

Jakarta – Kali ini kami akan mengulas (review) Toyota Voxy 2020 yang merupakan MPV mewah lansiran Toyota Astra Motor (TAM).

Toyota Voxy memiliki bentuk yang mengotak (boxy), berbeda dengan Innova yang punya bentuk MPV sejati. Toyota Voxy ini juga sering disebut sebagai versi mini dari Toyota Alphard.

Mobil yang dijual seharga Rp501 jutaan ini punya berbagai kelebihan yang jarang diketahui orang. Lewat review kali ini, kami akan membahas seluk beluk dari Toyota Voxy 2020 secara mendalam.

Dimensi Toyota Voxy 2020

Kenapa Toyota Voxy disebut sebagai mini Toyota Alphard?

Secara desain mobil ini punya tampilan yang mengotak. Sama seperti Alphard, hanya saja dimensinya lebih kompak.

Toyota Voxy punya dimensi panjang 4.710 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.835 mm. Mobil ini juga punya jarak sumbu roda 2.850 mm dan ground clearance mencapai 165 mm.

tampak belakang Toyota Voxy
Tampilan bodi Toyota Voxy yang lebih tinggi dibanding lebar mobil. (Foto: Carmudi).

Hal yang membuat Toyota Voxy semakin mirip Alphard adalah penggunaan pintu geser. Voxy dibekali pintu tengah model geser yang bisa dioperasikan secara elektrikal maupun manual dari bagian pengemudi.

Review Mesin Toyota Voxy

Di balik kap Toyota Voxy terdapat mesin berkode 3ZR-FAE dengan kapasitas 1.987 cc, 4 silinder, DOHC. Mesin ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga 150 hp dan torsi 193 Nm. Tenaga tersebut pun disalurkan ke penggerak roda depan melalui transmisi otomatis CVT.

Penggunaan CVT ini tentunya membuat konsumsi bahan bakarnya menjadi cukup irit dan membuat mesin lebih halus.

Review Eksterior Toyota Voxy

Bagi sebagian orang harga Toyota Voxy dinilai cukup mahal karena lebih dari setengah miliar rupiah. Tapi, banyak fitur yang didapatkan oleh calon pembeli Voxy dengan harga tersebut.

Dari tampilan depan, Voxy punya wajah yang lebih sporty dibanding Alphard. Bumper depannya memakai aero package dengan desain bergaris.

Toyota Voxy
Tampilam desain lampu Voxy. (Foto: Carmudi).

Lampu depan sudah memakai LED dengan projector dengan pendaran cahaya yang elegan. Ada juga fog lamp di bagian bawah bumper depan.

Spion tentunya bisa dilipat elektrik beserta pengaturan arahnya. Lalu di bagian belakang lampunya sudah memakai full LED dengan tambahan wiper pada kaca belakang.

Pilihan Warna Toyota Voxy

Toyota Voxy masuk ke kategori MPV mewah. Oleh karenanya, warna yang ditawarkan pun tidak banyak, yakni hanya tersedia tiga pilihan warna saja.

tampak samping Toyota Voxy
Toyota Voxy

Ketiga warna tersebut adalah Inazuma Sparkling Black, Black, dan White Pearl.

Menurut kami mobil Toyota Voxy cenderung lebih cocok menggunakan warna yang lebih kalem dibanding warna cerah.

Review Interior Toyota Voxy

Masuk ke bagian dalam Toyota Voxy, salah satu yang cukup menarik adalah adanya dua buah moonroof.

Moonroof pertama terletak di bagian atas penumpang depan dengan ukuran sedang. Moonroof kedua terletak di bagian tengah dengan ukuran yang cukup besar.

Fitur ini menjadi salah satu daya tarik yang paling menarik dari Toyota Voxy.

Sama seperti Alphard, jok tengah dibuat captain seat dengan penggunaan material bahan kulit.

dasbor toyota voxy 2020
Interior Toyota Voxy. (Foto: Carmudi).

Fitur lain yang jadi kelebihan Toyota Voxy adalah AC triple zone. Artinya, suhu antara penumpang depan dan belakang bisa dibedakan.

Lalu untuk membuka seluruh kaca juga sudah memakai auto power window untuk naik dan turun.

Karena biasa digunakan kaum elit, maka di bagian tengah terdapat sunshade atau krey yang dapat dinaikkan secara manual. Krey ini berguna untuk memberikan privasi lebih saat berkendara di jalan.

Bagi pengemudi, Toyota Voxy juga punya fitur pemanja. Di antaranya adalah pengaturan jok elektrik, cruise control, dan head unit layar sentuh.

Setirnya juga bisa diatur tilt dan teleskopik, jadi mudah mendapatkan posisi ideal dan nyaman saat berkendara.

Biar kekinian, Voxy tidak lagi memakai anak kunci. Untuk menyalakan dan mematikan mesin cukup memakai tombol start/stop button.

Fitur Keamanan

Mobil berkapasitas 6 orang penumpang ini juga dilengkapi dengan perangkat keamanan cukup oke. Mulai dari adanya airbag 7 titik di bagian depan dan samping hingga bagian belakang.

Remnya pun sudah memakai cakram lengkap fitur ABS dengan Brake Assist dan Electronic Brake Distribution. Lalu ada juga Emergency Brake Signal yang mampu memberikan kedipan pada lampu rem saat mobil mengerem mendadak.

moonroof toyota voxy 2020
Kedua moonroof Toyota Voxy. (Foto: Carmudi).

Terakhir, ada juga Hill sStart Assist, Vehicle Stability Control, parkir mundur dengan kamera dan sensor, serta tentunya mendapatkan Toyota Isofix Base & Toyota Mini.

Kaki-kaki

Urusan kaki-kaki, Toyota menanamkan MacPherson strut dengan coil spring dan stabilizer di bagian depan. Di bagian belakang memakai suspensi torsion beam dengan coil spring dan stabilizer.

Toyota Voxy 2020 kini memakai pelek ukuran 16 inci yang dibalut ban ukuran 205/60. Paduan ban dengan suspensi ini membuat kenyamanan saat berkendara menjadi lebih baik.

interior toyota voxy 2020
Kenyamanan premium ala Toyota Voxy (Foto:  Toyota)

Dengan ukuran yang lebih kecil, jelas Toyota Voxy 2020 bisa jadi alternatif pengganti Alphard atau Vellfire. Apalagi harganya juga hanya setengahnya Alphard dan Vellfire.

Setelah review Toyota Voxy 2020 di atas, bagaimana, tertarik untuk membeli? Kalau diberi pilihan antara Innova dan Voxy, mana yang bakal kalian pilih?

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: Ingin Membeli Toyota Voxy, Simak Dulu Beberapa Hal Berikut

Toyota Beri Diskon
Previous post
Musim Hujan Tiba, Toyota Beri Diskon Pembelian Produk TGP & TMO
Merek mobil Prancis
Next post
Daftar Harga Mobil Merek Prancis dari yang Murah Sampai Mahal