Mobil Reviews

Review Toyota Yaris Terbaru dan Harga, Hanya Sekedar Hatchback ‘Ganti Baju’

yaris hatchback

Toyota Yaris Terbaru(Foto: Indianautosblog)

Jakarta – Hampir setahun yang lalu, PT Toyota Astra Motor merilis Toyota Yaris terbaru, tepatnya di bulan Februari 2018. Yaris hadir dengan gril besar sehingga dijuluki sebagai Yaris ‘Joker’. Siklus hidup Yaris memang tergolong cepat. Untuk generasi sebelumnya yang dijuluki sebagai Yaris Lele, hanya bertahan sekitar empat tahun.

Yaris menjadi andalan Toyota saat berhadapan dengan Honda Jazz di segmen hatchback. Penjualan mobil hatchback di Indonesia memang masih kalah laris ketimbang MPV. Segmentasi mobil tanpa buntut ini memang tidak besar namun cukup menjanjikan karena didominasi oleh konsumen anak muda.

New Toyota Yaris 2019 hadir dengan beragam ubahan mulai dari eksterior hingga fitur di interiornya. DNA Yaris terbaru memberikan excitement serta fun to drive. Ubahan terlihat dari desain lampu utama, grille, bumper, dan foglamp baru di depan. Sebentara bagian masuk kedalam kabin terlihat lebih stylish.

Sayangnya, Toyota Yaris terbaru bisa dibilang cuma ‘ganti baju’ karena tidak mengalami ubahan mesin. Dapur pacu yang digunakan masih sama dengan generasi kedua, yaitu 2NR-FE dengan kapasitas 1.496 cc. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimum sebesar 107 ps dan torsi 14,3 kgm.

Toyota Yaris Joker tampil sporty dan stylish dalam acara Yaris Fun Drive 2018 (Foto: TAM)

Untuk tipe TRD Sportivo tersedia pengaturan berkendara dilengkapi pilihan SPORT atau ECO Mode. Sementara untuk transmisi, tersedia dua pilihan transmisi, yaitu 5 manual percepatan atau 7 percepatan otomatis CVT.

Toyota Yaris terbaru alias Yaris Joker memiliki ciri khas desain atap dibuat unik yang membuatnya seolah melayang. Kesan gahar hadir dengan black piano lower grille. Khusus untuk Toyota Yaris tipe TRD Sportivo, aura racing dan sporty diperkuat dengan aksen garis merah pada bumper dan dynamic Headlamp dengan red ring.

Bahkan, ukuran Yaris Joker dan Yaris Lele ternyata tidak banyak berubah. Perubahan sebatas desain body karena wheelbase ukurannya tetap. Toyota Yaris memiliki panjang 4.145 mm, lebar 1.730 mm dan tinggi 1.500 mm.

Desain Atraktif ala Toyota Yaris Terbaru

Toyota Yaris 2018 tampak tidak berbeda dengan versi Thailand, yang sudah meluncur lebih dahulu. Pada bagian depan mulai dari grill yang menyatu dengan bumper seperti mulut Joker yang ada pada film Batman. Sementara desain lampu utamanya menjadi lebih sipit menambah kesan garang sekaligus sporty.

Bagian muka dilengkapi dengan fog lamp yang diletakkan terpisah dengan lamu utama, tepatnya pada bumper kanan dan kiri bagian bawah. Tampilan luar Yaris terbaru lebih sporty mempunyai desain atap floating roof, dengan side skirt di bawahnya dan kaki-kaki menggunakan velg 16 inci two-tone. Sementara pada bagian belakang, di atap terdapat antena sirip hiu, spoiler, lampu LED, dan bumper baru.

Desain lampu belakang mengalami perubahan dimana sebelumnya melengkung seperti huruf “C” mengikuti panel. Kini seperti alis yang diawali dengan sudut kecil lalu melebar yang dikombinasikan dengan rear lamp membuatnya lebih terlihat lebih tajam.

Desain lampu belakang ini dibuat berlapis dan tipis dengan alur garis horizontal sehingga memberikan efek lebar. Kesan agresif ala mobil sport muncul dari  rear-roof spoiler dan diffuser dengan desain bernuansa racing.

Untuk menunjang keseimbangan dalam berkendara, butuh rancangan struktur rangka yang kokoh dan kaki-kaki yang didukung suspensi handal. Raksasa otomoif asal Jepang membekali Yaris dengan suspensi tipe MacPherson Strut pada bagian depan dan Torsion Beam pada bagian belakang.

Selanjutnya ‘alas kaki’ Toyota Yaris terbaru memakai velg Alloy berdiameter 15 inci dengan balutan ban berukuran 185/60 R15 (standar) dan 16 inci (TRD Sportivo).

Perkembangan Desain Toyota Yaris

Yaris termasuk mobil yang sering gonta-ganti model di tiap generasi. Dimulai pada generasi pertama yang dipasarkan secara resmi di Indonesia dalam bentuk impor utuh (CBU) dari Thailand pada 2006 silam.

modifikasi mobil

Yaris Bakpao (Dok.Toyota)

Desain Yaris membulat dengan bentuk headroom cukup tinggi. Ini membuat Yaris generasi pertama disebut sebagai Yaris Bakpao karena bentuknya mirip bakpao.Mesin yang digunakan berkapasitas 1.500 cc 1NZ-FE dengan VVT-i yang juga digunakan pada Toyota Vios.

Perubahan bodi total terjadi pada 2014 dengan kesan agresif dan minim aksen rounded. Ciri khas desain Yaris 2014 yaitu bentuk grill trapesium dengan kelir silver. Gril ala ‘kumis lele’ ini lantas yang menjadi ikonik sehingga disebut sebagai Yaris Lele.

Yaris Lele

Selain itu, gaya desain floating roof effect mulai diperkenalkan pada Yaris generasi kedua yang tetap bertahan sampai generai ketiga. Toyota memperbaharui Yaris di tahun 2018 dengan fokus ubahan pada sisi desain dalam balutan konsep desain Advance and Emotional.

Kesan sporty dapat terlihat dari tampilan depan yang mengalir dari front grille, menyatu dengan lampu utama dan garis body hingga buritan. Tema desain floating roof pada New Yaris semakin menonjol dengan melakukan perubahan pada area pilar belakang.

Toyota Yaris

Tampilan baru Toyota new Yaris 2018. foto/Carmudi.

Mesin Lawas di Toyota Yaris Terbaru

Toyota hanya sekedar mengganti desain dan menambah fitur, tapi tidak dengan kemampuan mesinnya. Yaris terbaru masih mengandalkan mesin 2NR-FE 4 silinder tipe DOHC dengan tenaga yang juga tidak berubah.

Bedanya, untuk tipe TRD Sportivo tersedia pengaturan berkendara dilengkapi pilihan SPORT atau ECO Mode. Sementara untuk transmisi, tersedia dua pilihan transmisi, yaitu 5 manual percepatan atau 7 percepatan otomatis CVT.

Mesin
Tipe Mesin In-line 4 Cyl, 16 Valve, DOHC, Dual VVT-i
Isi Silinder (Cc) 1,496
Diameter X Langkah (Mm) 72.5 x 90.6
Daya Maksimum (Ps/Rpm) 107 / 6,000
Torsi Maksimum (Kgm/Rpm) 14.3 / 4,200
Sistem Pemasukan Bahan Bakar Fuel Injection
Transmisi 5-Speed Manual (E Grade M/T)

7-Speed CVT (E Grade CVT)

5-Speed Manual (G Grade M/T)

7-Speed CVT (G Grade CVT)

5-Speed Manual (TRD Sportivo M/T)

7-Speed CVT (TRD Sportivo CVT)

Interior Modis dengan Fitur Kekinian

Interior Toyota Yaris Terbaru

Toyota mengusung konsep Complete Features pada dashboardnya yang kini berkesan lebih lapang yang membuat kabin Yaris Joker terasa luas dan lega. Selanjutnya desain konsol tengah tampak menonjol ke depan dengan desain yang membuatnya sekilas tampak bagaikan gelombang selancar (surf wave). Pengemudi pun langsung disuguhkan dengan kokpit bergaya racy dengan  desain setir kemudi baru dengan beberapa tombol navigasi fungsional.

Kesan modern terpancar dari penggunaan warna silver pada beberapa ornamen interior  seperti pada konsol bagian depan, speaker, register knob, dan pengatur AC. Tidak hanya itu, fitur lainnya terdapat layar TFT MID untuk berbagai informasi terkait kondisi mobil saat berkendara.

Head unit dengan layar sentuh seluas 7 inci HD Display menawarkan beberapa menu pilihan entertainment. Antara lain seperti DVD, Radio FM/AM, USB, AUX, Bluetooth (audio dan phone). Untuk tipe G dan TRD Sportivo bahkan dilengkapi dengan beberapa fitur canggih tambahan, seperti iPod ready, miracast, weblink, internet connectivity serta multitasking window dan remote apps melalui smartphone.

  • Jok dengan model semi bucketseat
  • Multi Information Display
  • HD Display with DVD, Radio FM/AM, USB, AUX, Bluetooth (audio dan phone) (Tipe G)
  • ECO indicator
  • Tilt steering column
  • Paddle shift (A/T)
  • Head unit with iPod ready, miracast, weblink, internet connectivity serta multitasking window dan remote apps melalui smartphone. (TRD Sportivo)
  • Shift lock system
  • Smart start/stop button

Fitur Keselamatan Toyota Yaris Terbaru

Toyota Yaris Joker kini dibekali dengan beberapa fitur canggih dan handal. Salah satunya yaitu pengereman yang sudah berteknologi ABS, EBD, dan BA. Tidak hanya soal pengereman, Yaris Joker juga akan dilengkapi Vehicle Stability Control (VSC) untuk menstabilkan kendaraan pada posisi menikung.

Ada juga fitur Hill-Start Assist (HSA) untuk memudahkan kendali kendaraan di tanjakan. Fitur keselamatan lainnya yaitu tersedia airbag di tujuh titik dan jok ISOFIX.

  • Airbag di tujuh titik
  • Vehicle Stability Control (VSC),
  • Hill-Start Assist (HSA),
  • Sistem pengereman dengan ABS + EBD + BA
  • Sabuk pengaman tiga titik
  • Kantung udara ganda dengan Pretensioner dan Force Limiter di bagian depan
  • Sistem pengunci/pengaman pintu untuk anak-anak
  • Sistem rangka bodi mengadopsi model energy absorbing body structure & high strength body frame
  • Sistem pelindung pejalan kaki
  • Sistem WIL (Whiplash Injury Lessening) untuk mengurangi cedera leher
  • Sistem keamanan dengan immobilizer

Harga Toyota Yaris Terbaru

Toyota Yaris Joker hadir dengan desain kontemporer sesuai dengan karakter anak muda sebagai target utama penggunanya. Ada enam harga dan varian yang tersedia untuk model Toyota Yaris yang baru.

Harga Toyota Yaris
Tipe Harga
Toyota Yaris E Grade M/T Rp. 235.400.000,-
Toyota Yaris G Grade M/T Rp. 243.700.000,-
Toyota Yaris E Grade CVT Rp. 247.200.000,-
Toyota Yaris G Grade CVT Rp. 254.700.000,-
Toyota Yaris TRD Sportivo M/T Rp. 264.100.000,-
Toyota Yaris TRD Sportivo CVT Rp. 275.900.000,-

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts

/