BeritaProdukReviewsSepeda motor

Review Yamaha FreeGo, Lebih Lengkap dari NMax?

Jakarta – Yamaha FreeGo menjadi pelengkap sepeda motor matik yang dijual oleh Yamaha Indonesia. Sepeda motor yang dirilis secara resmi pada ajang Indonesian Motorcycle Show (IMOS) 2018 lalu ini memang belum setenar skuter matik (skutik) lainnya.

Bermesin 125 cc, sepeda motor yang satu ini ternyata punya banyak kelebihan. Salah satunya adalah bagasi besar yang sama dengan Yamaha NMax. Dengan harga jual Rp 22,5 juta OTR Jakarta, apa saja sih yang menjadi kelebihan dari Yamaha FreeGo ini?

Peluncuran Yamaha FreeGo (Foto: Santo/carmudi)

Punya 3 Varian

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melahirkan skutik ini dengan 3 varian berbeda. Konsumen dapat memilih varian yang sesuai dengan selera dan isi kantong mereka. Setiap varian tentu saja memiliki perbedaan.

Yamaha FreeGo

Yamaha FreeGo

Yang paling murah ada FreeGo tipe standard dengan harga Rp 18,5 juta, FreeGo S dengan harga Rp 19,7 juta dan yang terakhir ada FreeGo S dengan ABS dengan harga Rp 22,5 juta. Semua harga yang tertera adalah harga khusus DKI Jakarta.

Untuk tipe termurah, fitur kuncinya tentu berbeda dan benar-benar standard. Untuk tipe S, Yamaha memberikan FreeGo ini dengan fitur keyless dan start stop button. Sedangkan tipe termahal, sudah mendapatkan full option dengan fitur rem ABS di bagian roda depan saja. Selebihnya mereka memiliki kesamaan antara setiap variannya.

Fitur

Dengan harga tersebut, fitur apa saja yang akan di dapatkan oleh konsumen? Sebenarnya untuk harga tersebut, fitur yang didapatkan cukup banyak. Yamaha FreeGo dibekali dengan bagasi luas yang mampu memuat kapasitas 25 liter. Kapasitas ini sama dengan bagasi milik Yamaha NMax.

Bagasi luas Yamaha FreeGo

Bagasi luas Yamaha FreeGo

Speedometer yang digunakan juga sudah memakai model digital berukuran 6×4 cm, terlihat modern dan futuristik. Sering kehabisan baterai gadget saat dijalan? Yamaha juga memberikan soket untuk melakukan pengisian daya gadget. Ada juga tombol untuk lampu hazard ketika darurat.

Lampu depan yang digunakan untuk motor ini juga sudah memakai LED, walaupun lampu senja masih memakai bohlam. Cahaya yang dihasilkan tentu lebih baik dibandingkan dengan sepeda motor yang masih memakai model bohlam.

Speedometer digital Yamaha FreeGo

Speedometer digital Yamaha FreeGo

Di bagian lampu belakang, masih memakai bohlam namun desain yang diusung lumayan keren. Fitur lain yang tertancap pada sepeda motor ini adalah smart lock, side stand switch, ABS, hingga smart key yang menjadi standard.

Mesin

Motor ini dibekali dengan mesin berkapasitas 125 cc, fuel injection, 4 tak, SOHC yang bisa mengeluarkan tenaga 9,3 hp dengan torsi 9,5 Nm. Sepeda motor yang punya dimensi panjang 1.905 mm, Lebar 690 mm dan tinggi 1.100 mm ini dibekali dengan kapasitas tangki 4,2 liter.

Sebagai perbandingan, motor ini juga punya tinggi 1.275 mm dengan tinggi tempat duduk 778 mm. Jika melihat dari spesifikasinya, motor ini cukup kompak untuk diajak bermanuver di jalanan Ibukota Jakarta. Mesin 125 cc yang digunakan juga sudah lebih dari cukup. Memangnya mau ngebut kemana sih kalau jalanan Jakarta aja macet?

Rangka dan Suspensi

Yamaha FreeGo dibekali dengan suspensi depan teleskopik dan belakang memakai unit swing. Rangka yang digunakan merupakan model underbone, Yamaha mengklaim jika motor ini punya handling yang cukup oke.

Sementara itu, ban yang digunakan oleh FreeGo ini sudah memakai ban tubeless. Ukuran depan menggunakan velg berukuran 12 inci dengan ukuran ban 100/90, sedangkan belakang memakai 110/90. Diajak untuk merebah di tikungan cukup oke lah.

Suspensi Yamaha FreeGo

Suspensi Yamaha FreeGo

Kalau biasanya sepeda motor lain punya lubang untuk dudukan tempat minum, sayangnya FreeGo tidak memiliki hal tersebut. Di sebelah kiri, bukannya tempat minum tetapi lubang untuk mengisi bahan bakar alias bensin. Posisi ini cukup aneh, mengingat biasanya skutik diharuskan membuka jok untuk mengisi bahan bakar.

Tapi, hal ini justru menjadi kelebihan karena si pemilik motor tidak perlu ribet membuka jok. Gimana menurut kalian? Aneh apa bagus?

Riding Position

Sebagai salah satu skutik yang diperuntukkan untuk melibas kemacetan, motor ini punya posisi duduk yang lumayan. Memang agak tinggi, tetapi posisi duduk yang diberikan cukup nyaman dengan busa yang tebal dan empuk.

Dek sebagai tempat pijakan kaki juga tergolong luas untuk sepeda motor 125 cc. Sebagai perbandingan, pria dengan tinggi 172 cm dengan ukuran kaki 43 masih bisa memainkan kaki dengan leluasa. Jadi nggak cepat pegal saat menempuh perjalanan jauh nih.

Dek Yamaha FreeGo

Dek Yamaha FreeGo

Desain stang yang digunakan juga tidak terlalu kaku. Yamaha memberikan stang yang berkesan lebar tetapi sebenarnya cukup kompak untuk diajak menekuk menyalip diantara mobil. Rasa aman tanpa menyenggol kendaraan lain menjadi feeling dari mengendarai FreeGo ini.

Soal bobot, sepeda motor ini punya bobot 100 kg. Menurut kami bobot ini tidak terlalu ringan dan juga tidak terlalu berat, cocok bagi Anda yang punya berat badan ideal. Untuk menggeser sepeda motor ini pada posisi diam juga tidak terasa terlalu berat dan ribet. Dengan harga tersebut dan fitur-fitur yang ditawarkan oleh Yamaha FreeGo, kira-kira gimana menurut kamu Carmudian?

Spesifikasi Lengkap Yamaha FreeGo

Mesin

Tipe Mesin Air Cooled 4-Stroke,SOHC
Susunan Silinder Single Cylinder
Diameter x Langkah 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi 9,5 : 1
Volume Silinder 125 cc
Daya Maksimum 7,0 kW / 8000 rpm
Torsi Maksimum 9,5 Nm/ 5500 rpm
Sistem Starter Electric & Kick Starter (Standart)
Sistem Pelumasan Wet Sump
Kapasitas Oli Mesin Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L
Sistem Bahan Bakar Fuel Injection
Tipe Kopling Single dry clutch
Tipe Transmisi Full Automatic

Dimensi

P x L x T 1905 x 690 x 1100 (mm)
Jarak Sumbu Roda 1275 mm
Tinggi Tempat Duduk 778 mm
Berat Isi 100 Kg
Kapasitas Tangki Bensin 4,2 L

Rangka

Tipe Rangka Underbone
Suspensi Depan Telescopic Fork
Suspensi Belakang Unit Swing
Ban Depan 100/90 – 12M/C 59J – Tubeless
Ban Belakang 110/90-12M/C 64L – Tubeless
Rem Depan Single Disc Brake
Rem Belakang Drum Brake

Kelistrikan

Sistem Pengapian TCI / Transistor
Battery YTZ7V
Tipe Busi CR6HSA

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts