Home » Mobil » Gagal Pakai Mitsubishi Xpander AP4, Rifat Sungkar Andalkan Lancer Evo di Reli Selandia Baru

Gagal Pakai Mitsubishi Xpander AP4, Rifat Sungkar Andalkan Lancer Evo di Reli Selandia Baru

Mitsubishi Xpander AP4
Mitsubishi Xpander AP4 dibangun dari basis Xpander GLS

Wellington – Pebalap reli asal Indonesia, Rifat Sungkar urung memakai Mitsubishi Xpander AP4 yang sedianya turun dalam ajang NZRC Goldrush Rally of Coromandel yang akan digelar di Moewai Park, Selandia Baru. Alhasil, pebalap andalan Mitsubishi Indonesia ini kembali mengandalkan Mitsubishi Lancer Evolution.

MPV terbaru keluaran PT Mitsubishi Motors Kramayudha Sales Indonesia ini harus melalui tahapan homologasi safety oleh badan Federasi Otomotif di Selandia Baru. Xpander AP4 hasil penelitian dan pengembangan Rifat Sungkar bersama Mitsubishi Indonesia menjadi MPV pertama di dunia yang terjun di ajang balap internasional.

Federasi otomotif Selandia Baru perlu melakukan homologasi terkait body shell dan roll cage. Proses pemeriksaan oleh federasi membutuhkan waktu lebih kurang enam pekan dari sekarang. Setelah itu, baru homologasi bisa dikeluarkan, sehingga makan waktu lebih lama.

Mitsubishi Xpander AP4
Rifat Sungkar inisiasi modifikasi Mitsubishi Xpander AP4. (Foto: Carmudi/Dimas)

“Masalah homologasi memakan waktu lebih lama. Ini bisa kami terima dengan besar hati karena faktor yang diperhatikan adalah safety. Hal tersebut selalu menjadi yang utama bagi saya,” ujar Rifat.

Penyelenggaraan NZRC Goldrush Rally of Coromandel tepat di Hari Ulang Tahun ke-74 Republik Indonesia. Rifat yang didampingi oleh navigator M. Redwan memiliki misi utama bisa mengibarkan merah putih di salah satu ajang reli paling besar.

Saya dengan Xpander Rally Team memiliki misi utama untuk membela Indonesia di ajang reli internasional. Kami tetap optimis dan berpikir bagaimana caranya agar kami tetap dapat berlaga. Ini demi bisa mengibarkan merah putih di salah satu ajang reli paling besar di Selandia baru,” kata Suami Sissy Priscillia itu.

Mitsubishi Xpander AP4 Terjun di Reli Lokal

Mitsubishi Xpander AP4
Eksterior Xpander AP4 masih diselimuti motif kamuflase. (Foto: Carmudi/Dimas)

Proses homologasi dari pihak federasi otomotif Selandia Baru yang cukup lama membuat Xpander AP4 belum tentu bisa berlaga di ajang reli negara tersebut. Selama proses homologasi, Xpander Rally Team terpaksa kembali menerjunkan Mitsubishi Lancer Evo yang pernah menjadi andalan Rifat Sungkar.

MPV andalan PT MMKSI ini baru bisa berlaga pada ajang reli domestik di Indonesia. Xpander Rally Team akan memakai Mitsubishi Xpander AP4 dalam Kejurnas Sprint Rally di beberapa kota yakni:

  • Kejurnas Sprint Rally Putaran 3 – 19 Oktober, Jambi
  • Kejurnas Sprint Rally Putaran 4 – 26 Oktober, Jambi
  • Kejurnas Rally Putaran 3 – 23 November, Medan
  • Kejurnas Rally Putaran 4 – 24 November, Medan
  • Kejurnas Sprint Rally Putaran 5 – 7 Desember, Nganjuk

Baca juga:

Pamerkan Line Up Terbaik, Mitsubishi Juga Kenalkan Mobil Reli Xpander

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Previous post
Penjualan Motor Honda Moncer di Jawa Barat, Bukan Karena ADV 150
Next post
Perkuat Karakter, Honda CB150R StreetFire Cuma Dapat Grafis Baru