Berita

Robot Pintar Hyundai Sapa Konsumen Indonesia, Kuat Gotong Tabung Elpiji 12 Kg

Jakarta – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memperkenalkan Spot, robot pintar berkaki empat kreasi Boston Dynamics ke hadapan konsumen Indonesia. Aksi robot pintar tersebut bisa disaksikan dalam gelaran Hyundai Exhibition di Mall Kelapa Gading 3, Jakarta selama 1—5 September 2021.

Dikutip dari keterangan resmi Hyundai, Jumat (3/9/2021), Spot juga direncanakan akan menjalani serangkaian penampilan di Hyundai City Store.

Robot Pintar Hyundai

(Foto: Hyundai)

Dijelaskan bahwa kehadiran Spot merupakan bagian dari transformasi strategis Hyundai Motor Group sebagai Smart Mobility Solution Provider dengan visi Progress for Humanity.

“Di mana saat ini Hyundai telah menjadi lifetime partner sehari-hari bagi banyak orang, tak lama lagi Spot juga akan menjadi asisten dan pendamping cerdas bagi banyak orang juga,” kata SungJong Ha, President Director of HMID.

Hyundai Motor Group sendiri dikabarkan telah mengakuisisi Boston Dynamics tahun ini. Hyundai melihat robotik menawarkan potensi besar untuk meningkatkan kualitas kehidupan di dunia kerja, di rumah, dan di mana pun.

Dengan posisi Boston Dynamics di bawah atap pabrikan Korea Selatan ini, Hyundai akan terus mengembangkan konsep mobilitasnya yang mencakup autonomous car, logistik, dan urban air mobility.

Bisa Menopang Beban Maksimum 13,6 Kg

Robot Pintar Hyundai Boston Dynamics

(Foto: Hyundai)

Spot sendiri merupakan robot berkaki empat pertama dari Boston Dynamics yang dikomersialisasikan. Keempat kakinya dapat bergerak dengan lincah dan mampu menghindari rintangan.

Dalam pergerakannya, kemampuan tersebut membuat Spot bisa melewati permukaan kasar dengan jauh lebih baik dibanding menggunakan roda.

Disebutkan juga keempat kaki Spot cukup kokoh untuk menopang beban dengan berat maksimum 13,6 kg. Itu artinya, secara logika robot ini mampu jika harus menggotong tabung gas 12 kg yang banyak digunakan di rumah-rumah.

Tapi sementara ini, pengunjung dapat melihat kecerdasan Spot seperti halnya menari atau berjalan mengitari area Hyundai Exhibition untuk menyambut para pengunjung.

“Saya mengajak semua pelanggan Hyundai dan penikmat otomotif untuk mengunjungi area pameran kami di Mall Kelapa Gading, dilanjutkan kehadiran di Hyundai City Store yang ada di berbagai lokasi di Jakarta untuk menyapa Spot,” ujar Ha.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts