Home » Berita » Royal Enfield Bikin Mesin Dua Silinder 650 cc Lebih Halus Tapi Garang

Royal Enfield Bikin Mesin Dua Silinder 650 cc Lebih Halus Tapi Garang

Penulis: Dony Lesmana

London – Royal Enfield, menampilkan mesin modern dua silinder pertamanya di Pusat Teknologi teranyarnya di Leicestershire, Inggris. Mesin berkapasitas 650cc dua silinder paralel berpendingin udara ini akan menjadi daya untuk generasi terbaru dari motor-motor Royal Enfield.

Gagasan ini untuk mengembangkan platform mesin global yang lebih modern. Mesin dirancang secara khusus agar dapat memberikan keseimbangan antara daya, torsi dan fungsi. Menawarkan torsi luas, sehingga motor menjadi mudah dikendarai tanpa harus sering melakukan perpindahan gigi.

Platform mesin berkapasitas 648cc dua silinder paralel 4 langkah (4 stroke), single overhead cam (SOHC), dan berpendingin udara ini dikembangkan tim Pusat Teknologi Royal Enfield di Inggris dan Chennai, India.

Mesin baru ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan daya maksimum sebesar 47bhp dan torsi hingga 52Nm. Hal ini akan membuat berkendara menjadi lebih halus dan bebas dalam berbagai kondisi di medan sesungguhnya.

Pipa kembar dan sirip pendingin pada mesin menghasilkan tampilan visual yang indah. Mesin sepeda motor ini mempertahankan rasio kompresi 9,5:1 di bawah tekanan dan sistem injeksi bahan bakar memastikan adanya daya yang mulus dan mudah diakses setiap saat.

Pengembangan Mesin Global

Fokus pengembangannya adalah pada torsi yang memadai, menyebar luas sepanjang rentang putaran sehingga pengendara dapat langsung menyesuaikan tanpa perlu melakukan pergeseran gigi yang berlebihan. Hasilnya, mesin terasa menyenangkan dan gesit.

Sejumlah elemen, mulai dari kedalaman mesin yang dilengkapi single-piece forged crankshaft (pertama untuk Royal Enfield) yang menjamin kekuatan dan kemampuan untuk menangani torsi ganda.

Crankshaft ini menggunakan firing order 270 derajat, yang memberi karakter tingkat tinggi pada pengiriman daya mesin. Selain itu, berkat penggunaan poros penyeimbang, tidak ada lagi getaran yang mengganggu.

Mesin ini mempertahankan mesin berpendingin udara legendaris dari Royal Enfield, yang memberi tampilan sederhana, lebih bersih, dan lebih elegan dengan komponen dan berat yang lebih sedikit.

Hal ini memastikan mesin tetap sederhana. Menggunakan aliran udara ambien yang dikombinasikan dengan oli mesin agar suhu mesin tetap terjaga optimal sehingga radiator, fan, selang, dan komponen lainnya tidak terlalu dimaksimalkan lagi. Hal ini membuat mesin tetap bersih, seperti pengalaman berkendara yang diberikannya.

Suara yang dihasilkan oleh mesin ini sama relevannya dengan individualitas mesin. Karakter ‘getaran’ khas dari Royal Enfield satu silinder sangat disukai oleh banyak penggemar. Sebisa mungkin dibuat agar mesin 650cc dua silinder ini dapat memberikan soundtrack yang sama menariknya.

Seluruh platform, termasuk mesin dan sasis telah mengalami pengujian yang ketat selama program pengembangan. Semua telah menjadi sasaran uji trek balap (proving grounds), jalanan umum dan bahkan di laboratorium.

Spesifikasi Mesin

 

Tipe

4 langkah, 270 derajat cranksingle overhead cam(SOHC), pendinginan udara & oli, 648cc parallel twin(dua silinder)
Daya maksimum47bhp @ 7100rpm
Torsi52Nm @ 4000rpm
Diameter x langkah78mm x 67.8mm
Rasio Kompresi9.5:1
  Transmisi6 percepatan
Sistem Bahan BakarInjeksi Bahan Bakar
IgnitionDigital spark ignition – TCI

 

Fasilitas R&D
Previous post
Punya Fasilitas R&D Terbaru di Inggris, Royal Enfield Siap Kuasai Pasar Motor 250-750cc Dunia
Toyota Agya
Next post
Mobil Bekas LCGC Merek Toyota Agya Masih Banyak Diburu