BeritaSepeda motor

Royal Enfield Himalayan Mendarat Lebih Dulu di Indonesia Sebelum ke Malaysia

royal enfield himalayan

Royal Enfield Himalayan (Foto: Paultan)

Jakarta – Pabrikan sepeda motor Inggris, Royal Enfield, resmi meluncurkan Himalayan secara global pada 2015. Setelah itu Royal Enfield Himalayan meluncur di beberapa negara termasuk ke wilayah Asia Tenggara seperti Malaysia dan Indonesia. Rencananya Royal Enfield Himalayan bakal lebih dulu meluncur di Indonesia, sebelum kemudian masuk Malaysia.

Di Indonesia, motor ini sudah lebih dulu diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016.

Saat itu tersiar kabar bahwa PT Distributor Motor Indonesia, selaku agen pemegang merek (APM) Royal Enfield di Tanah Air, akan membawa motor petualang itu tidak lama setelah diperkenalkan. Tapi berhubung ada beberapa tahapan proses yang harus dijalankan oleh perusahaan, maka peluncuran resminya sedikit terlambat.

Meski belum resmi meluncur, Royal Enfield Himalayan sudah bisa dipesan melalui dealer resmi yang ada di Jakarta. Rencananya peluncuran resmi akan dilakukan pada 19 April 2018, bersamaan dengan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018.

royal enfield himalayan

Mesin Royal Enfield Himalayan (Foto: Paultan)

“Ini merupakan tahun ketiga kami ikut IIMS. Model terbaru yang akan kami luncurkan adalah Himalayan di IIMS. Nanti ada juga demo ride dan spesial program untuk pembeli sepeda motor Royal Enfield di IIMS,” ungkap Managing Director Royal Enfield Indonesia, Ade Sulistioputra di Jakarta, baru-baru ini.

Sementara itu di Malaysia, motor juga sudah bisa dipesan, hanya saja yang membedakannya adalah waktu peluncuran. Seperti dilaporkan Paultan, distributor Royal Enfield di Malaysia memperkirakan Himalayan meluncur pada Mei 2018.

Perusahaan belum mengumumkan harga resmi dari Royal Enfield Himalayan. Tetapi banderolnya diperkirakan mulai dari 38 sampai 40 ribu ringgit Malaysia atau sekira Rp135 sampai Rp142 juta.

royal enfield himalayan

Instrumen Cluster Royal Enfield Himalayan (Foto: Paultan)

Spesifikasi Royal Enfield Himalayan

Semua produk Royal Enfield di produksi di India termasuk Royal Enfield Himalayan. Sepeda motor petualang ini didukung oleh mesin berkapasitas 411cc L410 overhead cam, air and oil-cooled engine.

Mesin diklaim mampu menyemburkan tenaga sekuat 24,5 hp pada 6.500 rpm dan torsi puncak 32 Nm pada 4.500 rpm. Semua tenaga disalurkan ke roda belakang melalui girboks bertransmisi lima percepatan dan chain final drive.

royal enfield himalayan

Knalpot Royal Enfield Himalayan (Foto: Paultan)

Sebagai sepeda motor petualang, Royal Enfield Himalayan hadir dengan desain yang berotot. Motor juga telah dilengkapi velg berukuran 21 inci di roda depan dan 17 inci di roda belakang.

Berat motor ini mencapai 183 kilogram. Demi meredam getaran selama dikendarai, Royal Enfield menyematkan suspensi depan dengan garpu berukuran 41 milimeter, sedangkan bagian belakang monoshock 180 mm.

Selain itu motor juga dilengkapi oleh perangkat pendukung berkendara seperti windscreen dan luggage mounts. Rangka motor terbuat dari material baja supaya mudah diperbaiki ketika berada jauh dari peradaban.

Fitur lainnya lampu depan halogen dan lampu belakang sudah LED, instrument cluster memadukan penggunaan jarum sebagai petunjuk dan LCD Monitor. (dna)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts