Home » Sample Blog » Saat Ini Penjualan Toyota Avanza Masih Aman

Saat Ini Penjualan Toyota Avanza Masih Aman

Jakarta – Persaingan mobil di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) semakin ketat di Tanah Air. Meski begitu dari segi penjualan belum ada yang bisa mengalahkan Toyota Avanza atau lebih dikenal dengan julukan raja LMPV.

Generasi pertama Toyota Avanza diperkenalkan pada 2003 sampai sekarang masih menjadi mobil keluarga dengan harga terjangkau pilihan masyarakat Indonesia. Suburnya pasar LMPV di Indonesia memacu pabrikan mobil lain ikut bermain di segmen yang sama. Walaupun sedikit terganggu oleh kehadiran model baru, namun Toyota Anvanza diklaim masih unggul.

“Tadinya Avanza bermain sendiri di segmen tersebut, tapi masuknya model baru di segmen yang sama kami sedikit terganggu. Tapi kami mencatat masih menjadi market share 30 persen, itu masih aman artinya masih menguasai pasar,” ujar Ardian Nur selaku Operation Manager Auto2000 area DKI Jakarta 2, belum lama ini di Serang, Banten.

Diterjang kompetitor tentunya Auto2000 sebagai dealer mobil Toyota terbesar di Indonesia tidak tinggal diam. Salah satu strategi yang dilakukan  yaitu menjalin komunikasi yang intens kepada konsumen Toyota terutama pemilik Avanza.

“Kami tetap berusaha mengejar, menguasai market di segmen itu, tapi intinya kami melakukan pembinaan kepada konsumen lama. Avanza lebih banyak di pakai perusahaan, tetap mereka lebih milih Avanza walaupun ada kompetitor,” terang Ardian.

Ardian mengaku untuk mempertahankan Toyota Avanza sebagai pemiminpin di segmen LMPV cukup sulit, apalagi kompetitor semakin banyak. Dirinya pun berharap Toyota Astra Motor (TAM) secepat mungkin mendatangkan versi penyegaran dari Avanza.

“Pastilah (kesulitan) tadinya kami dominan, tapi masuknya pemain baru pasti terganggu. Harapannya ada penyegaran,” tutur dia.

Toyota Avanza Bukan Lagi Tulang Punggung

Bila beberapa tahun terakhir Toyota Avanza masih menjadi andalan Auto2000 khususnya wilayah DKI Jakarta 2 (Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Tangerang, Serang, dan Pandeglang), namun kini sudah tidak lagi. Ardian menjelaskan bahwa semua produk yang dipasarkan merupakan tulang punggung penjualan Auto2000.

“Dengan model yang ada sekarang ini memang Avanza bukan jadi tulang punggung, sekarang itu semua produk kami seperti Toyota Innova bermain sendiri enggak ada lawan. Belum banyak lawan yang masuk walaupun ada yang masuk belum bisa bersaing dengan Innova. Jadi kami andalkan semua produk kami, Avanza, Innova, Rush, dan lainnya. Saat ini penjualan tertinggi di dealer Auto2000 area DKI Jakarta 2 masih dipegang oleh Avanza, diikuti Innova dan Rush,” ujarnya.

Tetap Bertahan dengan Penggerak Roda Belakang

Sempat beredar isu bahwa Toyota Avanza akan merubah sistem penggerak dari roda belakang pindah ke depan. Namun pada akhirnya Avanza tetap bertahan dengan penggerak roda belakang.

“Karena itu (sistem penggerak) perbedaan yang paling siginifikan yang terjadi sekarang. Ya yang ada di segmen tersebut (LMPV) orang membandingkan antara penggerak roda belakang dan depan. Kalau desain bisa saja itu malah paling gampang, cuma yang paling inti itu adalah powertrain,” ujar Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor, Fransiscus Soerjopranoto.

Toyota meyakini bahwa penggerak roda belakang justru lebih mumpuni untuk segmen LMPV ketika membawa beban berat. Meskipun begitu, demi memenuhi kebutuhan masyarakat di segmennya, PT TAM terus melakukan studi.(dol)

VW Safari
Previous post
Komunitas Ubud VW Tour Lahir Karena Ada Kesamaan
Next post
Disiksa 15 Ribu Km, Mobil Listrik Karya Mahasiswa Siap Berlaga di Rally Dakar