BeritaEventKomunitasProdukSepeda motorSumber informasi

10 dari 110 Komunitas Motor Tembus Final Safety Campaign Award 2017

Safety Campaign Award 2017

Indra Baruna (CEO Adira Insurance) bersama journalist bikers saat melakukan Sunmori, Minggu (29/10 (Istimewa)

Penulis : Zainal Abidin
Jakarta – Tak bisa dipungkiri, kecelakaan lalu lintas jadi sebuah momok menakutkan sekaligus masalah besar yang harus dihadapi bangsa ini.
Mengapa? Bila melihat data Korlantas Polri 2016 lalu, jumlah kecelakaan mencapai angka 106.106 dengan tingkat fatalitas angka kematian menyentuh angka 26.171 jiwa.
Yang paling bikin mengkhawatirkan karena korban mayoritas berada di usia produktif, yakni 15-29 tahun.
Catatan inilah yang menjadi latar belakang terselenggaranya ajang Safety Campaign Award (SCA) 2017.
Ajang ini merupakan apresiasi kepada bikers yang tergabung dalam komunitas atau klub motor yang aktif mengampanyekan keselamatan jalan atau road safety campaign.
Adalah Adira Insurance pemilik program SCA 2017 yang dalam beberapa tahun terakhir terus aktif menggelorakan kampanye I Wanna Get Home Safely!
Tujuan dari kampanye ini sangat jelas, untuk menurunkan angka fatalitas akibat kecelakaan lalu lintas di Indonesia.
“Kami harap lewat SCA, makin banyak orang, makin banyak bikers serta lapisan masyarakat lainnya, terus aktif mengampanyekan keselamatan di jalan dan mengajak orang lain untuk berperilaku aman dan selamat saat di jalan,” ujar Indra Baruna, Chief Executive Officer Adira Insurance di sela acara Sunmori bersama media, Minggu (29/10).

Kompetisi Kampanye Keselamatan Jalan

Safety Campaign Award 2017

Seluruh peserta Sunmori with Adira Insurance melakukan foto bersama (Carmudi Indonesia/Zie)

Safety Campaign Award 2017 merupakan kegiatan tahun ke-4. Dalam ajang ini, komunitas atau klub motor ditantang untuk melakukan kegiatan kampanye keselamatan di jalan yang unik namun tetap mengacu pada konsep road safety yang baik dan benar.
“Pelaksanaan SCA tahun ini ada beberapa pengembangan yang kami lakukan, diantaranya peningkatan kualitas dan kuantitas mentor serta pilihan tema kampanye yang tidak hanya terkait upaya preventifnya saja, tapi juga manajemen resiko dari kecelakaan itu sendiri,” tambah Indra.

Diikuti 110 Peserta Komunitas Motor

SCA 2017 berhasil menjaring 110 klub motor dari pendaftaran. Dan dari 110 peserta tersebut, 10 komunitas masuk jadi 10 finalis.
Saat ini SCA 2017 sudah masuk tahap implementasi dari rancangan proposal yang dipilih jadi finalis. Mereka mendapat pendampingan dari para mentor yang ahli di bidang road safety.
Di tahap akhir finalis akan mengikuti proses penjurian lewat presentasi hasil laporan kegiatan kampanye yang sudah mereka lakukan.
“Bobot penilaian akan lebih mengutamakan faktor dampak atau impact dari pelaksanaan kampanye, sehingga secara perlahan tapi pasti dapat mewujudkan zero accident di Indonesia,” pungkasnya.
Daftar 10 Finalis SCA 2017
  1. HSFCI Bekasi
  2. KOSTER
  3. NMax Rider Bekasi
  4. PRIDES
  5. SKILL’S
  6. SSFC Depok
  7. STIR
  8. TRIC
  9. VRCI Bekasi
  10. YMCI Tangerang

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts