Berita

Sandiaga Uno Berharap Seluruh Kendaraan di Bali Bertenaga Listrik

Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan harapannya semua tempat wisata menggunakan kendaraan bertenaga listrik.

Lewat kendaraan bertenaga listrik, Sandiaga Uno ingin mengemas pariwisata yang tidak hanya berkualitas, tapi juga berkelanjutan bagi lingkungan.

Kendaraan Bertenaga Listrik

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno berharap seluruh destinasi wisata prioritas pakai kendaraan bertenaga listrik (Foto: Dyandra)

“Seperti misalnya, saya sudah mendeklarasikan harapan saya pada 2030 semua kendaraan di Bali menggunakan kendaraan bertenaga listrik. Dan harapan saya destinasi wisata fokus kepada kendaraan ramah lingkungan yaitu electric vehicle. Bukan hanya mobil, tapi sepeda motor juga. Jadi ini yang akan menjadi tugas kita bersama,” ungkap Sandiaga Uno dalam acara talkshow with Kemenparekraf yang tayang di channel Youtube IIMS_ID, Minggu (18/4/2021).

Dalam mewujudkan harapan tersebut, lanjut Sandiaga, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) tidak akan bekerja sendiri. Dia menyebutkan pihaknya akan menjalin kerjasama dengan kementerian lain seperti Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Perindustrian.

“Kita punya satu tujuan seperti arahan yang diberikan Presiden Jokowi, bahwa kita harus menjadi leader race to electric car dan electric mobility, setidaknya 10 sampai 20 tahun ke depan. Jadi itu komitmen kita,” sambung mantan wakil gubernur Jakarta itu.

Keinginan supaya tempat wisata menggunakan kendaraan listrik sudah dimulai dari dirinya sendiri. Di mana setiap kunjungan kerja ke berbagai tempat wisata, Sandiaga lebih mengutamakan menggunakan kendaraan listrik.

Kendaraan Bertenaga Listrik

Menparekraf Sandiaga Uno datangi salah satu booth peserta pameran IIMS Hybrid 2021 (Foto: Dyandra)

“Saya kalau bertugas di Bali menggunakan kendaraan listrik. Waktu kemarin di Magelang juga menggunakan sepeda motor listrik. Di Mandalika kami juga bersama pak gubernur menggunakan sepeda motor brand lokal, NgebUTS,” terang dia.

Dirinya pun sudah meminta Toyota untuk menyiapkan kendaraan-kendaraan listrik dan tempat untuk stasiun pengisian daya baterai di lima destinasi wisata prioritas. Seperti, Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

IIMS Hybrid 2021 Merupakan Destinasi Pariwisata

Pelaksanaan IIMS Hybrid 2021 ini merupakan pameran offline skala terbesar pertama yang diadakan di tengah pandemi.

Menurut Sandiaga Uno, IIMS Hybrid 2021 merupakan langkah strategis meningkatkan pariwisata Indonesia dengan mengkolaborasikan dunia otomotif secara menyeluruh. Serta menjadi awal dimulainya era pariwisata baru di Indonesia.

Menparekraf Sandiaga Uno mengisi acara talkshow (Foto: Dyandra)

“IIMS Hybrid 2021 ini ialah salah satu bentuk destinasi pariwisata. Di mana dalam setiap penyelenggaraan event dimasa pandemi, penyelenggara harus terpacu untuk mensimulasikan protokol kesehatan,” jelas Menparekraf, Sandiaga Uno.

“Kami di Kemenparekraf melihat di masa pandemi, ekonomi kreatif lokal Indonesia dapat mengalami peningkatan. Salah satunya melalui touring untuk pengembangan wisata otomotif kedepannya,” sambung dia.

Selain mengisi acara talkshow, Sandiaga Uno ditemani Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Hendra Noor Saleh sempat mengelilingi area pameran dan berkunjung ke beberapa booth, salah satunya Toyota.

 

Baca Juga:

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *