Berita

Sebelum Ditutup, Ini Deretan Mobil yang Diproduksi Pabrik Suzuki Thailand

Pluakdaeng — Kabar cukup mengejutkan datang dari Suzuki yang bakal menutup pabrik di Thailand.

Hal tersebut diketahui dari keterangan resmi yang disiarkan merek ini melalui situs web resmi globalsuzuki.com seperti dilihat Carmudi, Senin (10/6/2024).

Dikatakan, pabrik Suzuki di Negeri Gajah Putih ini bakal ditutup mulai akhir 2025.

Baca juga:  Subaru dan Suzuki Kompak Tutup Pabrik Mobil di Thailand

Sebelum Ditutup, Ini Deretan Mobil yang Diproduksi Pabrik Suzuki Thailand

Dalam keterangan resminya, Suzuki menjelaskan pabrik ini menjadi “rumah” kelahiran bagi setidaknya tiga model kendaraan, yaitu Swift, Ciaz, dan Celerio. (Foto: Suzuki Thailand)

“Suzuki Motor Corporation telah memutuskan bakal menutup pabrik anak perusahaan otomotif di Thailand, Suzuki Motor (Thailand) Co., Ltd pada akhir 2025,” tulis pabrikan ini.

Suzuki mengaku bahwa keputusan ini diambil setelah melakukan peninjauan kembali terhadap struktur produksi globalnya.

Dijelaskan, pada awalnya Suzuki mendirikan pabrik ini untuk ikut serta dalam proyek “eco-car” yang diumumkan pemerintah Thailand pada 2007.

Pabrik itu sendiri baru berdiri pada 2011 kemudian memulai aktivitas produksinya pada 2012.

Pabrik yang berada di Pluakdaeng, Provinsi Rayong ini dibangun menggunakan sepenuhnya investasi dari Suzuki dan tercatat memiliki sekitar 800 pegawai.

Data terbaru menunjukkan pabrik Suzuki di Thailand bisa memproduksi hingga rata-rata 60.000 unit mobil setiap tahun termasuk untuk kebutuhan ekspor.

Suzuki Celerio

(Foto: Suzuki Thailand)

Namun, dalam rangka mengejar netralitas karbon dan elektrifikasi secara global, Suzuki mempertimbangkan untuk mengoptimalkan fasilitas produksi yang dimiliki perusahaan.

Hal ini yang pada akhirnya membuat Suzuki untuk menutup pabrik di Thailand.

Swift, Ciaz, Celerio

Dalam keterangan resminya, Suzuki menjelaskan pabrik ini menjadi “rumah” kelahiran bagi setidaknya tiga model kendaraan, yaitu Swift, Ciaz, dan Celerio.

Setelah penutupan pabrik ini nanti, Suzuki mengatakan tidak akan lepas tangan untuk hal-hal terkait aftersales bagi konsumen.

Baca juga: Penasaran, Yuk Intip Spesifikasi Suzuki Brezza CNG

Subaru dan Suzuki

Pabrik mobil Suzuki tutup (Foto: Suzuki)

Untuk itu, pabrikan ini bakal mengandalkan Completely Built Up (CBU) dari fasilitas-fasilitas produksi lainnya yang berada di Asia Tenggara, Jepang, dan India.

Di samping itu, Suzuki juga menyampaikan bakal menghadirkan model-model kendaraan elektrifikasi termasuk hybrid untuk mendukung langkah pemerintah Thailand menciptakan netralitas karbon.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Santo Sirait

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts