Home » Berita » Seberapa Penting Fitur Cruise Control pada Mobil di Indonesia?

Seberapa Penting Fitur Cruise Control pada Mobil di Indonesia?

Fitur Cruise Control
Tak semua orang mengerti fungsi cruise control, bahkan tak jarang fitur ini jarang di gunakan. Foto: Ilustrasi.

Penulis: Rizen Panji

Jakarta – Masyarakat Indonesia semakin lama semakin sadar akan teknologi. Tak jarang mereka yang membeli mobil baru saat ini semakin ‘melek’ akan fitur yang tertanam pada mobil yang hendak dibelinya. Salah satu fitur yang kerap diperbincangkan adalah fitur cruise control.

Apa itu fitur cruise control? Fitur ini  mampu mengatur kecepatan mesin agar mobil dapat berjalan di kecepatan konstan. Bahkan memungkinkan mobil berjalan di kecepatan yang diinginkan tanpa harus menginjak pedal gas. Fitur cruise control biasanya juga disebut sebagai speed control atau juga auto-cruise.

Fungsi Fitur Cruise Control

Lantas, mengapa fitur ini seakan menjadi teramat penting? Masalah berawal dari Mitsubishi Xpander yang menyematkan fitur ini pada varian tertingginya. Xpander tipe tertinggi, yakni Ultimate sudah dibekali dengan fitur cruise control ini. Toyota Avanza yang menjadi market leader belum memiliki fitur tersebut pada varian tertingginya.

Lalu, apakah ini menjadi masalah? Lebih baik dibahas secara langsung mengenai fitur ini ya. Cruise control jelas sangatlah berguna pada saat Anda sedang melakukan perjalanan jauh. Akan tetapi dengan catatan jalur yang Anda lalui benar-benar lengang atau kosong. Jika kondisi kendaraan cukup padat, sudah dipastikan fitur ini tidak terpakai.

Memang, fitur ini mampu membantu Anda guna relaksasi kaki sejenak dengan tidak menginjak pedal gas. Perlu diketahui ada batas kecepatan minimum yang harus dipatuhi dalam menyalakan cruise control ini.

Penggunaan Fitur Cruise Control

Fitur Cruise Control
Tombol cruise control yang harus di ketahui fungsi dan cara penggunaannya. Foto/Ilustrasi.

Biasanya, kecepatan minimum yang harus diraih untuk mengaktifkan cruise control adalah 60 km/jam. Kecepatan ini merupakan kecepatan minimum di jalan tol Indonesia. Pada saat Anda mencapai kecepatan minimum tersebut, Anda hanya perlu menekan tombol cruise control sembari menekan tombol ke arah bawah.

Jika sudah ditekan, cruise control akan langsung aktif dan mobil akan melaju otomatis. Hal inilah yang membuat fitur ini efektif digunakan di jalur bebas hambatan dan kondisi lengang. Biasanya mobil yang mempunyai fitur cruise control  dilengkapi dengan sensor rem yang mampu membuat mobil melakukan pengereman otomatis.

Pengereman otomatis ini berfungsi untuk menjaga jarak antara mobil Anda dengan mobil di depan. Tapi harus diingat, tidak semua mobil dilengkapi dengan rem otomatis ini. Maka dari itu, cruise control tidak dapat digunakan di jalan biasa karena berisiko menabrak kendaraan lain.

Seberapa Penting Fitur Cruise Control?

Jika memang demikian, mengapa banyak orang saat ini menilai fitur cruise control ini penting? Ada beberapa faktor yang kami lihat. Yang pertama adalah gengsi. Masyarakat Indonesia benar-benar memperhatikan gengsi pada saat membeli mobil. Selain harga mahal, kekayaan fitur pada mobil juga menjadi gengsi yang kerap ‘dibanggakan’ oleh sang pemilik.

Tetapi, di balik gengsi tersebut biasanya sang pemilik juga tidak pernah menggunakan fitur ini. Ada beberapa fitur yang kerap tidak terpakai oleh para pemilik mobil. Mulai dari idling engine, transmisi manumatic, paddle shift, CD player, AM radio, hingga roof rail.

Terkadang, masih banyak juga para pemilik yang belum benar-benar tahu akan fitur pada mobilnya sendiri. Hal ini dikarenakan banyak pembeli mobil terkena bujuk rayu dari sales mobil.

Si tenaga penjual ini kerap merayu atau bahkan membuat calon pembeli terkagum-kagum tanpa memberitahukan cara bagaimana menggunakan fitur tersebut. Terkadang, si tenaga penjual itu sendiri juga kurang paham mengenai pengoperasian fitur yang ada.

Fitur Cruise Control
Contoh fitur Cruise Control. Foto/Ilustrasi.

Hal inilah yang kami anggap menjadi masalah. Memang ada baiknya jika masyarakat Indonesia saat ini lebih mementingkan fitur. Tetapi, cara pengoperasian dan pengetahuan tentang fungsi dari fitur itu sendiri juga sangatlah penting.

Jangan sampai banyak orang bisa membeli mobil kaya akan fitur, tetapi mereka tidak bisa menggunakan fitur tersebut. Karena tidak mengetahui cara pengoperasian dan manfaatnya.

Membicarakan soal ini, ada sebuah kata yang terlontar dari jurnalis senior kepada saya. Ia berkata, “Sebenarnya orang Indonesia itu hanya butuh AC, radio, sama power window.” Sepintas saya berpikir dalam hati, “Iya juga ya.”

Sebelum membeli mobil yang kaya akan fitur, akan lebih baik lagi jika Anda sudah mengetahui cara penggunaan fitur tersebut.

Ingin fakta? Seberapa sering Anda menggunakan bluetooth pada head unit? Seberapa sering Anda menggunakan navigasi pada head unit? Seberapa sering Anda menggunakan pengait isofix? Atau seberapa sering Anda menggunakan sunroof? Pertanyaan ini akan kembali kepada Anda.

Jangan sampai Anda tidak pernah memakai atau bahkan tidak tahu jika fitur itu ada di mobil Anda. Jadi, pentingkah fitur cruise control pada mobil di Indonesia? Semua kembali kepada Anda calon pembeli mobil.(dol)

 

Previous post
Siap Dirilis, Jadwal Peluncuran Pesaing Toyota Rush dari DFSK Terkuak
Mobil Favorit GIIAS 2018
Next post
Varian Baru DFSK Glory 580, Pengemudi Bisa Bicara dengan Mobil